3 Syarat Monetisasi Blog untuk AdSense

syarat monetisasi blog

Google Adsense adalah opsi monetisasi paling populer yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan uang dari internet. Dengan menggunakan Google Adsense, Anda bisa mengubah setiap kunjungan website menjadi penghasilan yang cukup menggiurkan. Syarat monetisasi blog dengan Adsense juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengatur blog agar sesuai dengan ketentuan yang Adsense berikan.

Sebelum Anda mendaftarkan blog ke Google Adsense, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi dan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan. Untuk lebih detailnya, silakan simak penjelasan lengkap berikut ini.

Syarat Monetisasi Blog

Syarat monetisasi blog dengan program AdSense memiliki sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi, meliputi isi konten, usia, dan kualitas website. Semua persyaratan tersebut akan di bahas satu per satu di bawah ini:

1. Isi Konten

Salah satu persyaratan Google Adsense yang harus Anda penuhi adalah isi konten. Google selaku pemilik Adsense cukup ketat dalam memilih blog untuk dimonetisasi, terutama soal isi konten yang ada di dalamnya. Mereka mengharuskan Anda untuk menyajikan konten yang bermanfaat dan original.

Kalau pengunjung web menikmati konten milik Anda, yang ditandai dengan kunjungan halaman yang tinggi, maka Google bisa menilai bahwa blog Anda memang memiliki kualitas dan layak untuk bergabung dengan program Adsense mereka. Jangan pernah berpikir untuk membodohi Google dengan sengaja membuat konten spam, plagiat, atau berisi informasi menyesatkan ketika Anda ingin mendaftar Adsense.

Anda juga harus berhati-hati ketika memberikan referensi ke situs website lain. Pastikan kalau situs yang Anda rujuk juga taat dengan kebijakan Google, tidak memuat konten ilegal, melanggar hukum, dan mengandung unsur kekerasan.

Perlu diketahui bahwa iklan Google tidak boleh ditempatkan pada situs yang berisi konten hasil scraping atau konten yang dilindungi hak cipta, sehingga jika kualitas konten Anda buruk, maka Google Adsense tidak akan mau untuk menerimanya.

Baca juga: Mengetahui Cara Kerja Google AdSense

2. Usia

Ketika mendaftarkan diri ke Google Adsense, pastikan Anda sudah berusia di atas 18 tahun karena nantinya Anda akan diwajibkan untuk memverifikasi identitas. Jika ternyata Anda belum berusia 18 tahun, Anda sebetulnya masih bisa mendaftar Adsense. Namun, Anda harus menggunakan identitas milik orang lain seperti orang tua atau kerabat ketika mendaftar.

Untuk usia blognya sendiri, tidak ada peraturan baku dari Adsense. Selama blog Anda sudah siap dan memenuhi semua ketentuan yang ada, maka Anda sudah bisa mendaftarkannya.

3. Kualitas Blog

Syarat nomor tiga ini mungkin terdengar sederhana, tetapi sebenarnya Google cukup rewel dalam menilai kualitas sebuah blog. Bukan hanya isi konten yang ada di dalamnya, Google juga akan menilai seberapa lama pengunjung berada di blog yang Anda miliki, bagaimana navigasi situs di dalamnya, apakah domain yang digunakan sudah berkualitas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Anda yang masih awam dalam dunia blog mungkin akan bingung soal hal ini. Oleh karena itu, Anda bisa menyerahkan urusan pembuatan blog ke jasa website developer seperti ToffeeDev agar semua persyaratan Google Adsense bisa dipenuhi. Anda bisa berkonsultasi dengan tim ahli dan menanyakan semua hal mengenai Google Adsense kepada tim Toffeedev. Dengan begitu, blog Anda akan lebih siap untuk didaftarkan ke Adsense.

Baca juga: 5 Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

Agar tidak bingung, Anda bisa mulai mendaftar ke Google Adsense dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

5 Langkah Mendaftar Google Adsense Blogger

Selain blog yang sudah memenuhi persyaratan, Anda juga perlu menyiapkan akun Google yang belum terdaftar di Google Adsense. Jika semuanya sudah siap, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Buka Situs Web Google Adsense

Cukup ketikan “Adsense” di mesin pencari, maka Anda akan menemukan situs web resmi dari Google Adsense. Silakan buka situsnya dan tombol ‘Mulai’ yang terdapat di halaman awal. Nantinya, Anda akan diarahkan untuk memilih akun Google yang ingin didaftarkan. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Anda perlu menggunakan akun google yang belum terdaftar di Google Adsense.

2. Masukkan Semua Keterangan Situs

Setelah memilih akun Google yang akan didaftarkan, Anda akan diberikan sejumlah kolom mengenai keterangan situs seperti URL, nama, negara, dan sebagainya. Isi semua kolom yang ada dengan informasi blog Anda. Pastikan semuanya benar karena ini akan sangat memengaruhi proses pendaftaran nantinya. Jika sudah, setujui semua persyaratan dan ketentuan Adsense, lalu klik tombol ‘Mulai gunakan Adsense’ yang tersedia di bagian bawah halaman pendaftaran.

Baca juga: Mengetahui Perbedaan Adwords dan Adsense

3. Pendaftaran Selesai dan Tunggu Peninjauannya

Syarat monetisasi blog sangat mudah, mendaftar Google Adsense juga bisa dilakukan hanya dalam beberapa menit. Namun, proses peninjauannya bisa memakan waktu yang cukup lama, berkisar antara dua minggu sampai beberapa bulan.

Selama masa peninjauan, tetap awasi performa blog Anda. Jangan sampai terjadi penurunan pengunjung atau blog Anda tiba-tiba tidak bisa diakses karena kita tidak pernah tahu pada hari keberapa Google Adsense akan memeriksa blog yang Anda daftarkan.

Tidak perlu khawatir, selama syarat monetisasi blog sudah dipenuhi, maka pendaftaran Adsense pasti di-approve dan Anda bisa mulai menayangkan iklan sekaligus mendapatkan penghasilan dari blog yang Anda miliki. Mudah sekali, bukan?

Jasa SEO

Untuk menjaga performa website agar tetap optimal selama proses peninjauan Adsense, Anda perlu melakukan optimasi mesin pencari. Hal ini penting agar traffic website Anda tidak menurun dan algoritma Google bisa menilai kalau blog Anda memang layak untuk bergabung dengan program Adsense.Kalau Anda tidak punya waktu atau tidak terlalu familier dengan Search Engine Optimization, Anda bisa menggunakan jasa SEO yang disediakan oleh ToffeeDev. Diurus langsung oleh tim profesional, jasa SEO dari ToffeeDev memastikan performa blogmu di mesin pencari akan menjadi lebih optimal dan disukai oleh Google.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat