Apa Itu Homepage: Fungsi dan Cara Membuatnya

apa itu homepage

Sebenarnya apa itu homepage? Istilah homepage seharusnya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Sesuai namanya, homepage terletak di beranda website yang berisikan ringkasan dari keseluruhan isi website sehingga pengunjung dapat langsung mengerti website apa yang sedang dikunjungi.

Penjelasan mengenai homepage ini penting untuk diketahui, karena dengan mengetahui penjelasan dan fungsinya Anda dapat memutuskan konten apa saja yang akan dimuat dalam sebuah homepage website

Apa Itu Homepage?

Homepage adalah halaman depan atau halaman utama sebuah website/aplikasi yang berisi rangkuman dari seluruh isi konten. Anda dapat lebih mudah untuk memahami jenis website apa yang sedang dikunjungi sebelum menjelajahi semua tab di dalamnya dengan adanya homepage.

Sebuah website tidak akan hidup tanpa adanya homepage, hal ini dikarenakan homepage merupakan halaman yang paling penting pada suatu website. Homepage akan di-index terlebih dahulu oleh search engine dan barulah halaman lainnya pada suatu wbeiste.

Biasanya, untuk membuka sebuah homepage pada suatu website hanya diperlukan domain utama tanpa ada URI/URL tambahan. URL yang digunakan untuk homepage adalah nama domain tingkat dasar dari suatu website. Misalnya, ketika Anda mengetik https://toffeedev.com/ di kotak pencarian Google, maka akan tertuju pada halaman utama milik ToffeeDev.

2 Fungsi Homepage Bagi Website Bisnis

Sebagai halaman yang paling penting pada website, homepage juga memiliki fungsi lain yang berguna bagi pemilik website bisnis. Berikut beberapa fungsi homepage yang perlu Anda ketahui:

1. Halaman Utama Website

Fungsi dari homepage adalah menjadi identitas website karena letaknya yang berada pada halaman pertama. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa homepage merupakan halaman utama dari sebuah website sehingga memudahkan alur navigasi ke halaman lain. 

2. Menampilkan Seluruh Isi Konten

Homepage juga berfungsi sebagai ringkasan dari halaman lainnya yang ada di dalam website. Sebelum menjelajah ke semua tab yang ada di dalam website, homepage biasanya merangkum dan memberi gambaran kepada pengunjung mengenai keseluruhan isi konten.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu AIDA Marketing

6 Cara Membuat Homepage yang Baik untuk Website Bisnis

Bagi pemilik bisnis tentunya ingin memiliki homepage atau halaman utama website yang menarik bagi bisnisnya. Hal ini berguna untuk membujuk para pelanggan supaya senantiasa nyaman dan berlama-lama  menjelajahi website bisnis Anda. 

Selain itu, homepage juga akan menetapkan kesan pertama pengunjung pada situs web dan merek bisnis yang dimiliki. Maka dari itu, homepage yang dibuat dalam website bisnis harus memberikan kesan yang bagus bagi pengunjungnya.

Berikut ini ToffeeDev rangkum 6 cara membuat homepage yang baik juga menarik untuk website bisnis Anda.

1. Tampilkan dengan Jelas Produk yang Ditawarkan

Gunakan visual dan teks yang menarik untuk memberi tahu pengunjung apa yang sedang ditawarkan pada homepage website. Meskipun sebuah homepage bisnis cenderung berfokus pada grafik daripada teks, keduanya sangat dibutuhkan dalam merencanakan tema pada homepage. 

2. Memakai Gambar High-Quality

Jangan pernah sekali pun menggunakan gambar dengan kualitas yang rendah atau gambar dengan copyright dalam website. Hal ini dapat menurunkan kualitas website bisnis Anda. Gunakanlah gambar original atau gambar high quality agar kualitas website Anda makin meningkat.

Pengunjung akan lebih menyukai gambar original dari suatu produk yang ditawarkan karena dapat membantu persona pembeli dengan membayangkan diri mereka ketika menggunakan produk Anda.

Menggunakan gambar original atau high quality tidak berlaku pada homepage saja, namun harus diaplikasikan dalam semua tab website.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 10 Cara Memasarkan Produk Melalui Media Sosial

3. Gunakan Warna yang Kontras di Kolom Tertentu

Warna yang kontras memungkinkan untuk menarik perhatian para pengunjung website. Misalnya, menggunakan warna yang kontras pada kolom formulir atau kolom ajakan supaya pengunjung website menaruh perhatian lebih pada kolom tersebut. Jadi, pengunjung akan segera menekan kolom tersebut dan membeli produk yang ditawarkan.

banner

4. Tambahkan Petunjuk Arah

Cara lainnya untuk menarik minat pengunjung adalah dengan petunjuk arah. Petunjuk arah seperti panah atau gambar seseorang yang melihat/menunjuk ke arah tertentu, membantu pengunjung untuk memahami alur website dari satu bagian ke bagian lain di homepage Anda.

Secara tidak langsung, penggunaan petunjuk arah ini dapat memandu para pengunjung agar mengikuti langkah-langkah proses penjualan produk Anda.

5. Lengkapi dengan Fitur Pencarian

Fitur pencarian sangat berguna bagi pengunjung untuk menemukan produk yang mereka cari di website dengan cepat, terutama jika website tersebut memuat banyak konten atau produk. 

Fitur ini tidak harus disimpan pada homepage website, tetapi fitur pencarian atau search bar merupakan ide yang bagus untuk dimiliki para pemilik website. Hal ini dikarenakan fitur pencarian dapat memberi wawasan pemiliknya mengenai apa yang sedang dicari pengunjung ketika mereka menjelajahi website.

Baca Juga: 7 Cara Menaikkan Engagement Instagram

6. Hindari Kalimat Panjang

Membatasi kalimat agar tetap pendek dan paragraf dibatasi maksimal dua atau tiga kalimat. Terlalu banyak kalimat membuat homepage terlihat berantakan dan tidak menarik. 

Jika ingin menarik perhatian pengunjung dengan konten Anda, maka gunakanlah teknik copywriting yang baik sehingga mendorong pengunjung untuk mengklik dan menjelajahi halaman Anda yang lain.

Nah, demikian penjelasan seputar pengertian, fungsi, dan cara membuat homepage website yang menarik guna meningkatkan penjualan dari bisnis yang sedang dijalani. Tidak heran, jika saat ini tak sedikit pelaku bisnis yang mulai memperhatikan bagaimana cara membuat homepage website mereka agar mendatangkan banyak pengguna.

Sebuah website akan merepresentasi bisnis Anda di dunia online. Maka dari itu Anda bisa mengandalkan ToffeeDev untuk memberikan layanan pembuatan desain website profesional, guna meningkatkan pengunjung untuk mengakses website bisnis Anda. Untuk mendapatkan informasi secara lebih lengkap dan jelas, Anda bisa menghubungi tim ToffeeDev sekarang juga.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat