Tipe Goal Dalam Sebuah Website

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Memang benar kalau website adalah salah satu media pemasaran untuk bisnis saat ini. Tetapi memiliki website saja tidak akan mengembangkan bisnis Anda.

Diperlukan goal dari website baik untuk jangka pendek, menengah serta jangka panjang.

Ibarat seorang nahkoda yang tidak memegang kemudi kapal dan membiarkan kapalnya berlayar tanpa tujuan dan hanya mengikut arus, begitu juga yang terjadi saat Anda tidak menentukan goal dari website Anda.

Sebenarnya, apa sih maksudnya Goal dalam website itu?

Banyak orang yang saya temui (terutama yang website nya adalah online shopping website) berpikir bahwa goal website mereka hanya penjualan. Tapi bagaimana jika website Anda bukan toko online (ecommerce), apakah goal website Anda hanyalah branding semata?

Tak peduli situs Anda hanyalah review blog, web korporasi, web ecommerce, atau lainnya, Anda tetap dapat (dan harus) menentukan goal. Berikut beberapa tipe goal yang dapat Anda terapkan di situs Anda.

Engagement dengan Pengunjung Web Anda

Anda bisa menentukan goal berhubungan dengan pengunjung (visitor), seperti jumlah page view untuk halaman web tertentu, atau durasi pengunjung di website Anda. Atau, jika Anda memiliki video intro atau demo produk di website, Anda juga menentukan goal untuk pemutaran video atau demo tersebut.

Inquiry

Jika website Anda adalah web korporasi yang berbentuk company profile, goal ini cocok untuk Anda. Anda bisa menentukan goal website ke jumlah pengisian form kontak atau download brosur digital yang biasanya terdapat di halaman Hubungi Kami.

Acquisition (Akuisisi) Anggota

Tipe goal ini bisa diterapkan untuk website yang menawarkan pengunjung untuk berlangganan newsletter, atau registrasi menjadi member web ecommerce Anda.

Revenue

Goal ini mungkin yang sudah sering Anda dengar. Tapi revenue disini tak melulu berarti transaksi pembelian (deals). Jika situs Anda tak melibatkan transaksi di dalam website, Anda tetap dapat menerapkan goal ini. Goal tipe ini dapat berupa reservasi/booking, pendaftaran reseller / partner bisnis Anda, penjadwalan meeting, dan juga transaksi penjualan.

 

Oke, lalu bagaimana selanjutnya?

Anda bisa mencoba menerapkan beberapa goal sekaligus pada website Anda. Yang terpenting adalah bagaimana nanti Anda melakukan follow up dari hasil goal tersebut.

Tentukan goal website Anda secara bijak.

Share goal website Anda dengan meninggalkan komentar di bawah ini, atau tweet dengan mention @toffeedev

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Kategori
Step bye step SEO
SEO Strategi E Book
RTT5VI1
336 x 280

Related Post