Unique Selling Point: Arti, Bentuk, Tips, dan Contohnya

unique selling point

Unique selling point (USP) adalah aspek penting yang akan membedakan bisnis Anda dengan kompetitor. Keberadaannya bahkan sangat krusial karena bisa menentukan bertahan atau tidaknya suatu bisnis.  Pasalnya masyarakat atau pelanggan akan memilih membeli produk dari bisnis yang memiliki unique selling point. Apakah Anda tahu apa itu unique selling point? 

Jika Anda belum tahu makna dan definisi dari unique selling point maka sekarang waktu yang tepat untuk memahaminya. Baca informasi selengkapnya di bawah ini! 

Apa Itu Unique Selling Point?

Unique selling point atau USP merupakan salah satu aspek yang menjadi keunggulan bisnis Anda dari kompetitor lainnya. Keunggulan yang dimaksudkan di sini tidak selalu dengan memiliki hal-hal besar. Hal kecil saja bisa menjadikan Anda lebih unggul dari kompetitor. 

Contohnya seperti layanan customer service yang responsif, ramah, dan menjawab kebutuhan pelanggan. Selain itu memberikan promo atau freebies menarik di setiap pembelian pertama dapat menjadi keunggulan bisnis Anda. 

Baca Juga: Mengapa Perlu Melakukan Riset Pemasaran?

Fungsi Unique Selling Point Bagi Bisnis Online

Adanya unique selling point dalam bisnis online Anda membantu meningkatkan penjualan, kredibilitas, dan popularitas. Penjualan bisa meningkat ketika pelanggan menemukan bahwa produk atau jasa yang Anda jual memberikan lebih banyak benefit jika dibandingkan dengan kompetitor. 

Apalagi jika pelanggan merasakan pengalaman yang positif saat pertama kali melakukan pembelian. Pelanggan pasti akan kembali untuk mencoba produk lain atau melakukan pembelian berulang. Kredibilitas brand dan produk Anda jadi meningkat karena benefit yang ditawarkan tidak hanya kebohongan belaka. 

Pelanggan jadi dapat merasakan bahwa memang benar produk yang Anda jual berkualitas dan bisa dipercaya. Pada akhirnya peningkatan penjualan dan kredibilitas produk Anda akan makin dikenal banyak pelanggan. Hal ini terjadi sebagai akibat dari testimoni pelanggan yang merasa puas terhadap produk-produk Anda. 

Baca Juga: Mengenal Internet Marketing yang Bermanfaat Saat Ini

Tujuan Menetapkan Unique Selling Point

Tujuan menetapkan unique selling point ialah untuk membuat bisnis Anda bertahan dalam ketatnya persaingan pasar. Jika tidak bisa menunjukkan keunggulan produk dari kompetitor maka bisnis Anda akan tertinggal ke belakang. Waktu awal pembukaan bisnis mungkin produk Anda viral, tetapi setelah waktu berlalu penjualan akan mengalami penurunan yang signifikan. 

Bentuk Unique Selling Proposition

Salah satu bentuk unique selling proposition dalam bentuk tagline adalah “Apa pun makanannya, minumnya tetap Teh Botol Sosro.” Salah satu bentuk unique selling proposition lainnya adalah Shampo Dove yang menawarkan produk perawatan moisturizer, sehingga kita membayangkan produk yang melembapkan adalah Dove.

Jika disimpulkan, ada beberapa bentuk contoh USPyang menjadi identitas produk atau merek sesuai dengan strategi pemasaran kebutuhan konsumen:

  • Tagline
  • Bentuk kemasan
  • Varian produk

3 Tips Menentukan Unique Selling Point Bagi Bisnis Anda

Bingung bagaimana cara menentukan USPbisnis Anda? Tenang! Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menentukan USP bisnis Anda. 

1. Cari Tahu Kebutuhan Pelanggan

Menawarkan produk sesuai kebutuhan pelanggan tetap menjadi prioritas utama dalam menentukan USP. Menyediakan produk dan layanan berkualitas akan menjadi sia-sia jika tidak menjawab kebutuhan pelanggan. 

Bahkan produk Anda yang berkualitas premium tidak akan laku terjual saat tidak memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Itu sebabnya menjadikan kebutuhan masyarakat sebagai unique selling point sangat penting. Anda bisa mencari tahu kebutuhan pelanggan dengan melakukan survei, menyebarkan kuesioner, dan wawancara secara langsung, 

2. Dapatkan Informasi Keinginan Pelanggan

Selain kebutuhan, membuat USP berdasarkan keinginan masyarakat juga sangat penting. Keinginan pelanggan dalam hal ini berguna sebagai pelengkap dari aspek pokok yang harus ada. 

Contohnya pembeli akan lebih memilih paket bundle dengan harga yang lebih mahal sedikit karena mendapatkan lebih banyak produk. Padahal barang yang dibutuhkan mungkin hanya satu di antara 3 produk bundle

Dari sini Anda jadi mengetahui bahwa pelanggan ingin membeli produk yang mendatangkan benefit lebih banyak. Mengenal perilaku pelanggan saat berbelanja akan menuntun Anda kepada berbagai motivasi yang mendorong mereka melakukan pembelian. 

Baca Juga: Saatnya Mengubah Leads Menjadi Konsumen Tetap Anda

3. Analisis Produk dan Layanan Kompetitor

Menganalisis produk dan layanan kompetitor akan membantu Anda menemukan unique selling point. Apa saja yang harus dianalisis? Sebagai contoh, Anda bisa mencari tahu alasan kompetitor menyediakan produk dan layanan tersebut. 

Cari tahu kelebihan dan kekurangan produk kompetitor, lalu bandingkan dengan produk bisnis Anda. Dari sana Anda akan melihat aspek apa saja yang bisa menjadi keunggulan. Paling mudah melihatnya dari kelemahan kompetitor. Anda bisa menjadikan kelemahan kompetitor sebagai unique selling point

6 Contoh Unique Selling Point dari Brand Terkenal

Jika Anda masih kebingungan menentukan unique selling point bisnis maka contoh-contoh berikut ini bisa dijadikan pembelajaran serta inspirasi. Anda akan belajar unique selling point dari tiga brand terkenal yaitu SoundCloud, TOMS, dan Starbucks. 

1. SoundCloud

SoundCloud merupakan aplikasi di bidang musik yang memampukan siapa saja untuk berkreasi. Siapa saja bisa mengunggah musik, cover, demo, ataupun podcast. SoundCloud memampukan setiap orang untuk berinteraksi dengan meninggalkan komentar pada musik yang diunggah seseorang. 

Meskipun ada kompetitor seperti Spotify atau Apple Music, SoundCloud tidak bisa dibandingkan karena kemudahannya untuk membagikan musik. Baik artis ataupun tidak, semua orang bisa mengunggah, mendengarkan musik, dan berinteraksi. 

2. TOMS

TOMS memiliki value mulia untuk membantu orang lain. Dalam websitenya TOMS memberitahukan kepada pelanggan bahwa pembelian mereka akan berguna untuk orang-orang yang membutuhkan. 

TOMS saat ini bertekad untuk membantu miliaran orang agar mendapatkan akses kepada kesehatan mental. Value seperti ini yang menjadi unique selling point TOMS dari brand sepatu lainnya. TOMS menjadi pelopor bagi brand lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Meskipun model sepatunya terlihat biasa saja, tetapi pelanggan yang membelinya akan merasa senang karena bisa membantu banyak orang dalam kesehatan mental mereka. 

3. Starbucks

Starbucks menjadi salah satu brand kopi yang sudah mendunia. Outletnya berada di berbagai kota dan negara di hampir seluruh dunia. Meskipun ada banyak kompetitor brand kopi, nama Starbucks tetap lebih dikenal oleh masyarakat. 

Unique selling point Starbucks yang menyediakan kualitas kopi premium berhasil membuat perbedaan dan keunggulan. 

4. IKEA

IKEA adalah perusahaan berikutnya dengan USP yang dapat Anda contoh. Perusahaan Swedia ini menjual berbagai barang rumah tangga, termasuk furnitur dan perabotan lainnya.

Lalu apa yang membuat IKEA terkenal di seluruh dunia? Hal ini disebabkan oleh kualitas produk IKEA yang terjamin dan biaya rendah, yang juga dijamin tahan lama. Selain itu, IKEA memastikan bahwa setiap pelanggan memiliki pengalaman positif saat menggunakan barang atau layanannya sesuai dengan visi mereknya, yaitu “membuat hidup sehari-hari lebih baik”

5. Fly Emirates

Salah satu maskapai penerbangan yang menonjol dari para pesaingnya dan memiliki USP yang khas adalah Fly Emirates. Fly Emirates menjamin pengalaman terbang yang luar biasa mulai dari lepas landas hingga mendarat dengan biaya penerbangan yang sedikit lebih tinggi.

Fly Emirates sedang membangun armada Boeing 777 dan A380 terbesar dan tercanggih di dunia untuk mendukung komitmen ini. Sementara banyak maskapai memprioritaskan daya saing harga, Fly Emirates mengadopsi strategi khusus untuk membangun USP dan memupuk bisnis berulang.

6. The Economist

The Economist adalah merek yang menonjol dibandingkan para pesaingnya di antara berbagai situs web berita atau media dunia yang sekarang tersedia. Ini adalah hasil dari penambahan komponen storytelling oleh The Economist ke dalam liputannya tentang peristiwa-peristiwa global.

The Economist tak lupa memburu angle atau narasi yang menghibur untuk dibaca di saat media lain hanya berkonsentrasi memberitakan berita. Akibatnya, pembaca akan menemukan berita lebih menyenangkan. Nilai jual unik The Economist adalah caranya menceritakan berita.

Jasa SEO Banner

Demikian informasi seputar unique selling point dan fungsinya bagi bisnis Anda. Menambahkan unique selling point adalah solusi tepat untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Anda bisa mulai dengan merapikan tampilan desain website bisnis supaya pelanggan tertarik mengunjunginya. 

Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki keahlian khusus untuk mendesain dan mengerjakan website karena ToffeeDev siap membantu. ToffeeDev menyediakan jasa desain website Anda untuk membuatnya terlihat menarik dan user-friendly

Tidak hanya itu, ToffeeDev memiliki lebih banyak jasa yang bisa dipilih untuk memaksimalkan bisnis Anda. Hubungi Tim ToffeeDev sekarang juga dan mari tumbuhkan bisnis Anda bersama kami! 

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat