Mengenal Lebih Jauh tentang Bandwidth dan Pentingnya dalam Koneksi Internet

bandwidth adalah

Apa yang membuat kecepatan internet setiap pengguna menjadi berbeda-beda? Selain alasan provider ataupun signal, faktor lainnya ternyata adalah bandwidth. Istilah dalam jaringan ini berkaitan dengan pengukuran koneksi internet. Bandwidth adalah salah satu hal yang perlu Anda perhatikan, yuk simak informasi lengkapnya lewat artikel yang satu ini.

Apa Pengertian Bandwidth?

Bandwidth merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam penggunaan internet. Kenyamanan akses internet, cepat atau lambatnya semua bergantung pada pengaturan bandwidth yang Anda gunakan. Biasanya setiap operator seluler juga sudah memiliki informasi bandwidth yang perlu Anda perhatikan. Lalu, apa yang dimaksud dengan bandwidth? Simak informasinya di bawah ini.

Apa yang Dimaksud dengan Bandwidth?

Anda pernah merasakan internet lemot? Salah satu penyebabnya mungkin adalah besaran bandwidth yang kurang sesuai dengan kebutuhan. Bandwidth sendiri dapat dikatakan sebagai ukuran kecepatan jaringan dari internet yang kita manfaatkan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan dua pengertian bandwidth yang perlu Anda ketahui.

a. Pengertian Bandwidth dalam Ilmu Komputer

Bandwidth adalah istilah yang sering digunakan dalam ilmu komputer. Hal ini tentunya karena kaitannya sangat erat dengan berbagai faktor di ilmu komputer. Lalu, apa pengertiannya? Bandwidth adalah gambaran kecepatan koneksi internet yang tertaut dengan jaringan.

b. Pengertian Bandwidth dalam Jaringan Komputer

Apa bedanya bandwidth dalam ilmu dan jaringan komputer? Meskipun memiliki konsep yang sama, bandwidth dalam jaringan komputer adalah pengukuran seberapa banyak data yang dapat ditransfer melalui jaringan dalam satu unit waktu. Tidak ada perbedaan yang terlalu menonjol, bandwidth baik dalam ilmu maupun jaringan komputer tetap berfokus pada kecepatan pertukaran data dan koneksi internet.

Baca Juga: Apa Itu Hosting dan Fungsinya dalam Pembuatan Website

2. Satuan Bandwidth

Kecepatan pertukaran data dalam jaringan biasanya akan dihitung menggunakan satu unit waktu. Untuk mempermudah pengukuran, satuan bandwidth menjadi salah satu hal yang perlu Anda ketahui. Berikut ini merupakan empat satuan bandwidth yang selama ini dipergunakan.

a. Bit per Second (bps)

Ini merupakan satuan ukuran untuk bandwidth yang menunjukkan jumlah bit yang dapat ditransfer melalui jaringan komputer dalam satu detik. Dalam pengukuran bandwidth, semakin besar nilai bps maka semakin cepat transfer data antar perangkat yang terhubung dalam jaringan.

Jika kita mengukur kecepatan internet dengan nilai 1 Mbps (megabit per detik), maka kecepatan pengiriman data tersebut sama dengan 1.000.000 bit per detik. Jadi, saat mengunduh file dengan ukuran 10 MB (megabyte) dari internet dengan kecepatan 1 Mbps, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan unduhan tersebut sekitar 80 detik.

Baca Juga: Apa Fokus Utama dari Content Marketing? Bagaimana Cara Menentukannya?

b. Kilobit per Second (Kbps)

Kemudian dilanjut dengan Kbps (kilobit per second), satuan ukuran untuk bandwidth yang menunjukkan jumlah kilobit (1.000 bit) yang dapat ditransfer melalui jaringan komputer dalam satu detik. Satuan Kbps sering digunakan untuk mengukur kecepatan internet atau transfer data dalam jaringan yang lebih lambat atau dengan bandwidth yang lebih rendah.

