CAPTCHA Adalah: Definisi, Jenis, dan Manfaatnya

CAPTCHA adalah

CAPTCHA adalah salah satu teknologi keamanan yang paling banyak digunakan di website dan platform online saat ini. Teknologi ini memiliki fungsi penting dalam melindungi situs atau aplikasi serangan program komputer atau bot, yang dapat mengakibatkan pencurian data dan informasi pengguna. 

Mungkin, bagi Anda CAPTCHA hanyalah sebuah alat verifikasi keamanan dalam bentuk angka atau huruf yang biasa saja dan tidak berpengaruh besar. Pada faktanya, seluruh transaksi pada sebuah situs maupun aplikasi tertentu justru menjadi lebih aman. Untuk itu, sebaiknya kenali lebih lanjut mengenai apa itu CAPTCHA dan fungsinya melalui artikel berikut ini.

Daftar Isi

Definisi CAPTCHA

Definisi CAPTCHA

Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart atau sering disebut dengan CAPTCHA adalah salah satu teknologi keamanan yang digunakan pada untuk membedakan antara pengguna manusia dengan program komputer atau bot. 

CAPTCHA terdiri dari sejumlah pertanyaan atau tugas yang harus diselesaikan oleh pengguna untuk membuktikan bahwa mereka adalah manusia yang sebenarnya. Karena tes ini biasanya terdiri dari tugas yang sulit untuk dikerjakan oleh program komputer atau bot, namun dapat diselesaikan dengan mudah oleh manusia.

Konfigurasi CAPTCHA sesuai dengan kebutuhan dan preferensi seperti jenis CAPTCHA yang digunakan dan pengaturan keamanan yang diinginkan. Terapkan CAPTCHA pada halaman yang ingin Anda lindungi dari serangan bot, seperti halaman login, formulir kontak, atau formulir pendaftaran. Uji CAPTCHA untuk memastikan bahwa itu berfungsi dengan benar dan tidak mengganggu pengalaman pengguna yang baik.

Jenis-Jenis CAPTCHA

Jenis-Jenis CAPTCHA

Saat mencoba login pada sebuah platform atau website, Anda mungkin telah menyadari keberadaan adanya tulisan “I’m not a robot” atau CAPTCHA dan akan segera menyelesaikannya. Namun, tahukan Anda bahwa sebenarnya CAPTCHA tidak terdiri dari 1 jenis saja? Mari bersama simak ulasan lengkap tentang jenis-jenis CAPTCHA berikut:

1. Text CAPTCHA

Text CAPTCHA atau biasa juga disebut dengan kode CAPTCHA merupakan jenis CAPTCHA yang paling sederhana dan paling sering digunakan. Jenis ini meminta pengguna untuk mengetikkan sejumlah karakter yang ditampilkan pada layar dan biasanya terdiri dari huruf dan angka acak, sehingga sulit dibaca oleh program komputer atau bot.

Namun, text CAPTCHA sering menjadi target program optik karakter (OCR) yang dapat membaca karakter yang ditampilkan pada layar. Oleh karena itu, text CAPTCHA sering disertai dengan variasi seperti pengaburan atau noise pada karakter yang ditampilkan untuk membuatnya lebih sulit untuk dibaca oleh program OCR.

2. Gambar CAPTCHA

Gambar CAPTCHA atau picture recognition captcha adalah jenis CAPTCHA yang menampilkan gambar atau grafis dan meminta pengguna untuk memilih gambar-gambar tertentu yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Misalnya, pengguna dapat diminta untuk memilih gambar yang menampilkan kendaraan atau bangunan tertentu.

3. Puzzle CAPTCHA

Puzzle CAPTCHA adalah jenis yang meminta pengguna untuk menyelesaikan teka-teki atau puzzle tertentu untuk membuktikan bahwa mereka adalah manusia yang sebenarnya. Contohnya adalah jquery slider captcha di mana Anda harus menggeser puzzle atau menghubungkan titik-titik tertentu dengan garis.

banner

4. Soal Perhitungan Matematika

Soal Perhitungan Matematika adalah jenis CAPTCHA yang meminta pengguna untuk menyelesaikan soal matematika sederhana seperti penjumlahan atau pengurangan, untuk membuktikan bahwa mereka adalah manusia. Jenis ini lebih mudah ditembus oleh program komputer atau bot, namun tetap berguna dalam mencegah akun palsu dan aktivitas spam.

Fungsi CAPTCHA

Fungsi CAPTCHA

CAPTCHA memiliki beberapa fungsi penting. Seperti CAPTCHA pada website memiliki fungsi dalam menjaga keamanan website dan platform online. Tak hanya sekadar menjaga website atau memastikan bahwa penggunanya adalah manusia, ada beberapa fungsi lain dari CAPTCHA. Berikut adalah informasi selengkapnya:

1. Mencegah Adanya Search Engine Bot

Search engine bot adalah program komputer yang digunakan oleh mesin pencari seperti Google untuk menjelajahi dan mengindeks website secara otomatis. Namun, beberapa Search Engine Bot dapat memasukkan informasi palsu atau merusak website dengan mengirimkan banyak permintaan ke server.

CAPTCHA dapat membantu mencegah search engine bot untuk mengakses website dan memastikan bahwa hanya pengguna manusia yang dapat mengaksesnya. Jadi, CAPTCHA membantu menjaga keamanan dan integritas website.

2. Menghindari Register Akun Palsu

Banyak website yang memerlukan pengguna untuk mendaftar sebelum dapat menggunakan layanan mereka. Namun, banyak pula bot yang digunakan untuk membuat akun palsu dengan tujuan komentar spam atau aktivitas jahat lainnya.

CAPTCHA pada halaman pendaftaran inilah yang membantu memastikan bahwa hanya pengguna manusia yang dapat membuat akun baru. Secara tidak langsung, CAPTCHA dapat memperkecil risiko terjadinya penyalahgunaan akun dan mencegah komentar spam.

3. Melindungi Alamat Email

Email adalah sarana komunikasi online yang paling umum digunakan oleh banyak orang. Namun, alamat email dapat menjadi target spam dengan mencoba untuk mengumpulkan alamat email secara otomatis.

CAPTCHA dapat membantu melindungi alamat email dari serangan spam dengan menampilkan CAPTCHA pada formulir kontak atau halaman pendaftaran email. CAPTCHA dapat memastikan bahwa hanya pengguna manusia yang dapat mengakses formulir kontak atau halaman pendaftaran tersebut.

4. Membuat Transaksi yang Lebih Aman

Transaksi online seperti pembelian barang atau jasa seringkali memerlukan pengisian data sensitif seperti nomor kartu kredit atau alamat pengiriman. Data sensitif tersebut dapat menjadi target program komputer untuk mencuri dan memanfaatkan informasi untuk hal-hal negatif.

Melalui CAPTCHA pada halaman pembayaran atau transaksi, website dapat memastikan bahwa hanya manusia yang dapat mengakses halaman tersebut dan seluruh transaksi akan tetap aman. Anda tak perlu takut lagi dengan adanya pencurian informasi.

Kesimpulan

CAPTCHA adalah teknologi keamanan yang penting dalam menjaga keamanan website dan platform online dari serangan program komputer atau bot. Selain fungsi-fungsi yang telah dijelaskan, CAPTCHA juga dapat membantu meningkatkan kualitas pengalaman pengguna. 

Melalui penerapan CAPTCHA pada halaman login atau pendaftaran, website dapat memastikan bahwa hanya pengguna manusia yang dapat mengaksesnya. Hal ini membantu mengurangi kemungkinan kesalahan saat pengisian data dan mempercepat proses.

Namun, penggunaan CAPTCHA juga dapat menjadi kendala bagi beberapa pengguna. Misalnya, pengguna yang memiliki masalah penglihatan atau kesulitan membaca teks mungkin kesulitan untuk menyelesaikan tugas CAPTCHA. Oleh karena itu, CAPTCHA juga harus dirancang dengan baik dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna agar tidak mengganggu.

Dalam era digital saat ini, keamanan online menjadi semakin penting. Melalui penggunaan CAPTCHA, website dan platform online dapat memastikan bahwa hanya pengguna manusia yang dapat mengaksesnya dan melindungi data sensitif pengguna dari serangan program komputer. Sebagai pengguna, Anda harus meluangkan waktu untuk menyelesaikan tugas CAPTCHA dengan benar agar dapat mengakses berbagai hal di internet dengan lebih aman dan terlindungi. 

Jika Anda tertarik untuk membuat website yang aman sebagai tempat transaksi dan media promosi, sebaiknya percayakan pada jasa pembuatan website profesional seperti ToffeeDev. Sebagai digital marketing agency yang ahli pada bidang optimalisasi website, ToffeeDev siap membantu menyukseskan bisnis Anda dengan desain website yang menarik. Jangan ragu untuk menghubungi ToffeeDev dan berkonsultasi tentang kebutuhan pemasaran Anda dengan tim ahli kami. Kembangkan pasar bisnis Anda dengan layanan digital marketing ToffeeDev sekarang juga.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat