Cara Menyusun Strategi Pemasaran E-commerce yang Tepat

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Penjualan melalui e-commerce sudah muncul dari sejak dua dekade yang lalu. Selama itu juga, pengguna internet mulai belajar untuk lebih akrab dengan sistem penjualan ini. Kenyataannya, masyarakat Indonesia semakin sadar mengenai kemudahan belanja online. Tentunya ada pengaruh positif dari strategi pemasaran e-commerce yang telah dilakukan.

Ini diperkuat dengan fakta bahwa e-commerce di Indonesia mampu bersaing di mana pun. Bahkan, dua startup e-commerce Indonesia masuk ke dalam kategori unicorn. Penggolongan unicorn dilakukan apabila sebuah startup sudah berkembang dan memiliki nilai kapital di atas USD 1 miliar. 

Hal tersebut menguatkan lagi kenapa saat ini bisnis perlu merambah ke penjualan online dan memanfaatkan strategi pemasaran e-commerce. Sebab, jangkauan pasar bisa lebih luas dan mendatangkan keuntungan yang lebih besar nantinya. 

Menyusun Strategi Pemasaran E-commerce

Pasti Anda pernah juga menggunakan salah satu e-commerce besar di Indonesia untuk berbelanja. Dari sana, Anda bisa membayangkan apa yang Anda butuhkan sebagai konsumen. Maka dari itu, menyusun strategi pemasaran e-commerce perlu dilakukan dengan menyesuaikan permintaan pasar. 

Baca Juga : Mencari Tahu Sistem Kerja e-Commerce

Dari mana harus memulai? Coba lihat beberapa hal di bawah ini. 

Target Pasar dan Iklan 

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan target pasar dan iklan. Ini akan membuat konsumen potensial Anda lebih terfokus. Sesuai dengan produk yang Anda tawarkan, target pasar ditentukan sesuai dengan gender, usia, status, dan lokasi. 

Deskripsi dan Foto Produk

Karena semua transaksi dilakukan secara online, deskripsi produk menjadi salah satu elemen penting dalam strategi pemasaran e-commerce. Anda perlu dengan teliti mengunggah setiap produk lengkap dengan ukuran, dimensi, warna, fungsi, hingga ketentuan pengiriman. Foto yang menarik juga menjadi faktor penting dalam menarik perhatian pembeli. 

Pelayanan yang Baik

Tidak jarang, calon pembeli akan bertanya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Walaupun pertanyaannya sederhana, sebaiknya Anda menerapkan good customer service atau layanan pelanggan yang baik. Jawablah dengan informatif dan ramah agar calon pembeli tidak kecewa dengan jawaban Anda. 

Mengelola Media Sosial dengan Matang

Selain mengunggah produk di e-commerce, Anda juga perlu memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. Bukan sekadar mengunggah konten, Anda perlu merencanakan langkah promosi yang matang. 

Baca Juga : Strategi Promosi Melalui Sosial Media untuk Meningkatkan Penjualan

Foto dan konten yang menarik, interaksi dengan pengguna media sosial, memberikan edukasi dan informasi, dan kolaborasi dengan influencer adalah beberapa dari praktik pemasaran yang sering dilakukan di media sosial. Lakukan semua dengan penuh perhitungan dan terencana. 

Menerapkan SEO

SEO atau Search Engine Optimization memanfaatkan adanya keyword yang berkaitan dengan produk yang Anda tawarkan. Jadi, ketika nanti ada seseorang yang mencari produk dengan keyword tersebut, produk Andalah yang akan muncul pertama kali sebagai rekomendasi. 

Praktik SEO bisa diterapkan di website, media sosial, serta situs e-commerce yang Anda gunakan. Jika dilakukan dengan benar, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung potensial melalui cara ini. 

Untuk melakukan itu semua, memang diperlukan perencanaan yang strategis. Strategi pemasaran e-commerce perlu direncanakan, dieksekusi, dan dievaluasi. Hasil evaluasi nantinya bisa digunakan untuk menarget ulang pasar dan melakukan promosi yang dirasa perlu. 

Baca Juga : Mengapa Evaluasi Itu Penting Dalam Bisnis?

Kalau Anda melakukan semua praktik di atas dan belum membuahkan hasil, mungkin ada baiknya Anda bekerja sama dengan jasa SEO ecommerce. Jasa SEO e-commerce akan membantu Anda untuk menemukan keyword yang cocok untuk produk Anda dan sering dicari oleh pengguna internet. Dengan begitu, kesempatan Anda untuk tampil dan dilihat oleh calon pembeli akan semakin besar. Jangan khawatir, dengan praktik yang tepat dan konsisten, strategi pemasaran e-commerce Anda akan lebih membuahkan hasil nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post