Untuk Design Website, Perlu Graphic Designer atau Web Designer?
Januari 26, 2015
Berapa Kata Kunci Dalam Satu Halaman Web?
Januari 28, 2015
Show all

Cara Beriklan Di Facebook

Facebook memiliki 1,35 Miliar pengguna aktif di seluruh dunia dimana 864 juta penggunanya aktif setiap hari. Ini membuat Facebook menjadi salah satu website yang paling sibuk di dunia.

Tetapi yang terpenting adalah, bagaimana anda sebagai pemilik bisnis menggunakan Facebook sebagai salah satu alat pemasaran untuk bisnis anda. Cara tercepat untuk berada di hadapan para pengguna Facebook adalah menggunakan Iklan.

Anda bisa membuat akun pengiklan di sini.

Sebelum memasang iklan, anda perlu mengetahui beberapa hal terlebih dahulu.

Ads Placement

Dimana iklan anda akan muncul? Iklan anda dapat muncul di beberapa tempat antara lain:

ads-facebook

Pada Mobile Newsfeed, Sebelah kanan pada desktop, dan dalam Newsfeed.

Khusus untuk Newsfeed, anda perlu menggunakan Facebook Page bisnis anda. Apabila anda belum memiliki Facebook page, anda bisa membuatnya di sini.

Siapa yang anda tergetkan

Sebelum memasang iklan, anda perlu mengetahui siapa target audience anda. Saat ini Facebook adalah alat periklanan yang paling advance untuk penargetan.

Facebook memungkinkan anda memilih audience berdasarkan lokasi, umur, gender hingga status sosial (menikah, single, cerai, dsb). Namun tidak hanya itu saja, anda juga bisa menargetkan berdasarkan kesukaan, ketertarikan terhadap suatu hal, kebiasaan, dsb.

Anda perlu dengan seksama memastikan target pasar anda. Siapa mereka, bagaimana kebiasaan mereka dalam menggunakan facebook, apa yang menarik untuk mereka, dsb. Semakin lengkap informasi yang anda miliki, semakin besar kemungkinan iklan anda berhasil.

Tujuan Iklan

Apa tujuan anda memasang iklan? Membangun database, penjualan, atau memasarkan sebuah acara. Anda bisa memiliki tujuan spesifik dalam hal ini. Bahkan Facebook sudah membantu anda merencanakan tujuan dari iklan yang anda buat.

Berikut adalah Tujuan iklan yang bisa anda targetkan untuk memasarkan melalui Facebook.

facebook-ads-objective

 

Biaya Iklan

Fasilitas ini tidak gratis. Namun dapat di katakan bahwa ini efektif. Secara garis besar, Facebook menerapkan model CPA (Cost Per Aquisition). Anda hanya membayar apabila tujuan anda tercapai.

Tujuan di tentukan dari tujuan iklan yang di bahas sebelumnya. Tujuan ini bisa saja jumlah Like dari facebook page, berapa kali video anda di lihat, claim offer, dsb.

Selain itu anda bisa membatasi budget yang keluar berdasarkan budget harian atau budget secara keseluruhan. Semuanya ini bisa di atur saat anda mengatur iklan yang anda buat.


Jangan beriklan sebelum anda yakin apa yang akan anda lakukan. Sama seperti Google AdWords, anda perlu mengerti bagaimana membuat iklan yang efektif untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Hal terbaik yang bisa anda lakukan sebelum beriklan adalah mempelajari bagaimana mesin iklan ini bekerja atau meminta bantuan professional untuk melakukan pekerjaan ini untuk anda.

Apabila anda membutuhkan bantuan dalam hal ini, anda dapat menghubungi kami.

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

8 Comments

  1. ambar berkata:

    kalo ngecek iklan yang aktif di fb bagaimana yah? agar kita tau iklan sudah aktif atau belum, makasih infonya.. 🙂

  2. Black berkata:

    Terimaksih mas info’a..jadi bisa sedik ngerti buat iklan di facebook..

  3. grosirbros berkata:

    terima kasih banyak buat postingannya, saya jadi tau manfaat facebook untuk meningkatkan income..

  4. ahmad berkata:

    terima kasih sudah share ilmunya, thanks

  5. Ummi berkata:

    Terimakasih atas informasinya semoga setiap postingan menjadi hal yang bermanfaat untuk setiap orang, salam sukses.

  6. KAOS FULL PRINT berkata:

    Terimakasih banyak atas informasi dan tips yang telah diberikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *