Tipe Goal Website Yang Harus Anda Ketahui

Memang benar kalau website adalah salah satu media pemasaran untuk bisnis saat ini. Tetapi memiliki website saja tidak akan mengembangkan bisnis Anda.

Diperlukan goal dari website baik untuk jangka pendek, menengah serta jangka panjang.

Ibarat seorang nahkoda yang tidak memegang kemudi kapal dan membiarkan kapalnya berlayar tanpa tujuan dan hanya mengikut arus, begitu juga yang terjadi saat Anda tidak menentukan goal dari website Anda.

Apa Itu Goal Website?

Banyak orang yang saya temui (terutama yang website nya adalah online shopping website) berpikir bahwa goal website mereka hanya penjualan. Tapi bagaimana jika website Anda bukan toko online (ecommerce), apakah goal website Anda hanyalah branding semata?

Tak peduli situs Anda hanyalah review blog, web korporasi, web ecommerce, atau lainnya, Anda tetap dapat (dan harus) menentukan target. Berikut beberapa tipe target yang dapat Anda terapkan di situs Anda.

1. Engagement dengan Pengunjung Web Anda

Anda bisa menentukan goal berhubungan dengan pengunjung (visitor), seperti jumlah page view untuk halaman web tertentu, atau durasi pengunjung di website Anda. Atau, jika Anda memiliki video intro atau demo produk di website, Anda juga menentukan goal untuk pemutaran video atau demo tersebut.

2. Inquiry

Jika website Anda adalah web korporasi yang berbentuk company profile, goal ini cocok untuk Anda. Anda bisa menentukan goal website ke jumlah pengisian form kontak atau download brosur digital yang biasanya terdapat di halaman Hubungi Kami.

Jasa SEO

3. Acquisition (Akuisisi) Anggota

Tipe target ini bisa diterapkan untuk website yang menawarkan pengunjung untuk berlangganan newsletter, atau registrasi menjadi member web ecommerce Anda.

4. Revenue

Target ini mungkin yang sudah sering Anda dengar. Tapi revenue disini tak melulu berarti transaksi pembelian (deals). Jika situs Anda tak melibatkan transaksi di dalam website, Anda tetap dapat menerapkan target ini. Goal tipe ini dapat berupa reservasi/booking, pendaftaran reseller atau partner bisnis Anda, penjadwalan meeting, dan juga transaksi penjualan.

Baca Juga: Bagaimana Mendapatkan Ribuan Traffic ke Website Bisnis Anda?

Anda bisa mencoba menerapkan beberapa goal sekaligus pada website Anda. Yang terpenting adalah bagaimana nanti Anda melakukan follow up dari hasil target tersebut.

Tentukan target website Anda secara bijak.

Share goal website Anda dengan meninggalkan komentar di bawah ini, atau tweet dengan mention @toffeedev

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat