Brainware Adalah : Definisi, Jenis, dan Contohnya

brainware adalah

Apakah Anda merupakan seorang brainware? Jika Anda masih bingung cara menentukan siapa orang yang patut disebut sebagai brainware maka tandanya informasi tentang istilah satu ini belum dipahami dengan baik. Sederhananya, brainware adalah seseorang yang mengoperasikan berbagai perangkat komputer. 

Keberadaan brainware menjadi cukup penting karena berfungsi untuk membantu berbagai macam pekerjaan. Dalam konteks perusahaan, brainware berguna untuk mendapatkan informasi penting yang bisa membantu pengambilan keputusan secara akurat. 

Kemudian bagi pemerintah dan institusi terkait, brainware bisa dimaksimalkan untuk menyelesaikan tugas yang berhubungan dengan teknologi. Ingin tahu lebih banyak? Coba pelajari brainware lebih lanjut di bawah ini. 

Apa itu Brainware?

Brainware adalah istilah yang merujuk pada sumber daya manusia yang terlibat dalam pengembangan, pengoperasian, dan pemeliharaan perangkat lunak (software) maupun keras (hardware). Dalam dunia teknologi informasi, brainware sangat penting untuk mendukung dan memastikan kelancaran operasi sistem informasi serta perangkat lunak. 

Keberadaan brainware juga sangat krusial dalam pengembangan teknologi informasi. Tanpa seorang brainware maka semua tugas merancang, mengembangkan, pengawasan, pengelolaan, serta penanganan masalah teknis jadi tidak bisa dilakukan. 

Coba bayangkan seberapa besar kerugian yang akan diterima perusahaan apabila setengah dari proses produksinya tidak berjalan. Bukankah penurunan produksi serta penjualan akan langsung bisa dirasakan?

Tanpa brainware yang terampil dan berpengetahuan maka pengembangan teknologi informasi akan sangat sulit dilakukan. Bukan hanya produktivitas atau penjualan yang menurun, tetapi juga keamanan bisnis perusahaan. Padahal adanya ancaman dari para hacker membuat perusahaan harus selalu berjaga-jaga mengamankan data mereka. 

Oleh karena itulah setiap perusahaan, pemerintah, dan juga organisasi harus memastikan bahwa mereka memiliki brainware yang terampil serta berkualitas demi kelancaran operasi teknologi informasi mereka.

Jenis dan Contoh Brainware

Ingat bahwa brainware bukan suatu program melainkan seseorang yang mengoperasikan suatu perangkat komputer. Itu berarti jenis-jenis brainware mengacu pada posisi yang berhubungan dengan perangkat komputer. Meski posisi alias profesi sebagai operator perangkat komputer sangat banyak, setidaknya ada 7 jenis yang paling umum ditemui saat ini. 

1. Pengembang Perangkat Lunak (Software)

Pengembang perangkat lunak merupakan seorang brainware yang bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara software. Namun pekerjaannya tidak bisa dilakukan oleh sembarang brainware

Hanya orang-orang yang memiliki kemampuan pemrograman dan pengetahuan tentang bahasa pemrograman lengkap saja yang bisa menyelesaikan semua tanggung jawab tersebut dengan baik. 

2. Administrator Sistem

Selanjutnya ada administrator sistem yang bertanggung jawab untuk mengelola dan memastikan sistem informasi berjalan dengan lancar. Dalam hal ini, pemahaman tentang sistem informasi yang baik akan sangat membantu untuk menyelesaikan pekerjaan. 

3. Administrator Jaringan

Administrator jaringan bertanggung jawab untuk mengelola jaringan komputer tempat dirinya bekerja. Para administrator jaringan harus memastikan bahwa keamanan jaringan yang dibutuhkan telah tersedia dengan baik. 

Semua celah keamanan yang memungkinkan hacker menyerang jaringan tersebut harus segera ditangani agar tidak ada data yang bocor. Tentunya hal itu hanya bisa dilakukan kalau brainware tersebut memiliki kemampuan yang mumpuni dalam jaringan komputer. 

Baca Juga: Wajib Tahu! 4 Tingkatan Brand Awareness dan Cara Mencapainya

4. Analis Bisnis

Seorang analis bisnis juga bisa termasuk sebagai brainware karena dirinya memiliki tugas untuk menganalisis kebutuhan bisnis sekaligus merancang solusi teknologi informasi yang memenuhi kebutuhan tersebut. Mereka harus memahami kebutuhan bisnis dan kemampuan teknologi informasi yang tersedia.

5. Quality Assurance

Selain harus mengoperasikan berbagai perangkat komputer dengan baik, brainware sebenarnya juga harus bisa memastikan perangkat lunak yang dibuatnya bekerja dengan baik. Tanggung jawab ini biasa ditangani oleh seorang brainware yang dinamakan quality assurance

Semua sistem software yang sudah dibuat harus diuji serta dicek apakah dapat berjalan dengan baik atau tidak. Biasanya sebelum digunakan secara umum, brainware jenis ini harus memastikan sistem berfungsi dengan baik sesuai standar yang telah ditetapkan. 

Baca Juga: Apa Itu Brand Awareness? Bagaimana Cara Meningkatkannya?

6. Database Administrator

Database administrator bertanggung jawab untuk merancang, mengelola, dan memelihara database di tempatnya bekerja. Mereka harus memiliki pengetahuan tentang database dari perangkat lunak yang digunakan serta memahami bagaimana cara kerjanya untuk memenuhi kebutuhan data dari perusahaan tempat orang tersebut bekerja.

7. Teknisi Komputer

Kemudian ada juga jenis brainware yang bertugas untuk memelihara seluruh perangkat keras yang digunakan dalam perusahaan. Apabila nantinya ada kerusakan maka brainware tersebut harus bisa memperbaiki perangkat keras agar bisa digunakan seperti semula. 

Brainware jenis ini biasa disebut sebagai seorang teknisi komputer yang memiliki kemampuan menyeluruh tentang hardware dan software komputer.

banner

Fungsi Brainware

Keberadaan brainware memiliki banyak fungsi penting dalam berbagai bidang industri yang ada. Pasalnya saat ini hampir semua industri sudah menggunakan teknologi untuk meningkatkan produktivitas sekaligus efisiensi kerja. 

Jadi tidak heran kalau brainware memiliki banyak fungsi yang sangat membantu pekerjaan berbagai industri. Cari tahu fungsinya lebih lanjut pada penjelasan berikut ini. 

1. Membuat dan Mengembangkan Solusi Teknologi Informasi

Brainware bertanggung jawab untuk membuat dan mengembangkan solusi teknologi informasi yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya. 

Jadi sistem atau software yang ada tidak hanya dibuat karena mereka ingin membuatnya, tetapi karena melihat kebutuhan serta masalah yang dihadapi oleh perusahaan. Setidaknya kemampuan dan pengetahuan teknis sudah harus mereka kuasai agar bisa menciptakan solusi yang tepat sasaran. 

2. Mengelola Sistem Informasi

Brainware juga sangat bertanggung jawab untuk mengelola sistem informasi perusahaan. Hal ini bukan hanya data dan sistemnya saja tetapi juga perangkat keras yang digunakan oleh perusahaan. Intinya semua hal yang berhubungan dengan teknologi informasi perlu dipastikan berfungsi sempurna agar operasional perusahaan tidak mengalami gangguan. 

3. Memastikan Keamanan Sistem

Keuntungan menaruh data secara online membuat pencuri tidak bisa membobolnya dengan mudah. Mereka tidak bisa mendobrak pintu atau membongkar atap. Namun hal ini tidak bisa membuat perusahaan lengah karena ada hacker yang berusaha membocorkan semua data perusahaan. 

Itu sebabnya brainware harus memastikan bahwa sistem informasi yang digunakan aman dari ancaman keamanan seperti virus, malware, dan serangan siber lainnya. Brainware harus memahami dan bisa menemukan kelemahan sistem agar nantinya tindakan yang tepat bisa diambil untuk melindungi sistem dari berbagai ancaman.

Baca Juga: Malware Adalah: Pengertian, Jenis, Dan Cara Mengatasinya

4. Menyediakan Dukungan Teknis

Selain itu brainware juga bertanggung jawab untuk memberikan dukungan teknis kepada pengguna sistem informasi dalam perusahaan. Jika ada perangkat keras yang bermasalah maka mereka harus bisa membantu memperbaikinya agar berfungsi kembali seperti sediakala. 

Maintenance maupun pembersihan sudah menjadi tugas yang harus dilakukan brainware dalam waktu cepat.

5. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Keberadaan brainware dengan keterampilan yang mumpuni pada akhirnya dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional dalam perusahaan. 

Mereka jadi bisa bekerja maksimal dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi dan memastikan bahwa sistem informasi berjalan dengan lancar. Apabila produktivitas ini dipertahankan dalam waktu yang panjang maka perusahaan dapat mengurangi biaya operasional dan meningkatkan penjualan.

Dari penjelasan di atas Anda tentu akan berakhir pada kesimpulan bahwa brainware adalah kemampuan seorang manusia dalam mengolah informasi dan menerapkan pengetahuan dalam menjalankan suatu tugas atau pekerjaan. 

Hal ini jelas sangat penting dalam membangun bisnis Anda bertahan dan berkembang. Bahkan pengetahuan luas yang dimiliki oleh seorang brainware dapat membawanya menciptakan berbagai sistem terbaru yang meningkatkan efisiensi operasional bisnis. Kalau dalam aspek pemasaran, keterampilan brainware sangat dibutuhkan untuk membuat website bisnis yang berkualitas. 

Jika Anda tidak memiliki brainware dengan keterampilan membuat website yang mumpuni maka menggunakan jasa eksternal bisa dijadikan pilihan. Contohnya seperti ToffeeDev yang menyediakan jasa pembuatan website profesional untuk membuat bisnis Anda diakui oleh target konsumen. 

Kalau belum cukup, ToffeeDev bahkan menawarkan berbagai jasa digital marketing seperti SEO, Ads, Market Intelligence dan masih banyak lagi untuk membantu bisnis Anda berkembang pesat.

Jika Anda bingung harus menggunakan jasa seperti apa maka konsultasikan saja dengan menghubungi ToffeeDev sekarang. Mari temukan solusi terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda bersama ToffeeDev!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top