Fitur Penting Untuk Web Ecommerce Anda
Maret 5, 2018
3 Hal Penting Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membuat Website
Maret 12, 2018
Show all

Cara Riset Keyword Untuk SEO 2018

Selamat datang di Toffeedev Sharing Monday!

Dalam video kali ini, saya ingin mengajarkan saya ingin menunjukkan pada anda bagaimana kita bisa melakukan keyword research untuk keperluan dari SEO seperti anda ketahui untuk melakukan SEO langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah kita perlu tahu dulu apa yang dicari oleh orang-orang yang menggunakan search engine jadi ini adalah langkah pertama yang sangat penting untuk kita melakukan keyword melakukan SEO sebelum kita melakukannya di dalam website kita jadi untuk sementara kita akan sekarang share materi presentasinya saya dulu.

OK, jadi yang akan kita bahas adalah bagaimana kita melakukan keyword research apa aja strategi yang biasa dilakukan oleh saya atau dari tim saya untuk kita melakukan pencarian kata kunci untuk website-website yang kita akan optimasi dan dalam video kali ini, saya ingin akan membagikan ada tiga cara untuk kita melakukan keyword research yang pertama adalah cara yang paling banyak cara yang paling banyak yang saya kerjakan adalah kita menggunakan A-B-C Technique.

Apa itu A-B-C Technique? Sama seperti namanya, kita menggunakan A-B-C. Jadi a, b, c dan seterusnya biasanya kita menggunakan Google sebagai cara kita untuk melakukan A-B-C Technique seperti apa untuk menggunakan cara ini?

Saya akan buka Google ini adalah Google hari ini jadi untuk pada saat kita melakukan Google secara sederhana untuk kita melakukan A-B-C Technique, kita mengetikkan pertama adalah kata kunci yang paling mendekati dari apa yang kita ingin targetkan misalnya, salah satu kata kunci favorit yang saya targetkan adalah kata kunci yang awalannya menggunakan jasa jadi yang kita lakukan adalah saya mengetikkan kata utama “jasa” pada saat kita melakukan “jasa” maka Google, secara otomatis akan memberikan keyword atau data-data orang itu melakukan pencariannya apa? (yang berhubungan dengan jasa) kalau kita ke Toffeedev yang biasa kita lakukan adalah jasa pembuatan atau jasa memasarkan jadi yang kita lakukan adalah “jasa” spasi kita bisa menggunakan “memasarkan” ah, pada saat kita melakukan “mem” ini ada, “membuat”, “memasar” ah, pada saat kita melakukan “jasa memasarkan” akan muncul satu suggestion dari google kita gunakan “jasa pemasaran” nah, “jasa pemasaran” Ok setelah itu, kita ketikkan lagi website misalnya “jasa pemasaran website”  

Kenapa ini disebut dengan A-B-C Technique? karena pada saat-saat tertentu kita ingin mencari tahu sebanyak apa atau apa aja yang dilakukan apa saja dicari oleh orang-orang jadi semua suggestion yang dimasukkan ke dalam website yang muncul di dalam suggestions ini, adalah term-term yang diketikkan oleh orang-orang pada saat mereka melakukan pencarian di Google jadi kalau disini “jasa pembuatan website” saya mau tahu, ada keyword apa lagi sih yang berhubungan dengan jasa pembuatan website kita bisa ketikkan “a” disini pertama jadi ada beberapa “agribisnis” dan segala macam lalu kita bisa masukkan “b” “bab 3” dan seterusnya “c” “D” “jasa pembuatan website di jakarta” misalnya “e” “f” “g” “h” “i” “j” Oke “k” dan seterusnya atau kita bisa juga masukkan “jasa pembuatan web” “a” ini sama atau kita bisa melakukan selain jasa ini apa lagi ya ada “pembuatan” “pembuatan website”.

Ini ada lebih banyak lagi nah ini ada “jasa pembuatan website affiliasi” “agen properti”, “afiliasi”, “amazon” misalnya saya bisa ketikkan “aa” tidak ada apa-apa “ab” nggak ada “ac” nah ini ada “website aceh” “jasa buat website aceh” apabila kata-kata yang muncul adalah seperti tadi saya masukkan disini, ada kata yang muncul adalah seperti ini maka ini bukan satu term secara penuh yang dituliskan oleh orang-orang dan pada saat kita mengetikkan “jasa pembuatan website amazon”, “jasa pembuatan web amazon” ini adalah salah satu search term satu term tersendiri yang diketikkan oleh orang-orang langsung pada saat mereka melakukan pencarian. jadi ini adalah A-B-C Technique kita akan melakukan ini, anda bisa melakukan untuk banyak banyak hal, banyak keyword-keyword yang bisa dilakukan untuk bisnis anda.

Nah, ada nggak sih cara yang lebih sederhana atau cara yang lebih mudah untuk kita melakukan research seperti ini karena apabila dilakukan ini akan membutuhkan waktu yang sangat panjang, dan butuh effort yang nggak sedikit saya senang anda bertanya. Ada nggak sih cara yang lebih sederhana jadi untuk melakukan hal tersebut kita bisa menggunakan tools yang namanya ubersuggest ini adalah link untuk anda bisa akses, yaitu neilpatel.com/ubersuggest atau anda dapat melihatnya di deskripsi yang ada di bawah dalam video ini untuk anda bisa langsung akses ke dalam website tersebut.

Apa yang dilakukan oleh Ubersuggest?

Ok saya akan masuk ke ubersuggest ya ini adalah website dari ubersuggest dari dalam tools ini seperti yang anda bisa lihat kita bisa ketikkan disini anda tidak perlu login. Sejauh yang saya temukan anda tidak perlu login untuk bisa mengakses ubersuggest. Ada beberapa pengaturan yang bisa anda lakukan disini ada Web, Image, Shopping, Youtube, News.  Saya akan fokus di Web, dan disini ada English/United States atau anda bisa pilih dalam hal ini yaitu kita di Indonesia kita pilih Indonesian/Indonesia. Jadi kalau disini saya ingin mengetahui secara penuh ada apa saja berhubungan dengan jasa pembuatan website maka saya bisa ketikkan disini “jasa pembuatan website” lalu kita LOOK UP dan secara otomatis ubersuggest akan mencarikan data-data apa saja yang diketahukan jadi untuk jasa pembuatan website. Seperti yang disini teman-teman bisa lihat volumenya adalah sekitar 12.100 dengan CPC 0.92 saya yakin ini bukan Rupiah tapi US Dollar dimana kompetisinya adalah 0.62 dari satu jadi cukup berat dan disini adalah ada 753 keyword yang berhubungan dengan jasa pembuatan website wow, 753 keyword.

Data yang diambil disini ada dua yaitu dari Google Keyword Planner dan Google Suggest dengan menggunakan A-B-C Technique yang tadi kita lakukan, kita bisa pilih ada dari Google Suggest, maka ini adalah apa yang dituliskan. Jadi kita nggak perlu lagi mengetikkan satu a b c d e, ini adalah cara lebih cepat untuk kita melakukannya jadi disini ada “jasa pembuatan marketplace”, “jasa pembuatan web di jogja”, “jasa pembuatan web hotel”, “web lampung” dan seterusnya. Dan bahkan disini anda bisa dengan mudah melakukan sorting untuk search volume “jasa membuat website dengan joomla”, “gresik”, “professional wordpress”, “samarinda”, “website pemerintah”, “tiket online”, “replika” dan seterusnya. Jadi ini adalah cara yang sangat mudah untuk kita bisa lakukan di dalam bisnisnya kita.

Untuk melakukan keyword research kita akan masuk ke teknik yang ketiga jadi untuk melakukan keyword research itu ada cara paling mudah yang saya favorit saya untuk melakukan itu keyword research saya masukkan hal tersebut terlebih dahulu nah, cara selanjutnya apa? Apa yang bisa kita lakukan lagi untuk melakukan keyword research ada beberapa cara lagi yaitu kita bisa menggunakan Keyword Planner Tools atau kita bisa menggunakan Competitor Research.

Kalau anda merasa video ini menarik untuk anda ketahui anda ingin belajar lebih banyak mengenai dunia marketing baik itu SEO, website, Facebook, Adwords anda bisa subscribe youtube.com/toffeedev atau anda bisa klik tombol subscribe yang ada di video ini ok, sampai disini untuk video kita pada hari ini semoga anda belajar sesuatu yang bermanfaat sampai jumpa di video dari ToffeeDev yang lainnya. Sampai jumpa

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

2 Comments

  1. Kevin berkata:

    Editorial Artikelnya masih berantakan.. coba dirapihkan lagi, saya konten bagus tp editorialnya buruk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat