Cara Iklan di Instagram
Mencari Tahu Cara Iklan Di Instagram Bisnis
Juni 4, 2020
Contoh Teks Iklan
Beberapa Contoh Teks Iklan yang Efektif
Juni 5, 2020
Show all

Cek Backlink Anda dengan Tools Backlink Checker

Cara Cek Backlink

Cara Cek Backlink

SEO (Search Engine Optimization) menjadi salah satu strategi dalam Digital Marketing yang semakin sering digunakan. Khususnya pada saat ini. Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan internet, maka pemasaran mulai berpindah ke arah online dibandingkan offline. Untungnya, SEO bisa membuat strategi pemasaran menjadi lebih maksimal. Dalam SEO sendiri, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam melakukan optimasi website, salah satunya adalah menggunakan backlink. Ketika sudah digunakan, juga perlu ada usaha cek backlink yang ada di internet. Bagaimana cek backlink yang benar?

Bagi yang belum tahu, backlink adalah tersedianya link yang mengarah ke website Anda, tapi link tersebut ada di website lain. Jadi website lain tersebut membantu website Anda dalam mendapatkan trafik yang lebih besar daripada sebelumnya.

Dalam praktiknya, banyak yang merasa backlink bukanlah suatu hal yang pantas dilakukan. Namun di sisi lain, ada yang beranggapan bahwa backlink itu tidak masalah ketika dipakai. Walaupun selalu ada pergunjingan dalam persoalan backlink, pada akhirnya, backlink menjadi salah satu cara dalam SEO yang ampuh.

Sebenarnya Anda bisa melakukan cek backlink yang sudah tersebar di internet karena ada beberapa cara dalam mendapatkan backlink. Pertama, secara khusus Anda meminta bantuan kepada website lain untuk menaruh link website Anda di dalamnya. Kedua, website lain yang langsung memasukkan link website Anda karena merasa kontennya bagus.

Jika Anda penasaran apakah ada yang memberikan backlink kepada Anda, ada beberapa tools yang bisa digunakan. Apa saja tools-nya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Ahrefs

Pertama ada Ahrefs. Sebagai salah satu tools yang sudah dikenal luas di dunia SEO, Ahrefs memang menyediakan fitur untuk mengecek backlink yang sudah tersebar di internet. Dengan fitur Domain Rank, maka Anda bisa melihat jenis backlink yang ada. Apakah bersifat dofollow (bisa diikuti oleh robot) atau malah tidak. Hebatnya lagi, Anda bisa menggunakan Ahrefs secara gratis. Memang untuk Ahrefs, skema yang diberikan adalah freemium sehingga secara harga pun tetaplah cocok untuk kantong semua orang.

MOZ

Selain Ahrefs, ada juga Moz. Popularitas MOZ juga cukup besar di dunia SEO. Banyak yang menggunakan tools ini sebagai andalan dalam mengoptimasi website yang dijalankan. Bagi yang ingin tahu apakah kualitas backlink yang telah diberikan kepada website Anda sudah bagus atau belum, bisa menggunakan fitur Domain Authority (DA).  Sebenarnya fitur DA ini ada beberapa tools lainnya. Namun MOZ telah memberikan pernyataan bahwa nilai DA mereka menjadi yang paling akurat di antara tools lainnya.

Dalam penggunaannya, Anda bisa memakai fitur DA dengan gratis tanpa harus login. Namun jika ingin melihat data yang jauh lebih lengkap dan terperinci, maka Anda perlu login. Jikalau data-data yang diberikan masih belum cukup, Anda juga bisa berlangganan. Sebenarnya tiak ada salahnya berlangganan salah satu tools SEO ini agar bisa mendapatkan data yang paling lengkap.

Baca Juga: Seluk Beluk dan Cara Membuat PBN Untuk Backlink

Itulah beberapa tools untuk cek backlink yang bisa Anda gunakan saat ini. Jangan lupa dengan beberapa opsi di atas. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar terkait isi dari artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *