Penggunaan Google My Business
Pengertian, Manfaat, dan Cara Daftar Google My Business
Juni 19, 2020
Manfaat Video Marketing
Pentingnya Video Marketing Dalam New Normal
Juni 19, 2020
Show all

Cara dan Fungsi dari Clear Cache Browser

Pentingnya Clear Cache Browser

Pentingnya Clear Cache Browser

Aktivitas berselancar di internet menjadi aktivitas yang banyak dilakukan oleh hampir semua orang. Khususnya bagi yang sudah mengenal internet dan merasakan manfaat dari keberadaannya. Untuk bisa mengakses internet di dalam perangkat yang digunakan (bisa dalam bentuk smartphone hingga laptop) dibutuhkan yang namanya browser. Browser mempermudah Anda dalam berselancar di internet tanpa perlu merasa kebingungan. Untuk bisa bekerja maksimal, dalam browser terdapat beberapa fitur penting yang harus digunakan, salah satunya adalah clear cache.

Sebelum membahas lebih dalam tentang clear cache, mari mengenal cache terlebih dahulu. Sebenarnya apa itu cache? Cache adalah sebuah tempat penyimpanan untuk file-file yang ada di dalam website. Ya, untuk bisa membuka website secara sempurna, maka browser Anda perlu mengunduh beberapa files yang ada di dalamnya. Dimulai dari HTML, CSS style sheets, JavaScript, gambar, video, dan lainnya.

Dengan adanya cache, Anda bisa lebih mudah membuka sebuah website. Mengapa bisa begitu? Karena dengan sudah tersimpannya files penting di dalam browser Anda, maka Anda tidak perlu lagi menunggu lama ketika browser mengunduh files tersebut. Apalagi tidak dapat dipungkiri, kualitas internet di Indonesia belum termasuk maksimal. Jadi dengan adanya cache, maka yang memiliki kecepatan internet rendah pun tetap bisa membuka website dengan lebih cepat. Inilah mengapa keberadaan cache itu penting dan wajib ada.

Namun dalam kondisi tertentu, Anda juga harus melakukan clear cache. Alasan utama dari clear cache adalah agar perangkat yang Anda gunakan untuk membuka internet tidak menyimpan ukuran files yang terlalu besar. Memang hal ini perlu dilakukan secara berkala karena banyak masalah yang bisa didapatkan ketika tidak melakukannya.

Selain itu masih ada beberapa fungsi utama dari clear cache itu sendiri. Apa saja fungsinya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Fungsi Utama Clear Cache

Dengan melakukan hal ini, ada beberapa fungsi yang bisa Anda dapatkan. Dimulai dari:

  • Perangkat Anda akan menjadi lemot ketika tidak menghapus cache yang sudah tersimpan lama. Untuk bisa menjadi tidak lemot lagi, maka Anda perlu menghapus cache. Jadinya dari segi kapasitas memori, bisa kembali besar dan membuat perangkat bisa bekerja dengan maksimal.
  • Jika Anda sering membuka internet di smartphone, membersihkan cache akan membuat smartphone menjadi lebih cepat bekerja. Khususnya bagi smartphone yang memiliki spesifikasi rendah, dari processor hingga RAM.
  • Baterai perangkat yang digunakan untuk membuka internet, khususnya smartphone, bisa lebih cepat boros. Maka dari itu, mulai sekarang wajib sekali melakukan penghapusan cache agar terhindar dari masalah ini.

Cara Clear Cache

Untuk cara menghapus cache, Anda bisa menemukannya di bagian Settings dari browser yang digunakan. Anda juga bisa menggunakan fitur search dalam Settings agar bisa segera menghapus cache yang sudah terlalu lama berada di dalam browser. Sebenarnya Anda bisa menghapus cache tidak hanya di browser saja, tetapi juga di aplikasi yang membutuhkan internet. Jadi nantinya perangkat Anda bisa bekerja lebih maksimal lagi.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Cache Dalam Browser Anda

Itulah cara dan fungsi dari clear cache. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel yang membahas cache ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *