Ketahui Cara Membuat Website Anda Mobile-Friendly

bagaimana cara membuat website mobile friendly dalam seo

Makin meningkatnya penggunaan perangkat mobile dalam akses internet, maka makin penting pula bagi setiap pemilik website untuk memastikan bahwa situs mereka dapat diakses dengan baik melalui perangkat mobile. Dalam konteks Search Engine Optimization (SEO), memiliki website yang mobile-friendly adalah faktor penting untuk meningkatkan peringkat dan visibilitas website.

Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan penjelasan mengenai bagaimana cara membuat website yang mobile-friendly dalam SEO. Mari kita mulai dengan memahami faktor apa saja yang dapat membuat website Anda mobile-friendly.

Faktor-Faktor Membuat Website Anda Mobile-Friendly

Dalam usaha untuk membuat website Anda mobile-friendly, ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Responsif terhadap Perangkat Mobile

Responsivitas website adalah faktor utama dalam membuatnya dapat diakses dengan baik melalui perangkat mobile. Responsivitas berarti desain website dapat menyesuaikan dengan berbagai ukuran layar, mulai dari perangkat mobile kecil hingga tablet dan layar desktop yang lebih besar. Dengan menggunakan teknik desain responsif, seperti grid, layout fluid, dan media query, elemen dan tata letak website dapat diatur agar secara otomatis menyesuaikan diri dengan ukuran layar yang digunakan oleh pengguna. Hal ini memastikan pengalaman pengguna yang optimal tanpa perlu melakukan zoom in atau zoom out pada konten.

2. Kecepatan Memuat Halaman

Kecepatan memuat halaman adalah faktor penting dalam mengoptimalkan website untuk perangkat mobile. Pengguna perangkat mobile seringkali memiliki koneksi internet yang lebih lambat daripada pengguna desktop, sehingga kecepatan memuat halaman yang cepat sangat dihargai. Untuk meningkatkan kecepatan memuat halaman, ada beberapa langkah yang dapat diambil, seperti mengoptimalkan ukuran gambar dengan kompresi file, meminimalkan permintaan HTTP dengan menggabungkan file CSS dan JavaScript, menggunakan cache browser untuk menyimpan data website, serta mempertimbangkan penggunaan teknologi seperti AMP (Accelerated Mobile Pages) untuk mempercepat proses memuat halaman pada perangkat mobile.

Baca Juga: 6 Langkah Cara Membuat Website di WordPress untuk Pemula

3. Navigasi dan Pengalaman Pengguna

Desain navigasi yang baik dan pengalaman pengguna yang intuitif sangat penting dalam membuat website mobile-friendly. Perhatikan penggunaan menu yang mudah diakses dan mudah dipahami oleh pengguna perangkat mobile. Pertimbangkan juga penggunaan ikon yang jelas dan mudah dikenali sebagai pengganti teks untuk mempercepat navigasi. Selain itu, pastikan elemen interaktif, seperti tombol dan tautan, memiliki ukuran yang cukup besar untuk memudahkan penggunaan dengan jari pada layar sentuh.

4. Konten yang Responsif

Selain tata letak dan elemen website, pastikan juga bahwa konten Anda responsif terhadap perangkat mobile. Hal ini berarti konten tetap mudah dibaca dan dimengerti pada layar yang lebih kecil. Pertimbangkan untuk menggunakan font yang cukup besar dan mudah dibaca, jaga kontras warna antara teks dan latar belakang agar tetap terbaca dengan jelas, serta perhatikan tata letak elemen seperti paragraf, daftar, dan gambar agar tetap terstruktur dengan baik pada perangkat mobile.

5. Peringkat SEO Mobile

Mesin pencari, seperti Google, juga memberikan peringkat yang lebih baik bagi website yang mobile-friendly. Dalam algoritma pencarian mereka, mereka mengutamakan website yang memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna perangkat mobile. Dengan membuat website mobile-friendly, Anda dapat meningkatkan peringkat SEO Anda, yang pada gilirannya akan meningkatkan visibilitas website Anda dalam hasil pencarian.

Teknik Optimasi Website Mobile-Friendly

Untuk membuat website yang mobile-friendly, ada beberapa teknik optimasi yang dapat Anda terapkan. Berikut ini adalah beberapa teknik yang dapat membantu Anda mengoptimalkan website pribadi untuk perangkat mobile.

1. Desain Responsif

Desain responsif adalah fondasi dalam membuat website Anda dapat menyesuaikan diri dengan berbagai ukuran layar perangkat mobile. Dengan menggunakan teknik seperti grid, layout fluid, dan media query, Anda dapat mengatur tata letak dan elemen website agar dapat beradaptasi secara otomatis dengan ukuran layar yang berbeda. Pastikan konten dan elemen website Anda tetap terlihat dan dapat diakses dengan baik tanpa perlu melakukan zoom in atau zoom out.

2. Penggunaan Font yang Sesuai

Pilihlah ukuran dan jenis font yang sesuai dengan perangkat mobile. Pastikan font yang Anda gunakan cukup besar untuk mudah dibaca pada layar kecil. Hindari penggunaan font yang rumit atau terlalu kecil sehingga sulit terbaca. Jaga juga kontras warna antara teks dan latar belakang agar konten tetap terbaca dengan jelas pada perangkat mobile.

3. Navigasi yang Mudah

Buatlah navigasi website Anda menjadi mudah dipahami dan digunakan pada perangkat mobile. Pertimbangkan penggunaan menu hamburger atau ikon navigasi yang dapat diakses dengan mudah. Pastikan tautan dan tombol navigasi memiliki ukuran yang cukup besar untuk memudahkan penggunaan dengan jari pada layar sentuh.

Baca Juga: Cara Membuat Website Gratis: Langkah Mudah untuk Pemula

4. Optimalisasi Gambar

Ukuran gambar yang besar dapat memperlambat waktu muat halaman pada perangkat mobile. Kompres gambar Anda agar ukurannya lebih kecil tanpa mengorbankan kualitas visual. Gunakan format gambar yang tepat seperti JPEG atau WebP, serta pertimbangkan penggunaan teknik lazy loading untuk memuat gambar hanya saat dibutuhkan.

5. Minimalisasi Permintaan HTTP

Setiap permintaan HTTP membutuhkan waktu untuk diunduh, sehingga meminimalkan jumlah permintaan dapat meningkatkan kecepatan memuat halaman pada perangkat mobile. Gabungkan dan minimalkan file CSS dan JavaScript, gunakan sprite gambar untuk menggabungkan beberapa gambar menjadi satu file, dan pertimbangkan penggunaan teknik kompresi seperti Zip untuk mengurangi ukuran file yang dikirimkan ke perangkat mobile.

6. Uji dan Tinjau

Selalu lakukan uji coba dan tinjauan pada perangkat mobile untuk memastikan bahwa website Anda berfungsi dengan baik dan memberikan pengalaman pengguna yang optimal. Uji tampilan, navigasi, dan fungsionalitas website Anda pada berbagai perangkat mobile untuk memastikan bahwa semuanya berjalan dengan baik.

banner

Alat untuk Memeriksa Kelayakan Mobile-Friendly

Untuk memastikan bahwa website Anda sudah memenuhi standar agar dapat disebut mobile-friendly, Anda dapat menggunakan berbagai alat yang tersedia untuk memeriksa kelayakannya, seperti:

1. Google Mobile-Friendly Test

Alat ini disediakan oleh Google dan memungkinkan Anda untuk memeriksa apakah website Anda dianggap mobile-friendly oleh mesin pencari. Anda hanya perlu memasukkan URL website Anda, dan alat ini akan menganalisis tampilan dan performa website pada perangkat mobile. Hasilnya akan memberikan informasi tentang apakah website Anda telah dioptimalkan dengan baik untuk perangkat mobile atau ada perbaikan yang perlu dilakukan. Jika ada masalah yang terdeteksi, alat ini juga akan memberikan rekomendasi untuk membantu Anda memperbaikinya.

Baca Juga: Berapa Harga Jasa Pembuatan Website untuk Memulai Bisnis?

2. Google PageSpeed Insights

Selain memberikan informasi tentang kecepatan memuat halaman, Google PageSpeed Insights juga memberikan laporan tentang kelayakan mobile-friendly dari website Anda. Setelah Anda memasukkan URL website Anda, alat ini akan menganalisis tampilan dan performa website pada perangkat mobile. Anda akan mendapatkan peringkat kelayakan mobile-friendly serta saran perbaikan yang spesifik untuk memperbaiki masalah yang teridentifikasi. Selain itu, alat ini juga memberikan informasi tentang kinerja website Anda secara keseluruhan, termasuk waktu muat halaman dan rekomendasi untuk meningkatkannya.. 

Apabila Anda ingin memiliki website yang mobile-friendly dan memiliki konten yang sesuai dengan kaidah SEO, langsung saja gunakan jasa Web Development dan SEO dari ToffeeDev. Jika Anda ingin bertanya-tanya atau melakukan konsultasi terlebih dahulu, silakan menghubungi kami di sini!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top