Video Advertising Adalah Cara Untuk Menarik Minat Banyak Orang

video advertising adalah

Audiovisual adalah salah satu bentuk medium penyampaian pesan yang mampu menarik perhatian banyak orang. Indra penglihatan dan juga pendengaran akan bisa terangsang melalui sajian video dan juga audio yang saling mendukung satu sama lain. Tidak heran jika hal ini digunakan para pemasar untuk mengiklankan bisnis atau produk mereka. Video advertising adalah salah satu taktik pemasaran yang mumpuni untuk bisa meraih perhatian masyarakat. Ini adalah media storytelling yang kuat dan menarik di mata pengguna. Mereka memiliki tingkat keberhasilan yang lebih menjanjikan dan dengan demikian akan menjadi investasi yang baik. Bahkan perkembangan teknologi berhasil membawa teknik ini menuju tingkat yang lebih tinggi. Tentu akan sangat merugikan jika Anda tidak memahami video advertising ini.

Video Advertising Adalah Hal yang Harus Anda Kuasai

pengertian video marketing adalah

Seiring berkembangnya teknologi, orang-orang disajikan dengan banyak cara baru untuk mengonsumsi konten. Video tampaknya menjadi salah satu format yang sangat berhasil melakukan hal ini, tentu saja tidak mengherankan di mana gaya hidup yang sibuk membuat waktu untuk bisa mencerna informasi dalam format yang gampang dan bisa dilakukan sambil bepergian menjadi primadona dibanding format yang berbentuk tulisan. Daya pikat video tidak dapat disangkal dan dengan demikian iklan yang berbentuk video adalah sebuah bentuk pemasaran yang akan menjadi sebuah bentuk investasi yang patut di coba.

Iklan video adalah proses menampilkan iklan dalam konten video yang akan diputar sebelum, selama atau setelah streaming video, yang dikenal sebagai pre-roll, mid-roll dan post-roll atau dalam bentuk iklan tersendiri. Sebagian besar iklan video dibeli, dijual, dan ditampilkan secara terprogram menggunakan berbagai metode targeting dan penambahan elemen interaktif. Salah satu hal yang menjadi kelebihan dari video advertising adalah kemudahan dalam proses targeting. Sama halnya dengan bentuk iklan online lainnya, Anda akan bisa dengan mudah menentukan siapa saja yang akan target audiens, mempelajari pola pencarian mereka, dan menentukan kapan waktu yang tepat untuk memberikan mereka iklan video Anda.

Macam-macam VIdeo Advertising

macam video marketing

Video advertising menawarkan para pemasar berbagai macam pilihan berbeda untuk digunakan. Proses penentuan bentuk iklan video ini akan bisa didapatkan melalui analisis terhadap kebutuhan pelanggan dan pendekatan seperti apa yang terbaik untuk pemasaran video Anda. Berbagai jenis video yang bisa Anda gunakan adalah:

1. In-stream Advertising

Ini adalah jenis iklan dalam bentuk video yang paling banyak digunakan. Bentuknya berupa sebuah video pendek berisi konten promosi yang muncul sebelum, selama, atau setelah konten video yang ingin ditonton. Contoh iklan in-stream adalah iklan yang muncul di platform seperti YouTube. Beberapa di antaranya bersifat interaktif yang bisa mendorong pemirsa untuk mengeklik tautan atau mengklaim tawaran.

2. Iklan Non-linier

Bentuk dari iklan ini yang diputar di luar video utama. Ketika pengguna mengkliknya, video yang sedang ditonton akan berhenti diputar, yang kemudian akan digantikan dengan video iklan yang bisa dilewati jika itu menjadi keinginan dari penonton.

Baca Juga: Tutorial Membuat SEO Video Marketing

3. Rewarded Ad

Iklan ini kebanyakan menargetkan para gamer yang akan memberi mereka insentif dan fasilitas khusus sebagai imbalan setelah menonton video iklan. Hadiah tersebut bisa berbentuk apa saja yang akan membantu mereka dalam memainkan permainan tersebut.

4. Native Autoplay Ad

Iklan ini akan diputar di akhir dari konten. Biasanya akan sangat relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna atau apa yang mereka lihat dari konten yang dinikmati.

5. Shoppable Video Ad

Iklan ini mendorong pemirsa untuk membeli produk tertentu. Setelah video iklan ini diputar, sebuah tautan akan muncul untuk mengarahkan penonton agar membeli produk yang diiklankan. Ini bisa terjadi pada aplikasi, media sosial, atau platform video online lainnya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memasang Iklan di Video Youtube

6. Native Video

Ini adalah jenis iklan video yang sangat canggih. Ini memberi para penontonya kesempatan untuk ikut serta dan memberikan masukan dalam pengalaman menonton sebuah iklan.

Jasa SEO

Platform Video Advertising

Ada berbagai platform yang bisa digunakan oleh para pemasar sebagai cara untuk menyampaikan iklan video mereka. Semua platform ini memiliki persyaratan teknis, best practice, dan persyaratan untuk penargetan yang berbeda. Para pemasar dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan produk dan target mereka. Beberapa platform tersebut adalah Google ads, Facebook ads, dan Instagram ads.

Tips Membuat Video Advertising

Untuk bisa menarik perhatian para penonton, sebuah video iklan harus unik dan dapat menyampaikan ide utamanya. Beberapa hal penting yang perlu diingat saat membuat iklan video online adalah:

  • Video iklan harus dioptimalkan untuk platform media sosial atau seluler
  • Beberapa detik pertama harus menarik bisa perhatian pengguna
  • Video harus pendek
  • Pastikan video iklan memiliki CTA (click through action) yang jelas dan spesifik
  • Video harus memiliki closed caption untuk mempermudah para penonton
  • Memiliki sudut storytelling akan bisa membantu video iklan Anda

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Lead melalui YouTube

Alasan Video Advertising Adalah Cara Beriklan yang Bagus

alasan video advertising adalah

Ada beberapa alasan yang menjadikan video adalah sebuah bentuk iklan yang sangat baik dan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memasarkan bisnis Anda. Alasan-alasan tersebut adalah seperti berikut ini.

1. Video dan Sosial Media yang Berkesinambungan

Dengan menjamurnya berbagai macam konten video di Media Sosial, Anda perlu memahami bahwa menggunakan iklan video di saluran ini akan bisa memberikan hasil yang sangat baik untuk mengoptimalkan jangkauan serta konversi.

2. Jangkauan dari Video Advertising

Dengan presentasi yang baik dan penargetan yang tepat, sebuah iklan berbentuk video akan dapat menjangkau lebih banyak orang yang sesuai dengan target audiens Anda. Alasan di balik tingginya popularitas dari iklan video sangat besar dikarenakan pasar konsumen, pengalaman yang mendalam, konten yang lebih dipersonalisasi, dan relevansi yang lebih baik.

3. Mendapatkan Peringkat Google Lebih Tinggi melalui Video

Selain kata kunci, ada banyak metrik lain yang bisa memengaruhi peringkat konten video yang lebih tinggi. Beberapa metrik yang mengoptimalkan peringkat konten video adalah keterlibatan pengguna, social sharing, interaksi pengguna, dan masih banyak lagi. Bahkan iklan video interaktif dapat memastikan keterlibatan yang lebih baik, membantu mengoptimalkan hasil yang bisa didapatkan dari iklan tersebut.

Baca Juga: Mengapa Evaluasi Itu Penting Dalam Bisnis?

Tren Terbaru Untuk Video Advertising

tren terbaru video advertising adalah

Karena iklan video semakin populer seiring berjalannya waktu, ada banyak muncul fitur baru dan berbeda yang membawa berbagai macam tren terbaru untuk menunjang hal ini. Beberapa bentuk tren tersebut adalah: 

1. Iklan Video yang Lebih Pendek

Iklan video yang memiliki durasi pendek adalah cara sempurna untuk mengatasi short attention span yang dimiliki banyak orang. Hal ini bisa menghadirkan tantangan bagi pemasar dan tim kreatif untuk menceritakan kisah brand mereka di bawah 15 detik sambil mengekstraksi respons yang tepat dari pemirsa dan menarik minatnya.

2. Iklan OTT

Over the top (OTT) adalah istilah untuk penyedia konten yang mendistribusikan media streaming melalui internet. Beriklan melalui platform ini membantu para pemasar dalam memanfaatkan penargetan, penyisipan iklan, dan analitik untuk membuat iklan yang lebih pendek dan lebih dipersonalisasi bagi pengguna.

Baca Juga: 8 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif

3. Mobile First Video Advertising

Perangkat mobile menjadi salah satu alat yang digemari banyak orang untuk mengakses berbagai macam konten dan informasi. Dengan demikian, semakin banyak iklan video yang ramah seluler akan bisa membantu untuk menjangkau lebih banyak pemirsa dan menarik perhatian mereka.

4. User Generated Content

Konten yang disajikan oleh para pengguna bisa menjadi sebuah cara untuk membangun sebuah hubungan dan interaksi yang baik dengan para calon pelanggan. Hubungan emosional juga akan bisa terjalin jika hal ini dilakukan dengan benar.

Baca Juga: Melihat Penggunaan Digital Marketing Di Indonesia

Bentuk Pemasaran Online Lainnya

Selain menggunakan video, ada banyak macam cara lainnya untuk bisa mengiklankan bisnis Anda. Beberapa di antaranya adalah:

 1. SEO

Jika Anda mencari sebuah cara untuk mempromosikan produk di dunia digital dengan biaya yang kecil, maka SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu strategi yang paling tepat untuk memulai kegiatan promosi dalam dunia digital. Strategi ini adalah sebuah metode yang dapat mendatangkan traffic organik dari mesin pencari tanpa biaya yang besar. Artinya orang-orang akan bisa mengenal produk Anda karena mereka memiliki minat pada niche yang Anda bangun. 

Hal tersebut akan bisa dicapai melalui kata kunci terkait dengan bisnis Anda. Mereka akan mencari informasi mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan produk Anda. Melalui optimasi SEO, Anda akan dapat terus mendatangkan calon pelanggan tanpa biaya yang besar karena mereka akan datang dengan sendirinya ketika menemukan bisnis Anda di halaman hasil pencarian dengan kata kunci tersebut. Untuk memulainya, Anda bisa membuat blog, mengoptimalkan halaman-halaman, beranda, dan konten lainnya untuk mendapatkan traffic organik yang berharga adalah langkah awal. 

Baca Juga: Apa Manfaat SEO On Page Dan SEO Off Page?

2. SEM/Google Adwords

SEM (Search Engine Marketing) adalah salah satu strategi pemasaran digital terbaik untuk mendapatkan hasil instan berupa pelanggan yang akan mencari kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda. Melalui iklan di mesin pencari, eksposur akan dengan cepat didapatkan. Bila dimanfaatkan dengan benar, maka hal ini bisa berbuah dengan peningkatan penjualan. 

Manfaat utama menggunakan SEM yang bisa dirasakan adalah hasil instan dari berbagai iklan yang dipasang, jangkauan kepada audiens target Anda yang sangat luas, ROI tinggi yang tinggi karena jika seseorang mengklik iklan saja maka Anda harus membayar. Namun hal ini juga bisa dimulai dengan anggaran yang kecil dan dapat dihentikan kapan saja. Lalu Anda juga akan memiliki data dan wawasan yang lengkap untuk meningkatkan kampanye SEM Anda dan strategi pemasaran lainnya.

Akan diperlukan keahlian tertentu untuk merancang kampanye sukses yang menghasilkan lebih banyak konversi daripada klik. Cocok sekali jika Anda sedang meluncurkan produk baru dari bisnis Anda. Orang-orang akan lebih mudah terekspos melalui cara promosi yang satu ini.

3. Email Marketing 

Sentuhan personal menjadi salah satu tema yang mulai trending di dunia pemasaran. Salah satu cara untuk bisa membuat sebuah elemen yang personal adalah melalui email marketing. Ini adalah salah satu teknik yang paling penting dan cukup hemat biaya. Pesan yang dikustomisasi dan terasa personal merupakan sebuah taktik yang disukai para pelanggan. Mereka akan bisa merasa terkoneksi dengan merek dan bisnis Anda, membangun sesuatu yang personal. Jika ingin mempromosikan produk sembari membangun hubungan dengan para pelanggan, maka ini adalah cara yang baik. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghasilkan email yang baik dalam strategi promosi melalui digital marketing yang satu ini:

  • Gunakan judul email yang menarik, untuk meningkatkan rasio orang dalam membuka email Anda.
  • Tulis email Anda dalam bahasa yang sederhana dan singkat.
  • Tulis konten menjadi paragraf-paragraf kecil. Gunakan subjudul dan poin agar dapat dibaca dengan mudah.
  • Jelaskan manfaat dari apa yang Anda tawarkan. 
  • Berikan penjelasan bagaimana itu dapat membantu mereka. Jangan mencoba menjualnya secara langsung.
  • Buat funnel untuk mendapatkan lebih banyak konversi.
  • Jangan mengirim terlalu banyak email. 2-3 email sudah cukup dalam seminggu.

Baca Juga: Inilah Berbagai Manfaat Email Marketing bagi Bisnis Anda

Itulah dia informasi mengenai video advertising yang bisa membantu Anda dalam memahami hal tersebut. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik untuk pemasaran bisnis Anda maka segera hubungi digital marketing agency ToffeeDev yang siap membawa bisnis Anda ke level selanjutnya menggunakan strategi promosi yang efektif. Kunjungi website kami untuk mendapatkan berbagai informasi berguna yang bermanfaat untuk bisnis Anda kedepannya.

Share this on :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat