Network Adalah: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

network adalah

Network adalah suatu upaya untuk dapat terhubung ke perangkat komputer lain. Apa yang membuat setiap perangkat teknologi dapat terhubung satu sama lain? Hal ini dikarenakan adanya dukungan network atau jaringan. Pembangunan network memungkinkan pengguna menggunakan perangkat teknologi masing-masing, tetapi dapat bertukar informasi atau data secara mudah.

Pembangunan jaringan sendiri pun melibatkan banyak aspek mulai dari sumber daya yang digunakan, tipe jaringan, kebutuhan dan lain sebagainya. Mengingat peran pentingnya dalam mendukung operasional lancar, maka jaringan harus optimal. Yuk simak informasi lengkap mengenai network beserta fungsi dan contohnya di bawah ini.

apa itu network

Apa itu Network?

Jaringan atau network adalah kumpulan dari dua atau lebih komputer atau perangkat yang terhubung bersama-sama. Apa tujuannya? Sebagai sarana untuk para penggunanya berkomunikasi dan bertukar data. Jaringan sendiri dapat dibentuk menggunakan berbagai teknologi. Mulai dari pembuatan jaringan dengan kabel, nirkabel, atau infrastruktur Internet lainnya.

Jaringan biasanya memiliki jangkauan yang bermacam-macam.  Mulai dari mencakup area yang sangat kecil seperti jaringan lokal (LAN) di dalam sebuah gedung atau area yang sangat besar seperti jaringan global seperti Internet. Global network menggunakan internet sendiri mampu menghubungkan jutaan komputer dan perangkat di seluruh dunia.

Banner SEO - General 2

Fungsi dari Network

Dalam berbagai bidang kehidupan, network telah menjadi salah satu hal yang wajib ada. Tanpa jaringan ini, orang-orang akan kesulitan untuk terhubung satu sama lain. Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari network yang perlu Anda ketahui.

1. Komunikasi

Jaringan memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dan bertukar informasi antara satu sama lain. Kemudahan komunikasi ini juga tidak terhambat bahkan jika mereka berada di lokasi yang berbeda jauh. Pengguna dapat mengirim email, pesan instan atau melakukan panggilan video melalui jaringan.

2. Berbagi Sumber Daya

Fungsi selanjutnya dari network adalah memudahkan pengguna untuk berbagi sumber daya. Misalnya seperti printer, perangkat penyimpanan atau bahkan koneksi internet sekalipun. Dengan cara ini, pengguna tidak perlu membeli dan memelihara perangkat yang sama secara terpisah.

Baca Juga : 5 Fokus Area Untuk Tingkatkan Search Network Campaign 

3. Akses ke Aplikasi dan Layanan

Network juga berguna untuk memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi dan layanan. Umumnya, aplikasi atau layanan tersebut disediakan oleh server atau penyedia layanan cloud. Contoh aplikasi dan layanan yang dapat diakses melalui jaringan adalah email, penyimpanan cloud, dan perangkat lunak bisnis.

4. Peningkatan Produktivitas

Selanjutnya, jaringan berfungsi untuk meningkatkan produktivitas pengguna. Bagaimana caranya? Network memungkinkan para penggunanya untuk bekerja secara bersama-sama pada proyek atau tugas. Misalnya, beberapa pengguna dapat bekerja pada dokumen yang sama secara bersama-sama melalui jaringan.

Baca Juga : 5 Cara Memasarkan Produk Secara Online

5. Keamanan

Fungsi terakhir dari jaringan adalah menyediakan fitur keamanan seperti otentikasi pengguna dan enkripsi data. Ini membantu mencegah akses yang tidak sah ke data dan sumber daya jaringan.

Banner SEO - Ebook 2

Contoh-Contoh Network

Setelah memahami fungsi dari network, apakah satu jenis jaringan dapat memenuhi segala kebutuhan pengguna? Beberapa contoh network di bawah ini dapat memberikan Anda referensi terbaik sesuai kebutuhan.

1. Local Area Network (LAN)

Contoh pertama adalah jaringan yang terdiri dari beberapa komputer dan perangkat yang terhubung melalui kabel di dalam sebuah gedung. Network ini memiliki area jangkauan yang kecil. Contoh dari LAN adalah jaringan di dalam sebuah kantor atau rumah.

2. Wide Area Network (WAN)

Selanjutnya ada contoh jaringan dengan lingkup lebih luas yaitu WAN. Ini merupakan jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan LAN yang terhubung melalui koneksi internet. Contoh dari WAN adalah internet.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh tentang Bandwidth dan Pentingnya dalam Koneksi Internet

3. Wireless Network

Contoh network yang ketiga adalah jaringan yang terhubung tanpa kabel. Koneksinya menggunakan teknologi digital yang canggih seperti Wi-Fi atau Bluetooth. Contoh dari wireless network adalah jaringan Wi-Fi di sebuah kafe atau hotel.

4. Metropolitan Area Network (MAN)

Kemudian, ada juga jaringan yang biasa menjangkau wilayah kota atau daerah yaitu MAN. Ini jaringan yang mencakup wilayah geografis yang lebih luas dari LAN. Jaringan kabel fiber optik yang terpasang di dalam kota untuk menyediakan layanan internet ke seluruh kota merupakan salah satu contoh MAN.

5. Virtual Private Network (VPN)

Contoh network yang terakhir adalah VPN. Jaringan ini terhubung melalui koneksi internet, tetapi menggunakan enkripsi untuk keamanan dan privasi dalam berkomunikasi dan berbagi data. Tahu jaringan dalam perusahaan yang berguna untuk menghubungkan kantor-kantor mereka? Nah, itu adalah contoh dari VPN.

Banner SEO x CRO 2

Kesimpulan

Jaringan atau network merupakan salah satu hal penting yang wajib ada dalam bisnis. Menggunakan network dapat membantu kelancaran komunikasi, pertukaran data hingga meningkatkan produktivitas. Apabila menggunakan jenis network yang sesuai, maka manfaat pun dapat Anda rasakan lebih maksimal.

Itulah tadi informasi mengenai network yang perlu Anda ketahui. Pembangunan jaringan harus dilakukan dengan penuh hati-hati dan pertimbangan agar koneksi kedepannya lancar. Semakin baik jaringan yang dibangun, maka semakin terjamin pula kenyamanan dari para penggunanya.
Bisnis Anda sedang mengembangkan platform digital seperti web untuk media promosi? Yuk jangan ragu untuk menggunakan jasa web developer dari Toffeedev. Kami menyediakan berbagai layanan menarik mulai dari social media ads hingga artikel SEO. Segera hubungi kami, dapatkan solusi terbaik untuk pengembangan bisnis Anda.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat