5 Rekomendasi Tools Social Media Monitoring

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Tools social media monitoring adalah alat pemantauan yang memungkinkan Anda melacak setiap akun, percakapan, kata kunci, dan hashtag yang relevan. Tools ini bakal menghemat waktu Anda dalam memonitor aktivitas media sosial. Dengan monitoring media sosial, Anda dapat melacak metrik sosial utama seperti brand awareness dan social share. Hasil monitoring bisa Anda pakai sebagai ide pembuatan konten promosi berikutnya. Simak rekomendasi tools-nya berikut ini!

Pilihan Tools Social Media Monitoring

Total ada lima tools social media monitoring yang dapat Anda gunakan. Apa saja tools yang tersedia pada saat ini?

Brandwatch Consumer Research

Memiliki banyak fitur dan aplikasi, Brandwatch Consumer Research bisa melacak segala hal yang berhubungan dengan bisnis Anda. Dengan tool ini pula, Anda bisa memantau aktivitas media sosial brand dari satu tempat saja. Brandwatch Consumer Research memiliki fitur query builder yang dapat melacak segala kata kunci atau topik, mulai dari yang sangat umum hingga spesifik. Menariknya lagi, fitur query builder juga bisa dipersonalisasi sesuai kebutuhan Anda dan brand. 

Hootsuite

Tools social media monitoring yang satu ini mungkin sudah banyak didengar dan digunakan oleh para marketer dalam memonitor kinerja media sosial sebuah brand. Hootsuite dapat digunakan untuk memantau kegiatan media sosial di berbagai platform, contohnya Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, Google+, dan WordPress. 

Fitur paling menguntungkan dari Hootsuite adalah laporan mingguan yang dibuat khusus untuk Anda. Di samping itu, Hootsuite pun dapat digunakan oleh lebih dari satu pengguna sehingga Anda dapat mendelegasikan tugas monitoring media sosial ke orang lain. Sebagai tools yang canggih, Hootsuite memungkinkan Anda memantau search query atau kata yang digunakan user untuk mencari informasi di media sosial secara real time. 

Keyhole

Khusus dipakai untuk memantau aktivitas media sosial di Twitter dan Instagram, Keyhole bisa dengan mudah menemukan data dari beragam kata kunci, hashtag, username, dan URL. Seluruh data tersebut bisa Anda cari secara real time sehingga memudahkan pemantauan aktivitas media sosial dalam waktu nyata. Nantinya, data yang Anda dapat dari Keyhole dapat digunakan untuk mengoptimasi digital marketing campaign. Data tersebut mencakup engagement rate, total post, total reach, dan impression. 

Sprout Social

Sprout Social adalah salah satu tools social media monitoring yang disukai berkat fitur analitiknya. Analisis yang dibuat oleh Sprout Social dapat menjadi data penting untuk meningkatkan engagement di media sosial Anda. Salah satu fitur utama Sprout Social adalah Smart Inbox. Fitur tersebut memungkinkan Anda membalas pesan, me-repost konten, me-retweet cuitan, dan memberikan like hanya dengan satu tool saja. 

Oleh karena itu, tidak hanya dipakai sebagai social media monitoring, Sprout Social pun memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai social media listening. Sprout Social adalah tool monitoring profesional yang tepat untuk manajemen dan optimasi media sosial. Seluruh kebutuhan pemantauan media sosial dapat diakses lewat satu dashboard untuk seluruh anggota tim. 

Awario

Awario tergolong tools social media monitoring baru, namun telah memiliki banyak fitur profesional. Anda dapat memanfaatkannya sebagai alat untuk memantau berbagai informasi di media sosial. Misalnya aktivitas media sosial kompetitor, obrolan tentang brand Anda, konten yang diplagiasi, berita terkini di industri yang Anda geluti, dan lainnya. Anda bahkan bisa memantau backlink baru ke situs yang sudah dimiliki. 

Baca Juga : 5 Tools Yang Dapat Digunakan Untuk Mengembangkan Social Media Strategy

Tools social media monitoring juga sangat bermanfaat untuk memantau aktivitas promosi yang Anda jalankan di Facebook. Contohnya jika Anda sedang menggunakan Facebook Ads, maka tools di atas tadi bisa memantau kinerjanya. Namun, agar Anda tidak repot mengurus monitoring sekaligus campaign, serahkan saja kepada ToffeeDev sebagai digital marketing agency yang menyediakan jasa iklan Facebook Ads sekaligus monitoring-nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post