Contohnya, jika Anda memiliki koneksi internet dengan kecepatan 512 Kbps, maka membagi kecepatan transfer data maksimum yang dapat dicapai adalah 512.000 bit per detik atau setara dengan 64 kilobit per detik. Artinya, dalam satu detik, koneksi internet tersebut dapat mentransfer data sebanyak 64.000 bit.

Baca Juga: Kelebihan Digital Marketing Dibandingkan Traditional Marketing

c. Megabit per Second (Mbps)

Diatas Kbps ada Mbps (megabit per second), satuan ukuran bandwidth yang menunjukkan jumlah megabit (1.000.000 bit) yang dapat ditransfer melalui jaringan komputer dalam satu detik. Satuan Mbps umumnya digunakan untuk mengukur kecepatan internet atau transfer data dalam jaringan dengan bandwidth yang lebih tinggi.

d. Gigabit per Second (Gbps)

Terakhir, Gbps (gigabit per second) adalah satuan ukuran bandwidth terbesar. Ini menunjukkan jumlah gigabit (1.000.000.000 bit) yang dapat ditransfer melalui jaringan komputer dalam satu detik. Satuan Gbps umumnya digunakan untuk mengukur kecepatan pengiriman data dalam jaringan yang sangat cepat, seperti jaringan data pusat atau cloud computing.

Baca Juga: Kenapa Website Lambat? Ini Dia Penyebabnya

Mengapa Bandwidth Penting dalam Koneksi Internet?

Setelah mengetahui definisi dari bandwidth, apakah Anda sudah memahami kepentingannya dalam koneksi internet? Berikut ini merupakan beberapa alasan bandwidth menjadi hal yang penting diperhatikan dalam koneksi internet.

1. Memengaruhi Kecepatan Internet

Semakin tinggi bandwidth, semakin cepat juga kecepatan transfer data atau kecepatan internet yang bisa diperoleh. Nah, ini lah yang membuatnya sangat memengaruhi kecepatan internet. Apabila menggunakan internet untuk aktivitas berat tetapi menggunakan bandwidth rendah, maka koneksi internet pun menjadi lambat.

2. Memengaruhi Kualitas Video Streaming

Video streaming biasanya membutuhkan transfer data yang besar, sehingga memerlukan bandwidth yang tinggi. Ini sesuai dengan konsepnya yaitu semakin cepat data yang dapat ditransfer melalui jaringan maka semakin baik kualitas video yang bisa didapatkan.

Kualitas video streaming sendiri diukur dalam resolusi atau pixel dan bitrate. Resolusi tersebut menunjukkan menunjukkan berapa banyak bit data yang dikirimkan dalam satu detik untuk mempertahankan kualitas video tersebut. Semakin tinggi resolusi atau bitrate, semakin baik kualitas video yang bisa didapatkan.

Baca Juga: Bandwidth: Jenis, Contoh & Tips Mengoptimalkannya

3. Memengaruhi Performa Online Gaming

Dalam online gaming, delay atau lag adalah masalah yang paling umum terjadi dan dapat mengganggu performa gaming. Lag terjadi karena transfer data yang lambat atau delay dalam transmisi data. Semakin tinggi bandwidth, semakin sedikit kemungkinan delay atau lag yang terjadi karena data dapat ditransfer lebih cepat.

Apa Saja Fungsi Bandwidth?

Berbicara tentang fungsi bandwidth, penting untuk memahami beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Pertama, bandwidth berperan dalam membagi kecepatan transfer data di antara pengguna dalam satu jaringan. Ini membantu menjaga keadilan dalam akses internet dan mencegah perangkat tunggal menguasai sebagian besar bandwidth.

Selanjutnya, fungsi bandwidth juga dapat diibaratkan sebagai jalur transfer data. Analogi ini mirip dengan peran pipa air dalam mengalirkan air. Bandwidth menjadi penghubung antara perangkat-perangkat dalam jaringan, memungkinkan aliran data yang lancar.

Terakhir, bandwidth juga memiliki peran dalam mengatur jumlah data yang dapat ditransfer. Administrator jaringan memanfaatkan fungsi ini untuk menjaga kinerja optimal dengan menghindari trafik tinggi dalam jangka waktu yang panjang. Tindakan ini penting untuk menjaga stabilitas jaringan, karena kapasitas bandwidth dapat terpengaruh oleh trafik yang berlebihan.

banner

Jenis Bandwidth pada Komputer

Konsep bandwidth dalam konteks jaringan komputer merujuk pada kecepatan transfer data yang diukur dalam hitungan per detik. Biasanya, pengukuran dilakukan dalam satuan bits per second (bps). Sebagai contoh, jika menggunakan koneksi LAN atau Local Area Network, kecepatan pertukaran data serta pengiriman data bisa mencapai 100 mega bit per second. Semakin besar bandwidth pada VPS, maka semakin cepat pula pengiriman data yang mungkin untuk dilakukan.

Dalam dunia komputer sendiri terdapat jenis bandwidth. Berikut ini adalah jenis-jenis bandwidth:

1. Bandwidth Digital:

Bandwidth digital adalah satuan hitung dalam bentuk bit per second yang digunakan dalam jaringan untuk mengirimkan informasi digital. Metode ini dapat diterapkan melalui berbagai saluran komunikasi, baik menggunakan kabel atau teknologi nirkabel.

2. Bandwidth Analog:

Bandwidth analog memiliki fungsi serupa dengan bandwidth digital, namun perbedaannya terletak pada satuan hitung yang digunakan, yaitu Hertz (Hz).

Dengan memahami konsep dan jenis-jenis bandwidth ini, kita dapat lebih baik mengoptimalkan penggunaan dan efisiensi transfer data dalam berbagai jenis jaringan komputer.

Bagaimana Cara Meningkatkan Bandwidth?

Jika merasa kebutuhan akan internet, maka Anda perlu untuk meningkatkan bandwidth dalam jaringan. Terdapat beberapa cara di bawah ini yang dapat Anda coba untuk meningkatkan bandwidth.

1. Upgrade Paket Internet

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan upgrade paket internet. Biasanya, provider internet menyediakan beberapa paket dengan kapasitas bandwidth yang berbeda-beda. Dalam memilih paket internet, pastikan Anda memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

2. Gunakan Koneksi yang Lebih Baik

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan memiliki koneksi internet yang lebih baik. Koneksi internet yang baik dapat membantu meningkatkan kecepatan transfer data, yang pada gilirannya akan meningkatkan bandwidth yang tersedia. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan koneksi internet antara lain adalah menggunakan jaringan 4G atau 5G, router atau modem di lokasi strategis dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mengenal 5 Fungsi Bandwidth

3. Batasi Penggunaan Internet Lainnya

Meningkatkan bandwidth juga dapat dilakukan dengan membatasi penggunaan internet. Hal ini dilakukan agar sumber daya jaringan internet yang tersedia dapat didistribusikan secara lebih efektif. Jadi, nantinya dapat meningkatkan kecepatan transfer data dan meningkatkan bandwidth yang tersedia.

4. Matikan Aplikasi yang Menggunakan Banyak Bandwidth

Tips yang terakhir adalah mencoba untuk mematikan aplikasi yang membutuhkan banyak bandwidth. Aplikasi yang memerlukan banyak bandwidth dapat menghabiskan sumber daya jaringan internet yang terbatas. Hal ini berakibat memperlambat kecepatan transfer data dan menurunkan kualitas jaringan internet secara keseluruhan.

Nah, itulah tadi informasi lengkap mengenai bandwidth yang perlu Anda ketahui. Sebelum menentukan besaran bandwidth untuk internet Anda, pastikan telah melakukan survei mana yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda terlebih dahulu.

Butuh jasa pembuatan website profesional untuk bisnis Anda? Yuk percayakan saja pada Toffeedev. Kami menyediakan berbagai macam layanan menarik untuk kembangkan bisnis Anda. Tentunya semua dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Ingin tahu informasi lebih lengkap? Hubungi Toffeedev sekarang juga.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top