Pelajari Strategi Pemasaran Produk Online Berikut Ini

Apakah saat ini Anda sedang menjual produk online? Mengingat banyaknya jenis dan jumlah produk yang dijual online, dibutuhkan strategi pemasaran khusus agar produk yang Anda jual bisa stand out dan menarik perhatian calon pelanggan. Namun, strategi pemasaran produk online seperti apa yang harus Anda terapkan? Untuk membantu Anda menentukan, berikut penjelasan tentang berbagai strategi yang bisa Anda terapkan.

Pilihan Strategi Pemasaran Produk Online

Ada beberapa strategi pemasaran untuk produk online. Penasaran apa saja? Mari pahami setiap strategi pemasaran di bawah ini.

Personalized marketing

Strategi pemasaran produk online yang pertama adalah personalized marketing. Apa itu personalized marketing? Sama seperti namanya, personalized marketing adalah strategi pemasaran dengan pendekatan personal.

Dengan bantuan teknologi seperti website cookies, Anda bisa mengumpulkan data mengenai calon konsumen. Hasilnya, Anda dapat menawarkan produk dengan cara-cara yang sesuai dengan kondisi calon konsumen. Potensi terjadinya transaksi pun semakin besar. 

Content marketing

Berikutnya ada content marketing. Dalam strategi content marketing, Anda menarik perhatian calon konsumen dengan memberikan informasi. Informasi yang diberikan tentunya masih berhubungan dengan produk atau bisnis Anda. Misalnya seperti informasi mengenai cara pembuatan produk, sejarah penemuan produk, hingga inovasi produk.

Terkadang, content marketing juga berisi tips yang berhubungan dengan produk, seperti tips merawat produk atau tips menggunakan produk agar kinerjanya optimal. Sampaikan informasi tersebut dalam format yang variatif, mulai dari artikel narasi, grafik, infografis, bahkan video tutorial.

Baca Juga : Apa Itu Content Marketing dan Tipe Konten

Search engine optimization

Mengapa hal ini penting? Jika website bisnis Anda muncul dalam urutan teratas hasil pencarian, maka potensi calon pembeli untuk mengunjungi website dan melakukan transaksi pembelian pun semakin besar. Biasanya, SEO dilakukan dengan membuat artikel yang mencantumkan keyword (kata kunci) tertentu. Selain itu, artikel SEO juga umumnya memiliki jumlah kata yang sudah ditentukan.

Baca Juga : 5 Peran SEO Dalam Pemasaran Online

Mobile marketing

Search engine optimization (SEO) adalah strategi pemasaran produk online berupa optimasi website bisnis melalui mesin pencari. Dengan menggunakan strategi SEO ini, website bisnis Anda bisa muncul dalam urutan teratas hasil pencarian.

Selanjutnya ada mobile marketing. Sama seperti namanya, strategi satu ini diterapkan pada perangkat mobile. Saat ini, strategi mobile marketing sangat penting. Sebab, jumlah pengguna perangkat mobile sangat tinggi. 

Contoh mobile marketing paling sederhana adalah mengubah tampilan website menjadi mobile friendly. Dengan tampilan yang mobile friendly, calon pengguna yang menggunakan perangkat mobile pun tidak akan kesulitan mengakses website Anda.

Social media marketing

Terakhir ada social media marketing. Serupa dengan mobile marketing, strategi pemasaran social media marketing pun muncul karena pengguna media sosial terus naik dari hari ke hari. Lalu, seperti apa bentuk social media marketing ini? Bentuk paling sederhananya adalah pemasangan iklan di platform media sosial seperti Instagram atau Facebook. Bisa juga melalui jasa influencer yang menerima endorsement

Strategi pemasaran produk online satu ini dianggap paling efisien pada masa sekarang. Selain karena jumlah pengguna media sosial yang membludak, biaya pemasangan iklan di media sosial pun relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan iklan konvensional seperti di televisi atau koran.

Baca juga: Social Media Marketing Adalah Strategi Penting Dalam Bisnis

Dari lima strategi yang sudah dibahas di atas, mana yang paling menarik bagi bisnis Anda? Tertarik untuk segera menerapkan strategi pemasaran online namun masih bingung harus mulai dari mana? Tenang, Anda bisa menggunakan layanan digital marketing agency seperti ToffeeDev. Ada beragam layanan yang dapat Anda pilih untuk mengoptimalkan penjualan produk online, mulai dari jasa pembuatan website hingga SEO. Segera mulai langkah digital Anda bersama ToffeeDev sekarang juga!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat