10 Shortlink Terbaik dan Mudah Digunakan

Ketika ingin membagikan link di sosial media ataupun aplikasi pertukaran pesan, Anda pasti tidak ingin melihat  URL  yang begitu panjang. Selain menghabiskan tempat, URL seperti ini juga terkadang sedikit mencurigakan. Oleh karena itu ada yang namanya shortlink. Menyederhanakan link yang tadinya terlihat panjang dan ribet, menjadi link yang hemat tempat dan enak dilihat. Ada beberapa situs shortlink terbaik dan mudah digunakan. Berikut ini adalah pilihan yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Apa Manfaat Menggunakan Shortlink?

Anda mungkin berpikir bahwa memperpendek URL akan menyita waktu, tetapi hal ini penting. Shortlink memiliki banyak manfaat karena dapat membuat tautan lebih menarik secara visual. Ini juga memungkinkan Anda untuk memamerkan brand melalui link pendek yang bisa di custom. Link yang dipersingkat akan cocok di tempat-tempat di mana Anda memiliki jumlah karakter yang terbatas untuk digunakan. Seperti Twitter, misalnya. Dengan jumlah karakter yang terbatas, tentu akan sangat sulit untuk membagikan sesuatu dengan follower Anda.

Hal lain yang ditawarkan oleh penyingkat URL adalah semacam analitik dan pelacakan klik. Jika Anda membagikan alamat website orang lain dengan audiens, Anda tidak akan tahu siapa yang mengklik link tersebut. Namun, jika menggunakan penyingkat URL, Anda akan dapat mengumpulkan data seperti jumlah klik, dari mana asalnya, dan perangkat apa yang digunakan. Semakin detail data dari analitik ini, semakin tinggi biaya layanannya. Untuk layanan gratis cenderung memiliki pelacakan klik yang sifatnya standar. Sementara layanan yang premium akan mengumpulkan data sebanyak mungkin. Memungkinkan Anda untuk menyajikan URL yang berbeda kepada orang-orang di tempat yang berbeda atau menggunakan perangkat yang berbeda.

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Traffic Website Berikut Ini

10 Pilihan Shortlink Terbaik Untuk Anda

Pada dasarnya, Shortlink atau URL shortening akan merubah tautan yang panjang dan berat menjadi tautan yang lebih pendek dan mudah untuk dibagikan. Misalnya, kita ambil contoh http://www.example.com/my-blog/2021/pilhan-website-pencari-gambar-banner-blog-terbaik-khusus-untuk-Anda menjadi link yang diperpendek kedalam bentuk https://tinyurl.com/website-gambar-banner. Ini memungkinkan Anda untuk memberikan tautan yang mudah diingat. Bahkan ini bisa diterapkan untuk situs Anda, sehingga URL tidak akan terlihat aneh jika disematkan dalam bio sosial media atau kartu nama. 

Berikut ini adalah berbagai pilihan penyedia layanan shortlink yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

1. Bitly

Bitly adalah penyedia layanan shortlink kelas bisnis dengan layanan lengkap. Jika Anda hanya perlu mempersingkat tautan sesekali, Bitly dapat digunakan tanpa perlu membuat akun. Cukup masukan URL panjang Anda ke dalam kotak di beranda, klik “shorten”, dan lanjutkan dapatkan short link yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Bitly benar-benar menonjol karena penawaran bisnisnya. Bagian dari daya tariknya adalah Bitly sangat sederhana dan mudah digunakan. Memiliki dasbor komprehensif dan memiliki fitur melacak lebih dari 20 titik data real time. Termasuk lokasi pengunjung Anda, organic sharing, dan banyak lagi. 

2. Rebrandly

Rebrandly adalah penyingkat URL yang hebat seperti semua aplikasi lain. Namun, aplikasi yang satu ini memiliki daya tarik yang unik. Paket gratis dari Rebrandly menawarkan lima domain khusus. Sehingga Anda dapat menyesuaikan seluruh URL pendek, dan bukan hanya setengahnya saja. Rebrandly juga melengkapi pelayanannya dengan menyertakan alat untuk melacak popularitas setiap tautan, data tentang siapa yang mengkliknya, dan pembuatan kode QR otomatis juga. Pada paket gratis, Anda dibatasi hingga total 500 tautan bermerek dan 5.000 klik yang dilacak per bulan. Ini sudah cukup banyak jika Anda baru memulai.

Baca Juga: 10 Taktik Memboosting Ranking Website Anda di Google

3. TinyURL

Website penyingkat URL gratis yang satu ini sudah ada sejak tahun 2002. Ini adalah alat yang berguna ketika Anda sedang terburu-buru dan perlu membuat shortlink yang tidak akan pernah kadaluarsa. Cukup tempel link Anda yang panjang ke dalam kotak, sesuaikan bagian ujung URL. Anda kemudian dapat menggunakan tautan itu tanpa batas waktu. Sehingga tidak perlu takut link itu akan berhenti berfungsi. Meskipun tidak perlu akun untuk menggunakan TinyURL, jika Anda mendaftar, maka akan terlihat  riwayat semua tautan singkat yang sudah pernah dibuat. Anda juga dapat berlangganan paket berbayar jika menginginkan fitur seperti pelacakan dan analitik, domain bermerek, dan kemampuan untuk mengedit kemana setiap TinyURL pergi.Jasa SEO

4. BL.INK

BL.INK adalah layanan dengan fitur lengkap. Dapat digunakan untuk mengubah URL panjang menjadi pendek, serta melacak traffic yang berasal dari link Anda. Dasbornya akan menampilkan link yang sedang tren dan berbagai statistik umum. Halaman analitik memungkinkan Anda mempelajari traffic berdasarkan perangkat, lokasi, dan perujuk. Anda juga dapat menelusuri klik berdasarkan waktu.  BL.INK menawarkan empat tingkat paket berbayar untuk bisnis kecil, tim, dan perusahaan. Opsi berdasarkan jumlah link yang diperlukan. 

Baca Juga: 5 Cara untuk Secara Konsisten Menghasilkan Konten Berkualitas Tinggi

5. OW.LY

Ow.ly adalah tool pembuat shortlink terkenal karena koneksinya ke Hootsuite. Ini dapat digunakan tepat di dalam Dasbor HootSuite sehingga semua informasi akan ada di satu tempat. Ini juga merupakan alat yang dapat membantu dalam mengukur data mengenai bagaimana kinerja link Anda. Manfaatkan informasi ini untuk keuntungan Anda. Hanya dengan menggunakan HootSuite versi gratis, Anda juga bisa mendapatkan Ow.ly secara gratis. Meskipun ada akun gratis, Anda juga dapat meningkatkannya menjadi versi berbayar untuk mendapatkan lebih banyak fitur.

6. BUFF.LY

Buff.ly adalah produk dari Buffer, tool manajemen media sosial yang populer. Setelah mendapatkan shortlink Anda, link tersebut dapat dijadwalkan untuk diposting di lain waktu. Sangat bermanfaat jika Anda memiliki waktu tertentu untuk memposting di akun media sosial. Ini adalah alat yang sempurna untuk seseorang atau bisnis yang ingin mempersingkat tautan media sosial mereka. Akun gratis akan memungkinkan Anda untuk merencanakan dan memposting short link di akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn.

7. BIT.DO

Alat penyingkat URL online Bit.do sangat mudah digunakan. Cukup dengan mendaftar atau hanya dengan membuka berandanya, lalu menyalin dan menempelkan link panjang yang ingin di diperpendek. Jika Anda mendaftar untuk sebuah akun, Anda juga dapat memiliki akses ke data tentang bagaimana kinerja link Anda dan dari mana link tersebut diakses.

8. MCAF.EE

Anda mungkin mengenal nama McAfee sebagai perusahaan keamanan komputer. Namun mereka juga menawarkan alat penyingkat URL yang dapat Anda gunakan untuk membuat tautan menjadi lebih pendek.

9. IS.GD

Ini adalah salah satu tool tercepat jika yang Anda cari hanyalah tautan yang lebih pendek. Website ini juga memiliki menyediakan fitur menarik untuk membuat QR code yang dapat ditambahkan ke kartu nama atau iklan Anda.

10. ADF.LY

AdF.ly adalah layanan yang unik. Tidak hanya sekedar membantu mempersingkat link, tetapi juga memungkinkan penggunanya menghasilkan uang hanya dengan menggunakannya. Anda bisa mendapatkan uang ketika pengunjung unik mengklik shortlink di blog atau situs media sosial Anda.Shortlink menjadi sesuatu yang akan sangat membantu Anda. Menciptakan link yang lebih singkat, menarik secara visual, mudah untuk diketik, dan gampang dibagikan di media sosial. Setiap website dan tools di atas akan bisa membantu Anda. Kombinasikan shortlink pada proses optimasi SEO Anda. Memudahkan pengunjung website untuk mengakses berbagai link. Konsultasikan bersama Jasa SEO dari Digital Marketing Agency ToffeeDev. Kami siap membantu bisnis Anda untuk naik ke level selanjutnya.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat