Tools Riset Keyword Terbaik: Panduan Lengkap untuk Meningkatkan Peringkat SEO Website Anda

keyword tool terbaik

Riset keyword merupakan langkah utama yang harus Anda lakukan dalam strategi Search Engine Optimization (SEO). Nantinya, keywords yang Anda temukan berdasarkan hasil riset digunakan dalam halaman website seperti artikel atau halaman produk yang ingin dibuat. Agar Anda bisa menemukan kata kunci yang tepat, dibutuhkanlah keyword tool terbaik.

Penggunaan keyword tool tidak terbatas pada kecepatan hasil yang diperoleh. Keyword tool bisa membantu menemukan kata kunci dengan volume pencarian tertinggi serta mengenali tingkat persaingan dari keyword yang ingin Anda gunakan. Hasil riset keyword yang diperoleh dari penggunaan tools tersebut bisa Anda gunakan agar peluang website Anda masuk ke halaman pertama SERP lebih besar.

Apakah Anda sedang mencari rekomendasi keyword tool terbaik untuk digunakan dalam strategi SEO? Simaklah artikel ini sampai selesai!

Apa itu Riset Kata Kunci dan Mengapa Penting untuk SEO?

Lebih baik Anda memahami dahulu apa itu riset kata kunci serta pentingnya langkah ini dalam SEO. Riset kata kunci adalah proses mencari dan menganalisis keyword yang relevan dan bermanfaat untuk website Anda. Proses ini melibatkan menemukan keyword yang paling dicari oleh pengguna di mesin pencari, kemudian memasukkannya ke dalam konten website Anda.

Kata kunci yang Anda temukan dalam riset keyword akan menentukan bagaimana website Anda muncul di mesin pencari. Dengan menggunakan keyword yang tepat, website akan mendapatkan lebih banyak traffic yang dapat meningkatkan peringkat SEO. Selain itu, riset kata kunci juga bisa membantu memahami apa yang ingin dicari oleh target audiens dan bagaimana cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dengan informasi ini, Anda bisa membuat konten yang relevan dan bermanfaat untuk audiens Anda.

Itulah mengapa riset kata kunci sangat penting untuk strategi SEO yang sukses. Tentunya dibutuhkan keyword tool terbaik supaya Anda bisa memperoleh hasil keyword yang lebih relevan dan berpeluang besar untuk meningkatkan ranking SEO website.

Rekomendasi Tools Riset Keyword Terbaik

Rekomendasi Tools Riset Keyword Terbaik

Lantas, apa saja keyword tool terbaik yang bisa Anda gunakan? Kami berikan 11 rekomendasi tools beserta ulasan lengkapnya agar Anda bisa mempertimbangkan tools yang tepat untuk digunakan dalam strategi SEO.

1. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner merupakan salah satu alat riset kata kunci gratis yang sangat populer. Alat ini memberikan informasi mengenai volume pencarian, tingkat persaingan, bahkan perkiraan biaya per klik untuk kata kunci tertentu jika Anda juga menerapkan strategi Google Ads. Selain itu, Anda juga bisa menemukan kata kunci baru yang relevan dengan niche Anda. Hanya saja, keterbatasannya adalah data yang diberikan oleh alat ini mungkin tidak selalu akurat. Selain itu, tools ini lebih fokus pada iklan daripada SEO.

2. Ubersuggest

Rekomendasi kedua, Anda bisa menggunakan Ubersuggest yang gratis untuk digunakan. Ubersuggest menyediakan informasi tentang volume pencarian, tingkat persaingan, dan ide kata kunci baru. Anda pun bisa menemukan kata kunci yang relevan dengan niche Anda menggunakan Ubersuggest. Penggunaannya juga mudah, Anda cukup memasukkan kata kunci yang ingin diriset, kemudian melihat data yang diperoleh. Kekurangannya sama seperti Google Keyword Planner, yaitu data yang diberikan oleh alat ini mungkin tidak selalu akurat. Kendati demikian, alat ini berfokus pada SEO sehingga bisa menjadi alternatif Google Keyword Planner.

3. Google Trends

Sesuai namanya, Google Trends menyediakan informasi tentang tren pencarian untuk kata kunci tertentu. Dalam kata lain, Anda bisa menemukan kata kunci yang sedang tren untuk artikel atau konten yang bersifat seasonal. Sayangnya, alat ini hanya memberikan hasil tingkat popularitas kata kunci saja dan tidak menyediakan informasi tentang volume pencarian atau persaingan, dua metrik yang sangat penting dalam menentukan keyword untuk SEO.

Baca Juga: Mengetahui Keyword Suatu Website: Cara Menganalisis dan Memahami Strategi Kata Kunci

4. Ahrefs

Sekarang, mari kita bahas keyword tool berbayar yang unggul, yaitu Ahrefs. Ahrefs  lebih berfokus pada aspek SEO dan analisis situs web. Lebih menariknya lagi, Ahrefs menyediakan informasi tentang backlink dan analisis SEO yang lengkap. Ahref juga memberikan ide kata kunci dan topik konten yang relevan dengan niche untiuk membantu Anda dalam merencanakan strategi konten yang efektif.

5. SEMrush

Sama seperti Ahrefs, SEMrush juga merupakan alat riset kata kunci berbayar. Alat ini fokus pada menyediakan informasi yang komprehensif tentang kata kunci dan persaingan di berbagai platform online, termasuk mesin pencari dan media sosial. Fitur dan keuntungan SEMrush adalah analisis kompetitor, pemantauan ranking, audit SEO, dan bisa memberikan ide konten.

Banner SEO X CRO 2

6. Moz Keyword Explorer

Moz Keyword Explorer adalah alat riset kata kunci yang dikembangkan oleh Moz, yang terkenal dalam dunia SEO. Alat ini fokus pada memberikan wawasan mendalam mengenai kata kunci dan tingkat kesulitannya untuk bersaing. Fitur dan keuntungan Moz Keyword Explorer mencakup skor kesulitan untuk membantu Anda memahami seberapa sulitnya untuk bersaing di hasil pencarian untuk kata kunci tersebut. Selain itu, Anda bisa melihat perkiraan berapa banyak trafik yang dapat Anda harapkan jika Anda berhasil menduduki peringkat tertinggi untuk kata kunci tersebut.

Baca Juga: Mengintip Strategi Kompetitor: Cara Mengetahui Keyword yang Digunakan oleh Pesaing Anda

7. LSI Graph

LSI Graph adalah alat riset kata kunci yang fokus pada konsep Latent Semantic Indexing (LSI). Keuntungan kunci dari LSI Graph adalah memberikan ide kata kunci baru berdasarkan kata kunci yang sudah ada di dalam niche Anda. Ini membantu Anda untuk memahami kata kunci terkait yang mungkin relevan dengan konten Anda. Selain itu, dengan menggunakan LSI Graph, Anda dapat memperkaya konten dengan kata kunci terkait yang dapat meningkatkan optimasi SEO on-page.

8. Keywordtool.io

Keywordtool.io adalah alat riset kata kunci yang berfokus pada memberikan saran kata kunci baru. Alat ini memberikan ide kata kunci long tail yang dapat menjadi fokus untuk konten Anda. Kata kunci long tail cenderung lebih spesifik dan dapat menarik trafik yang relevan. Selain itu, Anda dapat memilih platform mesin pencari atau media sosial tertentu, seperti Google, YouTube, Bing, dan Instagram, untuk mendapatkan saran kata kunci yang sesuai dengan platform tersebut.

Baca Juga: Analisa Persaingan Keywords dalam SEO: Panduan dengan Teknik dan Tools Terbaik

9. GrowthBar

Untuk pemula dalam SEO, Anda bisa menggunakan GrowthBar. GrowthBar memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan, cocok untuk pemula dalam pemasaran digital. Kendati terlihat sederhana, Anda dapat memantau peringkat kata kunci di mesin pencari langsung dari browser.

10. KWFinder

KWFinder adalah alat riset kata kunci yang fokus pada menentukan tingkat kesulitan persaingan untuk kata kunci tertentu. Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa memilih kata kunci yang sesuai dengan kemampuan persaingan Anda. KWFinder juga memberikan ide kata kunci terkait yang dapat membantu Anda dalam merencanakan strategi kata kunci yang lebih luas. Terakhir, Anda dapat menggunakan alat ini untuk menganalisis kata kunci dalam konteks lokal, penting jika bisnis Anda berfokus pada wilayah tertentu.

Cara Memilih Keyword Tool Terbaik

Cara Memilih Keyword Tool Terbaik

Banyaknya rekomendasi keyword tool yang diberikan membuat Anda bingung dalam menentukan pilihan yang tepat. Jangan khawatir, kami berikan beberapa tips supaya Anda bisa memilih keyword tool yang ideal untuk digunakan dalam jangka panjang:

  • Lihatlah berbagai alat yang tersedia dan pastikan mereka memenuhi kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin menemukan kata kunci yang relevan dengan niche Anda, pastikan alat yang Anda pilih dapat menyediakan data yang akurat dan terkini.
  • Pastikan alat tersebut menyediakan informasi grafik yang mudah dipahami dan bermanfaat untuk membantu Anda menentukan strategi kata kunci yang tepat.
  • Pastikan alat tersebut memiliki kemampuan untuk menganalisis kata kunci yang berbeda dan memungkinkan Anda untuk membuat daftar kata kunci yang spesifik untuk niche Anda.
  • Periksa jika alat keyword yang dipilih memiliki database besar.
  • Pilih tool yang menyediakan informasi yang akurat dan terbaru sehingga Anda dapat mengambil keputusan berdasarkan data yang benar.
  • Periksa apakah alat keyword yang dipilih memiliki beberapa fitur unggulan, seperti analisis kata kunci, laporan optimasi SEO, bahkan alat analisis kompetitor.
  • Pastikan bahwa tool keyword memiliki beberapa metode pencarian yang dapat digunakan, seperti pencarian berdasarkan lokasi, topik, atau jenis konten.
  • Bandingkan harga dan layanan yang ditawarkan dengan spesifikasi fitur dan layanan agar bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Apakah Anda sudah mantap memilih keyword tool terbaik yang kami berikan. Apa pun pilihannya, pastikan Anda menggunakan tools tersebut dengan maksimal dan tepat supaya bisa mendapatkan hasil yang relevan untuk kesuksesan strategi SEO Anda.

SEO merupakan proses yang berkelanjutan sehingga Anda perlu menginvestasikan waktu dan tenaga untuk keberhasilan strategi Digital Marketing ini. Tentunya hal ini bisa mengganggu fokus utama Anda dalam menjalankan bisnis atau tugas pemasaran lainnya. Solusinya, Anda bisa menggunakan jasa SEO dari ToffeeDev. Tim profesional kami selalu menggunakan keyword tool terbaik dalam riset kata kunci sehingga kami memberikan rekomendasi kata kunci yang berbasis data untuk website Anda. Mulailah berkonsultasi bersama ToffeeDev mengenai goals yang ingin Anda capai melalui SEO dengan klik di sini!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat