Supplier Adalah : Pengertian, Jenis, dan Tugasnya

Bisnis membutuhkan banyak aspek untuk berjalan lancar, salah satunya adalah pasokan bahan baku atau barang yang akan dijual. Dalam hal ini, peran supplier sangatlah penting karena mereka adalah pihak yang menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Jadi, dapat dikatakan bahwa supplier adalah komponen penting pada berjalannya sebuah usaha.

Itu sebabnya, untuk menjaga kelangsungan bisnis, penting bagi Anda untuk memilih supplier yang andal dan berkualitas. Dalam artikel ini, ToffeeDev akan membahas lebih lanjut tentang supplier, jenis dan serta tugas utamanya. Jika Anda ingin mengenal bagaimana cara kerja supplier lebih lanjut, simak ulasan berikut ini hingga akhir.

Apa itu Supplier?

Supplier adalah pihak yang menyediakan barang atau jasa kepada perusahaan atau individu. Dalam hal ini, supplier berperan sebagai pemasok yang menjual barang atau jasa kepada konsumen akhir. 

Biasanya, perusahaan memilih supplier yang memiliki harga yang lebih murah dan kualitas barang atau jasa yang baik. Selain itu, supplier juga dapat memenuhi kebutuhan perusahaan akan barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi oleh perusahaan itu sendiri.

Seorang supplier dapat beroperasi secara independen atau menjadi bagian dari rantai pasokan yang lebih besar. Rantai pasokan atau supply chain adalah jaringan yang terdiri dari beberapa perusahaan yang bekerja sama untuk memproduksi dan menyediakan produk dan jasa untuk konsumen akhir.

Dalam supply chain, supplier bertanggung jawab untuk menyediakan bahan baku atau barang jadi kepada perusahaan lain yang menjadi bagian dari rantai pasokan tersebut. Oleh karena itu, supplier harus selalu bekerja sama dengan perusahaan lain untuk memastikan bahwa pasokan barang atau jasa selalu tersedia. Jadi, baik supplier maupun perusahaan, keduanya saling diuntungkan.

Baca Juga: Procurement: Definisi, Komponen, Proses, dan Jenisnya

Jenis-Jenis Supplier

Terdapat dua jenis supplier utama yaitu supplier barang dan supplier jasa. Kedua jenis supplier ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan, baik dalam aspek bisnisnya maupun dalam tugas-tugas yang harus dijalankannya. Berikut adalah penjelasan lebih detail tentang masing-masing jenis supplier:

1. Supplier Barang

Supplier barang merupakan pihak yang menyediakan berbagai macam barang yang dibutuhkan oleh perusahaan pelanggannya. Barang tersebut dapat berupa bahan baku yang akan digunakan untuk memproduksi barang jadi atau barang yang sudah jadi kemudian siap dijual ke konsumen akhir.

Seorang supplier barang memiliki tugas utama untuk memastikan ketersediaan bahan baku atau barang jadi yang dibutuhkan oleh perusahaan pelanggannya. Selain itu, supplier barang juga harus memastikan kualitas barang yang dihasilkan sesuai dengan standar yang diinginkan oleh pelanggan. 

Hal ini meliputi melakukan uji kualitas terhadap produk yang dihasilkan, memberikan garansi, dan melakukan perbaikan jika ada cacat atau kerusakan pada produk yang dihasilkan. Contoh supplier barang antara lain adalah pabrik penghasil bahan baku atau distributor yang menyediakan berbagai macam produk siap jual seperti alat kesehatan, kendaraan bermotor, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya.

Baca Juga: General Affair: Pengertian, Fungsi, Tugas, dan Jenjang Kariernya

2. Supplier Jasa

Supplier jasa, seperti namanya, merupakan pihak yang menyediakan jasa kepada perusahaan yang membutuhkan layanan yang disediakan supplier. Jasa ini bisa berupa jasa produksi,, perbaikan, atau lainnya yang umumnya dibutuhkan oleh perusahaan.

Tugas utama seorang supplier jasa adalah memastikan bahwa jasa yang disediakannya berkualitas dan sesuai dengan standar yang diinginkan oleh pelanggan. Selain itu, supplier jasa juga harus memastikan bahwa jasa yang diberikannya tepat waktu dan efisien dalam penggunaan sumber daya yang dimilikinya.

Contoh supplier jasa yang mungkin kerap Anda temukan di sekitar antara lain perusahaan yang menyediakan jasa pengiriman barang, perusahaan yang menyediakan jasa perbaikan mesin atau peralatan, dan lain-lain.

banner

Tugas Seorang Supplier

Pada dasarnya, supplier memiliki tugas penting dalam mematikan ketersediaan produk di pasar. Pasalnya, para supplier bekerja untuk memastikan bahwa siklus produk dapat berjalan sesuai dengan rencana produksi baik dalam skala kecil maupun besar. Adapun tugas seorang supplier yang perlu Anda ketahui adalah: 

1. Memastikan Ketersediaan Bahan Baku

Tugas pertama seorang supplier adalah memastikan ketersediaan bahan baku yang dibutuhkan oleh perusahaan pelanggannya. Jika bahan baku tidak tersedia, maka produksi barang atau jasa menjadi terhambat. Oleh karena itu, supplier harus memiliki stok yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggannya.

2. Memastikan Kondisi Bahan Baku

Supplier harus memastikan bahwa bahan baku yang dijual dalam kondisi yang baik. Hal ini penting karena bahan baku yang rusak atau cacat dapat berdampak buruk pada produksi barang atau jasa. Oleh karena itu, supplier harus melakukan pengujian dan pemeriksaan kualitas pada bahan baku sebelum menjualnya kepada pelanggan.

3. Mengatur Penyimpanan

Tugas ketiga seorang supplier adalah mengatur penyimpanan bahan baku atau barang jadi yang dimilikinya. Hal ini meliputi memastikan keamanan, kerapian, dan kelengkapan dalam penyimpanan. Selain itu, supplier juga harus memastikan bahan baku atau barang jadi yang tersimpan tidak rusak atau rusak akibat faktor lingkungan seperti kelembaban atau suhu.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Supplier Skincare yang Tepat

4. Memastikan Pengiriman Tepat Waktu

Memastikan pengiriman barang atau jasa tepat waktu sangat penting karena dapat memengaruhi produksi perusahaan pelanggannya. Oleh karena itu, supplier harus mengetahui jadwal produksi dan pengiriman yang diinginkan oleh pelanggan serta melakukan pengaturan logistik yang baik agar barang dapat sampai tepat waktu.

5. Memastikan Kualitas Produk yang Dihasilkan

Dalam memberikan pasokan bahan baku atau barang jadi pada perusahaan, seorang supplier perlu melakukan quality control terlebih dahulu untuk memastikan kualitas produk yang dihasilkan sesuai dengan standar yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan. 

Kegiatan quality control yang dilakukan umumnya melakukan uji kualitas terhadap produk yang dihasilkan, memberikan garansi, dan melakukan perbaikan jika ada cacat atau kerusakan pada produk yang dihasilkan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa supplier menjadi salah satu pihak yang sangat penting dalam dunia bisnis. Memilih supplier yang tepat adalah sebuah tantangan, terutama dalam memastikan kualitas dan keandalan barang atau jasa yang diberikan. 

Pasalnya, sebagai pelaku bisnis, pemilihan supplier yang tepat dapat mempengaruhi keberhasilan sebuah bisnis. Oleh karena itu, perusahaan harus mempertimbangkan berbagai faktor seperti kualitas, harga, dan ketersediaan pasokan sebelum memilih supplier

Di sisi lain, dalam mengelola perusahaan, penting untuk membangun hubungan yang baik dengan supplier Anda agar Anda dapat memperoleh manfaat jangka panjang, termasuk ketersediaan pasokan yang stabil dan harga yang kompetitif. 

Jangan lupa, Anda juga perlu memantau dan mengevaluasi kinerja supplier secara teratur untuk memastikan bahwa mereka memenuhi standar kualitas dan keandalan yang diharapkan terutama saat proses memasok barang yang dibutuhkan perusahaan.

Terakhir, semakin baik hubungan Anda dengan supplier, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk berkomunikasi dan memastikan ketersediaan pasokan yang stabil. Penting untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan dan transparan dengan supplier, sehingga keduanya dapat bekerja sama dalam memastikan kesuksesan bisnis Anda.

Selain pentingnya pemilihan supplier, teknik pemasaran yang tepat juga sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah bisnis. Dalam era digital seperti saat ini, layanan digital marketing telah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan untuk dapat memasarkan produk atau jasa mereka secara efektif dan efisien. 

Oleh karena itu, jika Anda ingin meningkatkan kinerja bisnis Anda, gunakan jasa layanan digital marketing dari ToffeeDev.

ToffeeDev adalah digital marketing agency yang menawarkan layanan digital marketing terbaik untuk membantu bisnis Anda mencapai kesuksesan yang lebih besar. Tim ahli kami dapat membantu merancang dan mengimplementasikan strategi digital marketing yang tepat sasaran mulai dari SEO hingga web development

Jangan ragu untuk menggunakan layanan ToffeeDev jika ingin meningkatkan kinerja bisnis dalam memasarkan produk atau jasa Anda secara efektif. Hubungi ToffeeDev sekarang dan konsultasikan kebutuhan pemasaran Anda gratis segera!

Share this post :

Toffeedev’s Pick