8 Tools Riset Keyword Terbaik untuk Mengembangkan Website Anda

tools riset keyword

Riset keyword untuk diaplikasikan dalam artikel website atau media sosial tidak pernah lepas dari penggunaan tools dalam prosesnya. Pekerjaan meriset keyword sendiri tidak bisa dilakukan secara manual karena beberapa alasan di dalamnya. Itulah mengapa kita harus mengandalkan beberapa tools riset keyword untuk pengembangan blog website.

Riset keyword sebenarnya merupakan salah satu tahap yang penting dalam melakukan optimasi website. Pemilihan keyword yang tepat akan membawa halaman website lebih mudah masuk ke halaman mesin pencari. Masalahnya, proses riset keyword sebenarnya merupakan pekerjaan yang cukup rumit dan membutuhkan beberapa tools untuk membantunya.

Bagi para Search Engine Optimization (SEO) specialist, mereka juga harus menguasai tools yang digunakan untuk melakukan riset kata kunci. Tools untuk riset keyword ini tidak hanya memberikan informasi mengenai keyword yang cocok untuk digunakan, tapi juga statistik mengenai keyword-nya. Strategi riset dengan keyword tools ini justru akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar dalam pengembangan website.

Namun, jangan pula sembarangan milih keyword tool untuk melakukan riset. Justru kita harus tahu daftar tool terbaik untuk riset keyword dengan hasil yang akurat. Kesalahan dalam memilih keyword tool tidak hanya berakibat pada performa website yang kurang optimal di mesin pencarian, tapi juga biaya yang dikeluarkan pun terbuang sia-sia.

Kali ini, ToffeeDev akan memberikan rekomendasi tools gratis terbaik dan juga berbayar untuk melakukan riset keyword. Tidak ada salahnya berinvestasi waktu dan biaya untuk mendapatkan hasil terbaik dalam melakukan riset keyword, karena tahap ini pun termasuk dalam bagian strategi pemasaran online.

Alasan Kita Harus Melakukan Riset Keyword

alasan melakukan riset keyword

Meledaknya tren digital marketing atau pemasaran digital pada dekade ini membuat bisnis harus mengubah strategi pemasarannya. Mereka yang dulunya menggunakan cara konvensional, seperti memasang iklan di televisi atau baliho, sekarang harus beralih ke metode terkini. Perubahan ini bermula dari minat pasar yang sudah berubah, terutama penggunaan media konvensional yang kini berkiblat ke arah digital.

Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) adalah salah satu strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh banyak perusahaan. Strategi ini bertujuan untuk menaikkan peringkat atau ranking sebuah website di mesin pencari, terutama Google hingga masuk ke halaman pertama. Teknik yang harus dilakukan sebenarnya banyak sekali karena keberhasilannya ditentukan oleh beberapa faktor. Namun, faktor atau kunci utama yang paling mendasar adalah kesesuaian kata kunci atau keyword.

Keyword adalah rangkaian kata yang diutamakan atau ditonjolkan dalam sebuah artikel atau konten website. Saat kita mengetik keyword di kolom pencarian, mesin pencari seperti Google akan memberikan beberapa konten atau artikel dari suatu website yang mengandung keyword tersebut. Keberhasilan website dinilai dari seberapa relevan artikel tersebut dengan keyword-nya, karena Google ingin menyajikan hasil pencarian artikel terbaik dan sesuai dengan search intent atau maksud pencarian pengguna.

Namun, jangan buru-buru langsung memutuskan keyword yang akan ditulis dan digunakan dalam website, karena ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Kita harus menentukan keyword yang tepat dengan melakukan riset. Satu-satunya cara yang digunakan untuk menemukan keyword yang cocok dengan website kita adalah menggunakan tools.

Mengapa kita harus menggunakan bantuan tools dalam melakukan riset keyword? Faktanya, kita tidak bisa menentukan keyword yang tepat secara manual dan asal tebak, melainkan harus berdasarkan data dan informasi yang tepat. Riset sendiri mengacu pada proses pencarian dan pengumpulan data berdasarkan informasi yang tersedia.

Saat menerapkan strategi SEO atau SEM untuk pemasaran, kita sebenarnya sedang bersaing dengan ratusan atau ribuan website yang ada di Google. Mereka yang berhasil menembus search engine result page (SERP) alias halaman pencarian Google telah melakukan analisis yang kuat terhadap keyword yang digunakan. Mereka tidak hanya mencari keyword yang digunakan, tapi memperkirakan potensi keberhasilan keyword tersebut menggunakan tools atau platform keyword yang tersedia.

Baca Juga: 13 Kesalahan Keyword Research SEO yang Harus Dihindari

Riset keyword sendiri merupakan blueprint untuk menjalankan strategi pemasaran secara online, terutama SEO. Melakukan tahap ini akan membantu kita dalam membuat keputusan terbaik terkait dengan keyword yang digunakan. Proses pengerjaan pun jadi lebih efisien karena kita tidak perlu lagi menggunakan keyword yang belum tentu berhasil atau sesuai dengan bisnis kita. Semua keuntungan tersebut akan bermuara pada tujuan akhir yang lebih besar, yakni naiknya jumlah traffic yang masuk ke website serta angka penjualan melaui situs web yang lebih meningkat.

Sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan pentingnya melakukan riset keyword karena berbagai alasan. Pertama, mereka hanya menggunakan keyword sederhana yang bisa dicari hanya dengan mengetiknya di Google. Hasil keyword yang keluar pun mereka jadikan daftar keyword yang akan digunakan untuk situs web mereka. Bahkan mereka tidak menggunakan long-tail keyword dan hanya bergantung pada short-tail keyword, padahal tingkat kompetisinya lebih tinggi.

Padahal, prosesnya tidak sesederhana itu. Justru kita harus memperhatikan tingkat kesulitan (keyword difficulty), seperti volume pencarian (search volume) dan tingkat kompetisi keyword tersebut. Itulah mengapa kita harus menggunakan tools untuk mencari dan menemukan keyword yang sesuai dengan situs web kita.

Kedua, penggunaan tools untuk melakukan riset keyword sendiri pun tidak memakan waktu yang lama, hanya sekitar 60 detik. Anda cukup mengisi data yang diperlukan dalam tools keyword, dan platform tersebut akan menyajikan data yang lengkap mengenai keyword yang harus Anda gunakan. Termasuk pula volume, kompetitor, dan situs web unggulan yang menggunakan keyword tersebut.

Uraian di atas bisa memberikan penjelasan mengenai pentingnya melakukan riset keyword atau kata kunci dengan menggunakan tools. Intinya, melakukan riset keyword dengan kata kunci yang tepat akan membawa keberhasilan pada strategi SEO yang diterapkan dalam website kita.

Baca Juga: Keyword Ranking Based SEO atau Traffic Based SEO, Pilih Mana?

Rekomendasi Tools Riset Keyword Terbaik yang Bisa Anda Gunakan

rekomendasi tools riset keyword

Banyak sekali pilihan tools riset keyword yang bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui kata kunci yang harus digunakan. Keyword tools yang disarankan ada yang gratis, dan ada pula yang berbayar.

Namun, rata-rata keyword tool gratis sudah mampu memberikan informasi dan data yang akurat dan diperlukan dalam mencari kata kunci untuk website Anda. Ada pun keyword tool berbayar, fitur yang tersedia lebih banyak lagi sehingga bisa menunjang proses riset keyword yang dibutuhkan. Apapun pilihannya, Anda harus pintar memanfaatkan peluang dan data yang didapatkan dari keyword tool tersebut.

1. Google Search Console

Keyword tool gratis pertama yang bisa Anda manfaatkan adalah Google Search Console, salah satu platform riset keyword unggulan dari Google. Fitur unggulan yang disediakan oleh tools ini adalah ‘Performance Report’. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa memprediksi keyword yang akan mendatangkan banyak klik dengan bantuan Google.

Fitur ini tersedia dalam format laporan berdaftar berisi kata kunci yang digunakan dalam website kita. Dari sini, kita akan mengetahui opportunitu keyword yang bisa memprediksi ranking halaman website kita. Biasanya, keyword yang masuk kategori ini akan berada di ranking ke delapan hingga 20 untuk kata kunci yang spesifik. Ranking tersebut masih bisa ditingkatkan dengan melakukan optimasi website secara on-page.

Misalnya, kita mengetik keyword “SEO tool”, maka fitur opportunity keyword akan memprediksi bahwa kata kunci tersebut akan membantu website Anda mencapai ranking 6.2. Jika halaman website-nya dioptimasi, ranking-nya akan lebih naik.

Fitur ini juga bisa digabungkan dengan akun Google Analytics untuk mendapatkan informasi mengenai kata kunci yang lebih mendalam. Misalnya, volume pencarian kata kunci, tingkat kesulitan kata kunci yang ditemukan, dan sejenisnya.

Baca Juga: Google Search Console, Pahami dan Ketahui Manfaatnya

2 Google Keyword Planner

Google keyword tool ini juga berguna bagi bisnis yang ingin mempromosikan website-nya tidak hanya melalui SEO, tapi juga dengan SEM lewat fitur Google Ads. Data mengenai kata kunci yang didapatkan langsung berasal dari database raksasa Google, jadi ada potensi kenaikan ranking website yang lebih besar dengan menggunakan Google Keyword Planner.

Fitur yang berguna bagi website yang menjalankan teknik SEM adalah “top page bid”. Fitur ini akan memberikan informasi lengkap mengenai jumlah budget yang diinvestasikan untuk menggunakan keyword tersebut. Nantinya, website yang menggunakan metode SEM ini akan tampil di hasil pencarian teratas dan ditandai dengan tulisan “Ad” di sebelah tautannya.

Contoh data yang dihasilkan adalah, jumlah cost per click untuk keyword yang dipasang pada situs tersebut. Semakin tinggi angkanya, semakin meningkat pula peluang website tersebut ditemukan saat dicari.

Data yang dihasilkan oleh platform ini sangat nyata dan bisa dipertanggungjawabkan. Jadi, bagi Anda yang ingin menggunakan Google Ads sebagai alternatif SEO, Anda bisa menggunakan tools yang memberikan data lengkap ini.

3 Google Trends

Pencarian keyword juga bisa digunakan dengan menggunakan tools gratis terbaik dari Google ini. Anda tidak hanya menemukan rekomendasi kata kunci yang sesuai untuk website, tapi juga mengetahui tren pencarian yang sedang dilakukan oleh warganet atau netizen secara real time.

Penggunaan tools ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu menemukan kata kunci yang spesifik dan berdasarkan popularitas yang dimiliki keyword tersebut. Jika menggunakan cara pertama, yaitu menentukan kata kunci yang spesifik, Anda harus memperhatikan “related queries” alias kueri kata kunci yang terkait dengan keyword utamanya.

Cara kedua yang tidak kalah penting adalah mengetahui popularitas keyword tersebut. Jika Anda punya dua atau lebih pilihan keyword yang ingin digunakan, cobalah cari di Google Trends mengenai tingkat popularitasnya. Gunakan keyword dengan popularitas tertinggi untuk mendatangkan lebih banyak trafik di situs Anda. Kata kunci lainnya bisa Anda simpan sebagai topik cadangan apabila topik yang dibahas berbeda dengan kata kunci tertinggi tersebut.

Jasa SEO

4 Ahref Keywords Explorer

Ahref memberikan informasi dan data yang lebih mendalam terhadap keyword yang digunakan. Tidak hanya data seperti volume pencarian dan tingkat kompetisi, tapi juga jumlah klik yang didapatkan oleh suatu website.

Ada pula fitur unggulan yang dimiliki oleh keyword tool ini, yaitu ‘Keyword Difficulty’. Ahref tidak hanya memberikan skor kesulitan kata kunci, tapi juga menyediakan informasi mengenai jumlah backlink yang dibutuhkan untuk mencapai ranking yang lebih tinggi di Google. Intinya, Ahref adalah tool yang sesuai digunakan untuk bisnis yang ingin mencapai halaman pertama lewat backlink yang didapatkan.

Baca Juga: Ahrefs, SEO Tools yang Dipilih oleh Optimizer Profesional

5 Jaaxy

Keyword tool ini sangat cocok digunakan untuk pemilik website baru yang ingin menambah jumlah kontennya. Jaaxy akan membantu Anda mendapatkan ribuan rekomendasi keyword untuk website Anda hanya dalam hiyungan detik. Ide atau usulan keyword yang diberikan berbeda, bahkan lebih unik karena Anda belum tentu menemukannya di tools keyword yang lain. Anda juga akan mendapatkan indormasi mengenai data statistik kata kunci yang sedang dicari, seperti volume pencarian, kompetisi, dan jumlah trafik potensial.

Keistimewaan tools ini adalah hadirnya fitur Quoted Search Result (QSR) yang memberikan statistik jumlah website dengan kata kunci yang sama. Semakin sedikit daftarnya, peluang website Anda untuk mencapai peringkat pertama pun jadi lebih besar.

6 KeywordTool.io

Sama seperti Jaxxy, KeywordTool.io juga bisa memberikan banyak ide kata kunci dalam waktu yang singkat. Tools ini bisa memberikan kata kunci terkait (related keyword) dalam jumlah yang cukup banyak. Anda juga bisa mengambil kata kunci yang disarankan sebagai topik konten website, selama statistiknya masih bisa ditoleransi.

Keunikan kedua adalah Anda bisa menganalisis kompetitor dengan keyword tool ini. Cukup masukkan situs web kompetitor Anda, dan KeywordTool.io akan memberikan daftar kata kunci yang digunakan beserta datanya.

Baca Juga: Perbedaan Long Tail vs Short Tail Keywords

7 SECockpit

Keyword tool ini lebih cocok digunakan oleh orang yang sudah berpengalaman di dunia SEO lantaran fitur yang terdapat di dalamnya. Kerumitan fiturnya ternyata membuahkan hasil yang baik, terlihat dari informasi statistik keyword yang bisa didapatkan dengan tool ini.

SECockpit memiliki fitur yang menarik, yaitu keyword filtering. Anda bisa menerapkan lebih dari 100 lebih filter hanya untuk menemukan kata kunci yang sesuai. Hal ini didorong oleh adanya fitur niche dalam setting keyword-nya.

8 Keywords Everywhere

Keunikan tools ini adalah ia mampu menganalisa dan menemukan keyword yang digunakan di situs marketplace. Jika website bisnis Anda berbentuk e-commerce, cobalah untuk menggunakan Keyword Everywhere ini. Anda tidak perlu memindahkan isi keyword dari platform ini ke Google Keyword Planner karena Keyword Everywhere memiliki ekstensi yang sudah terintegrasi dengan Google Chrome. Fitur “People Also Search For” di tools ini sangat membantu Anda menemukan kata kunci terkait yang juga banyak dicari oleh pengguna Google.

Lakukan Riset SEO Bersama ToffeeDev untuk Kemajuan Website Anda

Selain daftar di atas, masih banyak lagi tools riset keyword unggulan yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan optimasi website. Yang penting, gunakan tools yang mudah dioperasikan sehingga proses riset keyword berjalan dengan maksimal. Anda juga harus bisa membaca dan memahami statistik dan data keyword yang didapat dari keyword tersebut karena akan berpengaruh pada posibilitas munculnya situs web di halaman mesin pencari.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan riset keyword, gunakan saja jasa SEO dari ToffeeDev yang bisa membantu proses riset kata kunci untuk website Anda. Kami menggunakan tools terbaik dan akan memberikan laporan lengkap mengenai rekomendasi keyword yang harus Anda gunakan di situs. Pemilihan kata kunci yang tepat oleh tim SEO ToffeeDev akan membuat website bisnis Anda muncul di halaman pertama SERP.

ToffeeDev adalah digital marketing agency telah menjadi partner bisnis perusahaan terbesar dari berbagai sektor industri dan kini giliran kami untuk melayani Anda. Hubungi tim ToffeeDev segera dan raih halaman pertama Google dengan jasa SEO kami.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat