Pengaruh SSL Terhadap Organic Ranking di Google
September 15, 2016
4 Langkah Menciptakan Jalur Online Untuk Pembelian
September 26, 2016
Show all

Cara Migrasi WordPress Ke SSL / HTTPS

Cara Memindahkan Wordpress Ke SSL

Secure Socket Layer (SSL) / HTTPS adalah protokol dalam internet sebagai keamanan dari situs yang di kunjungi. Penggunaannya memiliki beberapa keuntungan dalam kinerja dibandingkan website yang tidak menggunakannya.

Bagaimana menerapkan SSL ini kedalam situs berbasis WordPress? Apa saja langkah-langkah yang perlu di ambil?

Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap dari sisi non technical. Sedikit mungkin di jelaskan penulisan kode-kode programming.

Langkah pertama: Beli koneksi SSL untuk situs anda.

Anda perlu memesan SSL terlebih dahulu. Untuk hal ini, ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu.

Untuk situs ini, kami menggunakan SSL dari Siteground. Di perlukan waktu 24 jam sejak pemesanan dilakukan untuk SSL ini aktif.

Anda tidak perlu melakukan aktivitas apapun di dalam wordpress.

Langkah Kedua: Install Plugin Really-Simple-SSL

Ada beberapa plugins tersedia untuk membantu pemindahan ke HTTPS. Setelah mencoba beberapa plugins, saya paling menyarankan menggunakan Really Simple SSL.

Ikuti cara aktivasi yang tersedia di dashboard.

Optional: Really Simple Plugins memiliki versi PRO seharga $25/situs. Saya sangat menyarankan untuk menggunakan versi PRO karena membantu saya mempermudah pemindahan dengan fitur-fitur yang di sediakan. Lihat detail disini

Salah satu kelebihan menggunakan versi PRO adalah fitur scan website. Anda akan mengetahui apa saja yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan migrasi ke SSL.


Dalam melakukan perubahan ini, anda perlu memperhitungkan downtime dari website anda. Saya sangat menyarankan untuk melakukannya di saat pengunjung website anda paling sedikit. Jangan lupa untuk menginformasikannya kepada semua team terutama team marketing untuk tidak mempromosikan website saat dilakukan pemindahan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kualitas hosting yang anda gunakan. Plugins yang saya sarankan di atas mungkin tidak compatible dengan hosting anda. Saya menggunakan hosting dari Siteground karena mereka memiliki kualitas tinggi terutama untuk website berbasis WordPress.

Web Hosting

Tinggalkan pesan anda di bawah apabila memiliki pertanyaan mengenai pemindahan ini. Atau hubungi kami apabila anda membutuhkan bantuan ahli dalam melakukan pemindahan ke SSL.

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

1 Comment

  1. ssl murah berkata:

    sangat menarik artikelnya gan, sangat bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *