Google Trends Adalah Inovasi Google
Mengenal Seluk Beluk Google Trends yang Berguna
Mei 8, 2020
Membawa Bisnis Offline ke Online
Pentingnya Membawa Bisnis Offline Ke Online
Mei 11, 2020
Show all

5 Cara Membuat Podcast yang Menarik Untuk Didengar

5 Cara Membuat Podcast Menarik

5 Cara Membuat Podcast Menarik

Kalau membahas apa yang sedang naik daun pada hari ini, maka salah satunya adalah membuat podcast. Hampir semua orang yang tahu tentang podcast selalu mendengarkan podcast andalan mereka setiap waktunya. Selain itu, banyak juga yang memilih untuk membuat podcast sendiri. Tentu saja itu adalah pertanda yang bagus karena semakin banyak podcast yang tersedia, maka semakin banyak juga pilihan podcast untuk didengarkan. Namun tidak dapat dipungkiri, masih banyak yang belum tahu cara membuat podcast menarik.

Memang ada kumpulan pembuat podcast yang sejak awal tahu bagaimana membuat podcast dengan menarik. Namun dari sekian banyak orang itu, pasti masih ada saja yang meraba-raba terkait cara membuat podcast menarik.

Jika memang Anda ingin membuat podcast namun belum tahu tips dan triknya, kami telah menyediakannya untuk Anda. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Tentukan Tema yang Ingin Dibahas

Untuk langkah pertama yang harus dilakukan, tentunya Anda harus tahu tema apa yang ingin dibahas. Biasanya para podcast yang sudah terkenal memiliki satu tema atau topik besar yang menjadi ciri khas dari mereka. Ada yang fokus dengan dunia olahraga, ada yang fokus dengan dunia entertainment, dan ada yang fokus membahas dunia bisnis hingga marketing.

Jika memang Anda ingin podcast yang dijalankan dikenal karena satu tema besar, maka tentukan sejak awal. Jangan sampai podcast yang Anda buat tidak memiliki tema utama. Akhirnya malah terlihat tema yang dibahas tidak bisa konsisten karena memiliki dunia yang berbeda-beda. Hindarilah hal itu.

Cari Informasi Sedalam-dalamnya

Selain harus menentukan tema yang ingin dibahas, Anda juga harus mencari informasi sedalam-dalamnya. Jangan sampai Anda terdengar asbun atau menjual omong kosong saja di dalam podcast tersebut. Dengan mendalami informasi yang ada, maka Anda bisa menguasai materi dengan lebih baik dan mampu memberikan barisan informasi yang berguna bagi para pendengar podcast.

Bisa Mengundang Narasumber

Kalau Anda ingin lebih mudah menarik pendengar baru, maka bisa juga mengundang narasumber. Jangan hanya Anda sendiri saja setiap episode dari podcast tersebut. Maka akan terdengar membosankan. Narasumber yang Anda undang pun juga harus memiliki ilmu yang mendalam terkait tema yang diangkat. Dengan begitu, maka isi podcast Anda menjadi lebih menarik dan berbobot.

Cobalah Ikuti Tren

Memang tidak dapat dipungkiri, mengikuti tren adalah salah satu cara membuat podcast menarik. Dengan Anda menyinggung hal-hal atau informasi yang sedang ramai di tengah masyarakat di dalam podcast, maka itu menjadi lebih menarik lagi. Untuk bisa menyambungkan tren yang ada dengan tema besar yang Anda miliki, tinggal seberapa pintar Anda mampu memasukkannya. Ingat, jangan sampai memiliki kesan memaksakan dalam mengikuti tren. Itu akan terdengar buruk.

Sisipkan Humor Dalam Podcast

Cara membuat podcast menarik yang terakhir adalah jangan melupakan humor di dalam podcast Anda. Kalau podcast Anda terlalu serius, maka itu akan terdengar membosankan. Padahal di tengah-tengah perbincangan, seharusnya ada humor yang bisa membuat pendengar merasa lebih santai ketika mendengarkannya. Namun untuk memasukkan humor dalam podcast memang tidak bisa dilakukan semua orang. Ada pembuat podcast yang memang awalnya sudah bisa melucu, namun ada yang memang belum lihai dalam melakukan hal itu. Latih terus diri Anda agar bisa membawa sisi humor yang segar di dalam setiap episode podcast.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Podcast di Spotify Untuk Anda

Itulah lima cara membuat podcast menarik yang bisa Anda terapkan mulai hari ini. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *