YouTube: Kini Hadirkan “Live Streaming” Video 360 Derajat

live streaming 360 youtube

Semakin hari, YouTube semakin menggencarkan serta menyempurnakan dirinya saja. Sejak bulan Maret tahun 2015 lalu, YouTube memungkinkan viewers-nya untuk menonton video dalam format 360-degree. Dimana, mereka (re: viewers) dapat melihat keseluruhan video dari berbagai sisi. Di tahun lalu pula, sudah banyak creator YouTube, dari mulai artis, atlit sampai brand, yang menggunakan metode ini dan ternyata responnya cukup baik.

Dan hari ini, tepatnya tanggal 19 April 2016, YouTube (dalam blognya) menyatakan bahwa video berformat 360 derajat tersebut dapat ditonton secara live streaming. Itu artinya, ketika YouTubers tengah membuat video, para penontonnya dapat melihat secara langsung dan real-time, tentunya. YouTube mengungkapkan, virtual reality dan video 360 derajat dapat membantu para viewers satu langkah lebih dekat berada di tempat yang sama dalam suatu situasi tertentu.

Sekarang, creators dapat mengajak fans mereka secara langsung ke dunia mereka dengan menggunakan 360-degree live streaming. “Dan setelah sekian lama, untuk pertama kalinya fans di seluruh dunia dapat menyaksikan Coachella secara langsung. Karena tahun ini YouTube menyiarkan langsung performa beberapa artis dalam format live streaming video 360 derajat”, ungkap YouTube dalam rilis onlinenya.

Para pengguna bisa menyaksikan format video terbaru ini hanya dengan menggunakan Google Cardboard, atau perangkat virtual reality yang kini sudah banyak di pasaran. Jika kamu tidak memiliki VR, kamu bisa menggunakan desktop atau smartphonemu (touch screen), dengan mengubah perspektifnya saja. Selain itu dalam blognya, YouTube juga mengatakan kalau terdapat fitur terbaru untuk format video ini yaitu “spatial audio”, dimana  viewers dapat mendengar suara dari berbagai sisi, tergantung dari perspektif visual yang sedang disaksikan.

source: YouTube Official’s Blog

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat