Sifat Pemasaran Sosial Media
5 Sifat Pemasaran Sosial Media yang Perlu Diketahui
Mei 12, 2020
Kesalahan Pemasaran Online
Kesalahan Pemasaran Online yang Harus Dihindari
Mei 12, 2020
Show all

Bagaimana Cara Kerja Marketing Online?

Cara Kerja Marketing Online

Cara Kerja Marketing Online

Dengan kemajuan zaman, semuanya bisa dilakukan serba online. Termasuk dalam marketing online. Banyak bisnis yang malah merasakan manfaat yang jauh lebih besar dari marketing online dibandingkan marketing gaya konvensional. Namun untuk bisa melakukan hal ini, Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai cara kerja marketing online.

Banyak orang yang merasa bahwa asalkan mereka bisa berjualan secara online, maka mereka bisa melakukan marketing online. Anggapan itu tentu saja salah. Ada beberapa cara kerja marketing online yang harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum mempraktikkannya.  Anda juga perlu tahu keuntungan apa saja yang bisa didapatkan dari sana.

Ingin tahu cara kerja yang benar dari marketing online? Teknologi apa saja yang bisa dimanfaatkan dari hal ini? Untuk tahu jawabannya, simak penjelasan lengkap dan rinci di bawah ini.

Tentukan Target Pasar Anda

Sebelum masuk ke dalam praktik dengan menggunakan beberapa teknologi yang tersedia, Anda harus menentukan target pasar dari bisnis online yang dijalankan. Apapun produk atau jasa yang Anda jual, sudah pasti memiliki target pasar tersendiri. Selain itu, target pasar yang ingin dicapai juga memiliki perbedaan antar perusahaan. Jadi Anda jangan sampai mengikuti bisnis lainnya yang sudah memiliki target pasar sendiri, kecuali memang memiliki produk yang hampir sama.

Untuk menentukan target pasar, Anda harus tahu siapa saja yang menggunakan produk Anda. Harga yang dipatok pun juga menjadi pertimbangan dari menentukan target pasar yang ada. Dari sana, baru bisa ditarik kesimpulan bagaimana target pasar Anda nantinya.

Pasang Iklan Online

Jika sudah berhasil menentukan target pasar Anda, saatnya masuk ke dalam praktik yang lebih fokus menggunakan tools. Demi bisa meraih target pasar yang dituju, Anda bisa memasang iklan online. Ya, memasang online menjadi relevan pada hari ini karena semakin banyak orang yang menggunakan internet dalam aktivitas sehari-hari.

Ada beberapa platform pemasangan iklan online yang bisa Anda pakai. Dimulai dari Google Ads, Facebook Ads, hingga Instagram Ads. Bahkan dalam pengaturan iklan tersebut, Anda bisa memasukkan demografi, usia, lokasi, minat, perilaku hingga pertemanan yang mereka miliki di dalam media sosial tersebut. Kemudahan yang ditawarkan oleh masing-masing platform iklan online memang harus Anda manfaatkan sejak dini. Dari segi biaya pemasangan iklan online juga tidak terlalu memakan biaya besar, tapi manfaatnya sangat besar untuk marketing online Anda.

Optimasi SEO

Untuk bisa lebih optimal lagi dalam marketing online, Anda juga harus melakukan optimasi SEO (Search Engine Optimization). Untuk bisa mendapatkan optimasi yang baik, Anda harus memiliki website bisnis terlebih dahulu. Lalu barulah setiap halaman website bisa dioptimasi menggunakan keyword yang sesuai bisnis Anda. Selain itu, pembuatan konten yang berkualitas juga mempengaruhi SEO yang dijalankan.

Hasilnya adalah halaman website Anda bisa masuk ke halaman pertama mesin pencari Google. Akhirnya trafik pengunjung website mulai naik secara perlahan-lahan. Inilah yang membuat brand awareness semakin naik. Ujung-ujungnya penjualan pun juga bisa naik.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan SEO untuk marketing online, ToffeeDev menyediakan Jasa SEO. Kami siap memberikan solusi bisnis kepada Anda melalui strategi SEO yang sesuai. Hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut.

Baca Juga: 5 Sifat Pemasaran Sosial Media yang Perlu Diketahui

Itulah penjelasan cara kerja marketing online yang sudah harus Anda terapkan segera. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *