domain authority
Ketahui 4 Fakta di Balik Domain Authority Website
Oktober 15, 2020
Mengapa Strategi SEO Gagal
4 Penyebab Utama Mengapa Strategi SEO Gagal
Oktober 19, 2020
Show all

Cara Mengukur Share of Voice Dalam Digital Marketing

Mengukur Share of Voice

Mengukur Share of Voice adalah cara terbaik untuk memahami bagaimana upaya pemasaran Anda membuahkan hasil. Tetapi Anda juga dapat menggunakan insight ini untuk meningkatkan strategi Anda dan untung lebih banyak!

Apa itu Share of Voice (SoV)?

Share of Voice terkadang disebut sebagai pangsa pasar, yang berarti ruang yang Anda miliki di pasar Anda dibandingkan dengan kompetitor. Secara khusus, SoV menghitung efisiensi pemasaran Anda dan mengungkapkan visibilitas Anda secara online.

Calculating Share of Voice

Seiring berkembangnya digital marketing, demikian pula metrik yang perlu kita pertimbangkan untuk menentukan SoV online yang sebenarnya.

Persamaan yang disederhanakan untuk menghitung SoV adalah: Iklan brand Anda / Total iklan pasar = Pangsa Suara

Kabar baiknya adalah dengan semua alat analitik yang sekarang kami miliki, mau gratis dan sebaliknya, kami memiliki banyak data akurat untuk digunakan.

Share of Voice: Media Sosial

Share Anda di media sosial mengharuskan Anda untuk melihat brand mentions milik Anda di seluruh platform sosial. Pendekatan ini berfokus kepada pelanggan karena semua data Anda berasal langsung dari audiens Anda.

Untuk menghitung SoV sosial, Anda harus mampu melacak brand atau product mentions selama jangka waktu tertentu. Tool seperti Brandwatch, platform listening social, memungkinkan Anda melacak brand mentions Anda dan kompetitor.

sov restaurant
Share Of Voice Restaurant

Setelah Anda memiliki mentions milik sendiri dan kompetitor, segera lakukan pembagian brand mentions Anda dengan mentions total (yaitu gabungan Anda dan kompetitor) dan x100 untuk mendapatkan persentase SoV. 

Example

mcd

(McDonalds brand mentions / Total fast food brand mention) x 100 = McDonald social SoV

(20,000 / 100,000) x 100 = 20%

Share of Voice: PPC

Pay Per Click SoV dapat ditemukan menggunakan data Google Adwords Anda.

Saat melihat tab campaign Anda, tambahkan kolom ‘search impression share’ dengan memilih untuk mengubah kolom dan membuka tarik-turun metrik competitive.. 

ezgif.com video to gif

Ini memberikan persentase frekuensi kemunculan iklan Anda kepada pengguna dibandingkan dengan potensi frekuensi iklan tersebut dapat ditampilkan.

Anda berpotensi dapat meningkatkan pangsa iklan Anda dengan membelanjakan lebih banyak – namun jika Anda melakukan bid secara taktis menggunakan data penelusuran dan OVS, Anda dapat meningkatkan share Anda di keyword yang tepat yang belum mendapatkan rangking secara organik untuk meningkatkan efisiensi spend dan menghindari share yang overlap.

Share of Voice: SEO (organic search)

SoV Anda untuk organic search menyangkut visibilitas Anda dalam hasil mesin pencari untuk keyword yang relevan.

Rangking yang baik untuk keyword ini berarti Anda memiliki SEO yang kuat serta visibilitas yang baik. Semakin banyak visibilitas yang dimiliki, semakin besar kemungkinan untuk mengumpulkan traffic ke situs Anda.

Menghitung organic search SoV bisa jadi rumit dan sebagian besar perusahaan memilih untuk menggunakan tool seperti Pi’s Market Intelligence report. Laporan ini mencakup SoV / pangsa nilai global dan historis, memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi peluang di pasar Anda dan mengukur performa saat ini.

Bagan Share of Voice menunjukkan cuplikan paling terbaru dari 30 situs teratas dalam pasar Anda.

Share of Voice: Homeware sector

EV image blog template 1

Anda juga dapat menelusuri kategori keyword untuk tampilan yang lebih fokus.

Grafik Share of Voice sepanjang waktu menampilkan 12 situs teratas dari bagan Share of Voice. Ini memberi Anda insight tentang kinerja dari waktu ke waktu, tren musiman, dan analisis market-level.

Share of Voice overtime: Homeware sector

EV image blog template

Menggunakan tool Share of Voice tidak hanya menunjukkan persentase SoV untuk situs Anda sendiri, tetapi juga cocok untuk analisis kompetitor. Ini menunjukkan SoV kompetitor Anda di semua search term categories Anda. 

Menghitung Share of Voice SEO tanpa tool perusahaan

Menemukan SoV Anda tanpa tool perusahaan adalah tugas yang cukup melelahkan dan akurasinya juga tidak bagus; menggunakan tool gratis hanya menyediakan data terbatas. Google Search Console, misalnya, hanya menyediakan data halaman 1 dan Anda tidak dapat memilih fokus keyword Anda. Jadi, Anda tidak tahu tentang peringkat Anda di luar halaman 1 atau apakah datanya sangat relevan – pada dasarnya Anda mendapatkan apa yang diberikan.

Selain itu, karena search volume (dan terkadang performa Anda) dapat berfluktuasi, penghitungan manual Anda mungkin kedaluwarsa setelah sekitar satu bulan, yang berarti Anda harus menjalankan penghitungan cukup sering.. 

Pentingnya Share of Voice

Menghitung Share of Voice di seluruh saluran digital marketing akan memberi Anda gambaran yang jelas tentang kompetitor; mungkin ada beberapa yang tidak berfokus pada SEO, atau memiliki sedikit keterlibatan dalam media sosial. Anda juga dapat menemukan kompetitor yang tidak Anda ketahui ada atau berada di pasar Anda, serta topik yang tidak pernah Anda ketahui dan miliki.

Dengan informasi ini, Anda akan memahami di mana persaingan berada dan ancaman apa yang mungkin ditimbulkannya, serta peluang baru yang mungkin dibawa oleh kompetisi; dari PR hingga kemitraan. Insight ini bahkan dapat mengarahkan Anda untuk menggunakan strategi yang lebih cerdas dengan fokus dan saluran yang berbeda.

Sumber : Pi-Datemetrcis/measure-share-of-voice-marketing

Habiburachman
Habiburachman
Digital Marketing - Providing best practice to your business

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *