Blogging Itu Mudah, Asal Anda Mengikuti Cara-Cara Berikut Ini!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Salah satu hal tersulit dalam mempelajari blogging adalah tekanan yang dibuat diri sendiri untuk menciptakan konten yang “menakjubkan”, “mengubah hidup seseorang”, dan “super unik”. Lebih tepatnya, kiriman blog yang membuat orang-orang menggebu-gebu saat membacanya.

Apakah sempat terlintas dalam pikiran bahwa seluruh dunia akan menganggap Anda gagal jika konten yang dibuat tidak memenuhi standar? Terlebih, standar tersebut diciptakan oleh diri sendiri dan terlalu tinggi sehingga tidak mungkin dicapai dengan mudah. Seharusnya, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal seperti itu!

6 Cara Agar Blog anda Berhasil

Blogging itu mudah sekali, lo. Lupakan cita-cita menjadi pembuat konten terbaik dan mulailah fokus menjadi “teman” untuk para audiens Anda. Inilah beberapa langkah yang bisa dilakukan, dijamin menyenangkan dan tidak akan membuat tertekan!

1. Buat konten bermutu tinggi

Pembuatan konten bermutu tinggi akan memberikan banyak manfaat untuk blog Anda. Sebagian manfaat tersebut, antara lain, meningkatkan kesadaran merek (brand awareness), menaikkan peringkat di hasil penelusuran mesin pencari (SERP), hingga menggaet banyak pengunjung secara signifikan. Namun, bagaimana cara untuk membuat konten berkualitas?

Pertama-tama, rencanakan konten dengan cara memilih topik, membuat kerangka, melakukan riset, dan mengecek fakta. Tentukan pembahasan yang menjadi ketertarikan Anda. Kemudian, buatlah judul yang informatif sekaligus mampu menarik perhatian audiens. Hal ini karena atensi pengguna internet biasanya pertama kali tertuju pada judul halaman.

Selanjutnya, tuliskan kiriman yang akan dipublikasikan. Bisa dengan menulis naskah dalam satu sesi atau melakukannya secara bertahap. Jangan lupa tambahkan gambar pendukung konten, baik untuk meningkatkan alur konten, menambah humor, atau menjelaskan topik yang kompleks.

Terakhir, pastikan untuk menghindari pengulangan. Bacalah tulisan Anda dengan lantang untuk mengecek alurnya. Selain itu, bisa juga minta bantuan orang lain untuk membaca dan meminta masukan dari mereka. Gunakan kalimat dan paragraf yang pendek. Selain itu, jangan terlalu perfeksionis dan jangan ragu untuk membuang bagian-bagian yang tidak perlu.

Baca Juga: 5 Cara untuk Secara Konsisten Menghasilkan Konten Berkualitas

2. Selalu cari dan catat ide-ide yang segar

Jangan sampai membuat audiens merasa bosan! Carilah ide-ide segar dengan mengeksplorasi lebih banyak topik. Lakukan riset melalui sumber-sumber yang kredibel agar penyajian konten memuat wawasan, ilmu, dan inspirasi bermanfaat.

Tidak perlu memaksa mencari konten “super orisinal” yang tidak dibuat oleh seorang pun di internet. Memang bagus jika Anda punya ide seperti itu. Namun, apabila tidak terpikirkan, jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mencarinya.

Kemudian, selalu tulis ide-ide tersebut dalam buku catatan manual maupun digital. Mengapa harus dicatat? Itu karena manusia pada dasarnya mudah lupa. Jika sampai kehilangan ide cemerlang, potensi kesuksesan blog Anda bisa berkurang secara signifikan!

Baca Juga: Cara Membuat Konten Website yang Menarik Untuk Bisnis

Bagaimana jika Anda tipe orang yang kurang suka menulis, tetapi tetap ingin mengisi blog dengan konten-konten segar? Gampang kok. Beberapa ide format konten berikut bisa diterapkan:

  • Konten yang membahas tentang sosok berpengaruh dan menginspirasi di mata Anda.
  • Berbagi daftar bacaan dari blog-blog lain yang menurut Anda menarik. Sisipkan pula opini pribadi tentang masing-masing artikel.
  • Buat catatan terima kasih. Bagikan rasa syukur Anda terhadap kehadiran klien, peserta kelas, atau pembaca blog. Beri tahu orang-orang bahwa mereka keren dan berharga untuk hidup Anda. Selain itu, ceritakan apa saja hikmah yang bisa dipetik dari keberadaan mereka.
  • Gunakan gambar untuk berbagi cerita. Ingat! Pastikan menambah caption di setiap gambar agar Google bisa melacaknya. Bisa coba terbitkan foto tentang liburan, kelas yang Anda fasilitasi atau ambil, maupun tur “di balik layar” tentang toko, kantor, dan komunitas. Tak hanya itu, gambar tentang penjelasan langkah demi langkah dari sebuah proses juga bisa dibagikan.
  • Buatlah daftar kutipan favorit. Orang-orang suka dengan kutipan yang mengubah pemikiran dan perspektif, serta mampu memotivasi mereka. Jangan lupa ajak pembaca untuk berbagi kutipan favorit mereka di kolom komentar.
  • Unggah video yang berisi kisah pribadi, pengajaran konsep di bidang yang Anda kuasai, diskusi sebuah topik, atau proses langkah demi langkah.
  • Konten berisi jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh klien atau komunitas.
  • Unggah audio tentang bacaan inspiratif yang dibawakan oleh Anda atau pemikiran terkait sebuah topik.
  • Bagikan saran terbaik atau terburuk yang pernah didapatkan.
  • Bagikan daftar hal-hal yang Anda harap ketahui sebelum terlanjur dilakukan.
  • Konten berisi wawancara seseorang yang menarik.
  • Daftar produk yang Anda sukai atau alat-alat yang rutin digunakan.
  • Tulis ulasan tentang buku yang telah dibaca, lagu yang sudah didengar, film yang baru ditonton, atau kelas dan pelatihan yang sedang diikuti.

3. Fokus dalam promosi

Blog tidak akan ke mana-mana jika Anda baru saja meluncurkannya dan berharap orang-orang berkunjung tanpa melakukan usaha apa pun. Penting untuk aktif mempromosikan blog sendiri yang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Anda dapat mulai mengobrol dengan pemilik blog lain. Caranya? Tinggalkan komentar yang berkesan dalam kiriman mereka.

Selain itu, pakai mesin pencari untuk riset dan tuliskan topik-topik yang sedang populer alias dicari banyak orang. Anda juga bisa menawarkan diri untuk berkontribusi dalam majalah elektronik atau blog terkenal supaya dapat membangun profil di mata audiens.

Baca Juga: Cara Promosi Yang Menarik

Apapun pilihannya, keluarlah dari zona nyaman dan promosikan blog Anda secara gencar. Tidak ada alasan untuk tak melakukannya!

4. Dorong interaksi

Dorong orang-orang untuk mengobrol dalam blog Anda. Ajak mereka untuk menambahkan komentar dalam setiap artikel. Tanyakan umpan balik, buat respons atas kontribusi mereka, bangun komunitas, dan bersikaplah yang baik. Manusia sesungguhnya suka berinteraksi. Jadi, pastikan Anda ramah dan menyambut mereka.

Jasa SEO

5. Percaya pada diri sendiri

Ketika blog mulai mendapatkan pengunjung lebih dari 1.000 per bulan, lumrah jika kepercayaan terhadap diri sendiri dan konten ciptaanmu menurun. Namun, jangan biarkan demam panggung menyerang! Pastinya, selalu ada alasan mengapa Anda memiliki banyak pengunjung. Jadi, tetaplah percaya diri dan terus berkarya dengan konten-konten berkualitas!

Baca Juga: Fungsi Blog di Dalam Website Perusahaan

6. Rutin memperbarui blog

Sebuah blog itu hampir mirip dengan jurnal daring. Maka dari itu, sebaiknya fokus untuk rutin dalam memperbarui blog Anda. Cobalah untuk memublikasikan setidaknya 2 artikel dalam seminggu dan lakukan secara rutin. Idealnya, haruslah menulis blog setiap hari, terutama jika SEO menjadi prioritas utama Anda. Namun, jika belum mampu, biasakan memperbarui meski hanya sedikit.

Bagaimana jika pergi berlibur? Pastikan untuk menulis naskah-naskah kiriman yang siap untuk diterbitkan. Gunakan alat penjadwal yang bisa menerbitkan artikel ke blog secara otomatis saat Anda sedang tidak stand by di meja kerja.

Mudah, kan? Cara-cara di atas akan membuat Anda relaks dan menyadari bahwa blogging tidak harus membuat stres. Jika memiliki masalah dalam membuat konten secara rutin, semoga tips-tips kali ini bisa membantu. Selain itu, tak perlu terlalu saklek dengan aturan. Hal paling penting ialah memberikan apa yang diinginkan audiens, seperti apapun bentuknya.Nah, bagi Anda yang ingin memperdalam ilmu blogging, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan Jasa SEO profesional. Kunjungi ToffeeDev, Master SEO yang akan membantu memaksimalkan potensi blog Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post