Jenis-Jenis dan Cara Membangun Backlink Berkualitas dalam SEO

Salah satu faktor penunjang eksistensi website atau blog kita dalam Search Engine Results Page (SERP) adalah backlink. Malahan, membangun sebuah backlink dianggap sebagai hal yang esensial dalam membuat website yang SEO-friendly. Karena itu, wajib hukumnya bagi para pemilik website atau blog untuk mengenal berbagai jenis backlink sehingga halaman website mereka semakin berpotensi untuk muncul di halaman pertama search engine.

Sebelum membahas macam-macam backlink, kita perlu mengenal apa itu backlink. Sederhananya, backlink adalah tautan atau link yang mengarah pada website kita. Umumnya, backlink dipasang oleh website atau blog lain yang memiliki sumber atau referensi dari blog kita.

backlinks, seo, link building

8 Jenis-Jenis Backlink Situs Web

Ada 8 macam jenis-jenis backlink yang bisa digunakan untuk mengoptimasi situs web kita di mesin pencari seperti Google. Sebaiknya, 8 backlink ini digunakan secara bersamaan sehingga optimasi situs web untuk memaksimalkan hasil pencarian kita bisa berjalan secara maksimal.

1. Contextual Backlink

Contextual backlink ini sangat simpel dan mudah dibuat. Caranya, Anda cukup membuat artikel atau post, kemudian sisipkan link atau tautan yang mengarah ke website kita. Umumnya, contextual backlink ini digunakan apabila ada bagian dari konten atau artikel yang merujuk atau bersumber dari website kita.

2. Blog Comment Backlink

Jenis backlink ini menggunakan fitur kolom komentar dari blog atau website orang lain untuk memasukkan link website kita. Namun, tidak sembarang blog atau website bisa menjadi sarana ‘promosi’ backlink ini. Website yang menjadi target kita untuk melakukan backlink haruslah memiliki tema yang relevan dengan website kita. Selain itu, semakin sedikit orang yang ikut berkomentar di website tersebut, semakin tinggi peluang website kita dilihat oleh pengunjung website tersebut.

Baca Juga: Berapa Jumlah Karakter Maksimum untuk Meta Description di SEO?

3. Link Profile Backlink

Backlink ini juga tergolong mudah untuk didapatkan. Caranya, kita membuat profil, baik itu media sosial, situs bisnis kita, direktori industri atau situs review. Kemudian, kita mengisi biodata profil kita, termasuk alamat website atau blog yang kita miliki. Alhasil, jadilah backlink website atau blog kita dari link profil yang kita miliki.

4. Social Bookmark Backlink

Social bookmark backlink merupakan suatu platform atau wadah untuk menyimpan sejumlah link website. Jenis backlink ini sangatlah populer, sehingga sering terjadi spam backlink lewat platform. Hasilnya, pengguna harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang rumit hanya demi mendapatkan backlink untuk website mereka.

Banner SEO - General 2

5. Blogroll Backlink

Blogroll backlink sangatlah populer di kalangan blogger lawas, tepatnya pengguna Blogspot atau WordPress. Di halaman website atau blog, ada sidebar yang berisi kumpulan blogroll dari pengunjung. Sayangnya, fitur blogroll tidak lagi digunakan saat ini dikarenakan website harus bersih dari widget yang tidak dibutuhkan.

6. Document or Image Sharing Backlink

Document atau Image Sharing Backlink ini menggunakan fitur seperti sharing document atau image untuk mendapatkan backlink. Tentu saja, dokumen atau gambar yang disimpan harus diunggah dulu agar bisa terkoneksi dengan website kita. Ketika menyunting dokumen, masukkan saja link yang mengarah ke website kita. Sedangkan ketika mengunggah gambar, kita bisa langsung memasukkan website kita di kolom deskripsi gambar tersebut.

7. Social Media Backlink

Jenis backlink ini menggunakan akun media sosial kita untuk mendapatkan backlink ke website atau blog kita. Sama halnya dengan link profile backlink, kita bisa menggunakan kolom website untuk menaruh website kita. Seperti Instagram, kita bisa menggunakan fitur swipe up untuk menaruh link website kita dan memperoleh backlink di dalamnya.

8. Footer Backlink

Apabila kalian adalah freelancer atau blogger yang juga mengerjakan project di website lainnya, kalian bisa meletakkan link blog atau website kalian di footer website tersebut. Tentu saja, website yang kalian taruh backlink-nya harus dioptimasi juga sehingga bisa mendapat kunjungan yang maksimal. Sayangnya, footer backlink tidak lagi digunakan sebab kurang efektif.

backlinks, seo, link building

Cara Optimasi SEO Off Page dengan Membangun Backlink Berkualitas

Total ada enam cara dalam melakukan optimasi SEO Off Page dengan membangun backlink berkualitas untuk meningkatkan peringkat website. Apa saja caranya? Berikut ulasan selengkapnya hanya untuk Anda.

1. Link Building atau Backlink

SEO Off Page tidak akan bisa lepas dari yang namanya link building dan backlink. Bagian utama dari cara optimasi ini adalah mendapatkan link sebanyak mungkin dari website lain untuk masuk ke dalam website bisnis Anda. Ketika banyak website yang memasukkan link website Anda, maka Google melihat bahwa situs bisnis tersebut jauh lebih tepercaya. Organic traffic yang menjadi bagian penting dalam SEO pun juga lebih tinggi. Itulah mengapa Anda harus memperkuat backlink website Anda. Ada beberapa cara untuk melakukan hal ini. Apa saja caranya?

2. Page Authority dan Domain Authority

Perlu digarisbawahi bahwa tidak semua website menjadi layak untuk Anda jadikan backlink. Alasan utamanya adalah ada saja website-website yang kurang tepercaya. Alih-alih meningkatkan kualitas organic traffic, hasilnya malah pihak Google tidak melihat itu sebagai hal yang bagus. Kualitas link dapat diukur dengan Page Authority dan Domain Authority. 

Domain Authority adalah kualitas backlink dari sebuah domain secara keseluruhan. Semakin tinggi angka yang muncul, maka kualitas link dari domain itu juga semakin bagus. Sebaliknya, Page Authority adalah kualitas link di suatu laman tertentu. Sistem penilaiannya juga sama dengan Domain Authority. 

Dalam melihat kedua hal ini, Anda tidak bisa melakukan pengukurannya sendiri. Dibutuhkan bantuan tools SEO agar mampu mengetahui apakah Page Authority dan Domain Authority sudah baik atau belum.

3. Anchor Text

Anchor Text adalah teks berisikan link yang dapat diklik oleh pengunjung website. Google melihat hal ini sebagai salah satu faktor yang mampu memengaruhi kualitas pencarian. Ketika link dengan Anchor Text sama persis dengan kata kunci dalam konten tersebut, maka kualitas hasil pencarian menjadi jauh lebih baik. 

4. Do-follow dan No-follow

Do-follow adalah link yang dideteksi oleh mesin Google untuk meningkatkan kualitas authority website tersebut. Ketika ada link di dalam sebuah website, maka sudah diatur sebagai Do-follow.

Untuk No-follow, artinya adalah link yang memang disertai dengan tag tersebut. Hal ini dilakukan untuk memberikan sinyal kepada Google agar tidak mendeteksi link tersebut. Itulah yang membuat link Nofollow tidak memberikan pengaruh pada kualitas authority website tersebut.

5. Relevansi

Relevansi yang dimaksud di dalam SEO Off Page adalah mendapatkan backlink dari website dengan satu niche sesuai website bisnis Anda. Jadi, jika niche website Anda adalah properti, maka cobalah mendapatkan backlink dari website properti juga. Itulah yang dimaksud relevansi dalam SEO Off Page.

6. Trafik

Poin penting lainnya perihal link building dan backlink adalah trafik. Jika Anda bisa mendapatkan backlink dari website dengan trafik tinggi, maka kemungkinan besar hal tersebut juga mampu berimbas pada website Anda sendiri. Kemungkinan link menuju ke website Anda semakin besar berkat tingginya trafik. 

Jadi dari penjelasan di atas, Anda perlu mendapatkan backlink dari website dengan authority yang bagus, menggunakan anchor text sesuai, memberikan link Dofollow, relevan dari segi niche, dan memiliki trafik tinggi. Walau tidak semua website dapat memberikan poin-poin di atas, setidaknya ada dua atau tiga poin yang mampu didapatkan dari mereka. 

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Traffic Website Berikut Ini

7. Media Sosial

Unsur SEO Off Page yang satu lagi adalah media sosial. Tidak dapat dimungkiri bahwa perkembangan sosial media di dunia sangatlah besar. Sebut saja ada Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, bahkan LinkedIn juga dapat termasuk dalam kelompok media sosial. Dengan memanfaatkan media sosial, maka Anda bisa mendapatkan pengunjung yang lebih banyak ke dalam website. Tentu saja caranya melalui share berbagai link laman website di media sosial milik bisnis Anda.

Ketika semakin banyak yang mau secara sukarela membagikan konten-konten berisi link laman website di media sosial milik mereka, maka semakin besar pula kemungkinan dalam menjangkau pasar lebih luas. Konten-konten yang Anda ciptakan dan ada di dalam website semakin banyak dibaca. Dengan begitu, konten tersebut banyak dibicarakan, dibagikan, hingga menjadi rujukan website atau media lainnya. Itulah yang membuat share di media sosial menjadi hal penting dalam SEO Off Page.

Selain kedua poin di atas, masih ada poin-poin lainnya yang dapat Anda manfaatkan dalam SEO Off Page, seperti membuat Google My Business, mendapatkan review produk dari website lain, hingga listing bisnis di beberapa website seperti GrabFood, Zomato, hingga TripAdvisor (berfokus pada bisnis hospitality & kuliner). Manfaat seluruh poin-poin dalam SEO Off Page agar bisnis Anda semakin maju lagi, khususnya di era digital seperti sekarang ini.

Banner SEO - Ebook 2

Cara Membuat Backlink Sendiri

Sebenarnya Anda dapat membuat backlink sendiri agar semakin banyak trafik yang menuju ke website tersebut. Bagaimana caranya? Anda dapat menggunakan beberapa website terlampir di bawah ini. Ikuti cara selengkapnya untuk mendapatkan hasil backlink yang sempurna.

1. Medium.com

Medium menjadi salah satu website layaknya Blogspot atau WordPress yang popularitasnya semakin meningkat. Anda dapat menuliskan berbagai macam artikel di dalam Medium sesuai keinginan. Untuk mendapatkan backlink sendiri, cobalah membuat konten artikel, lalu sisipkan link yang mengarah ke website Anda. Sebaiknya, sesuaikan topik artikel di dalam Medium dan konten dalam website sendiri agar memiliki niche yang sama.

Baca Juga: 5 Cara Melihat Backlink Kompetitor

2. YouTube

Ya, YouTube dapat menjadi tempat mendapatkan backlink website bisnis Anda. Domain Authority YouTube sendiri sangatlah tinggi. Untuk mendapatkan backlink dari YouTube, coba dua cara ini:

  • Pasang URL homepage website  di halaman profil About Me channel YouTube Anda

  • Buatlah video sendiri, lalu letakkan URL homepage website atau link artikel dalam blog di bagian deskripsi video

Dari dua cara di atas untuk memaksimalkan channel YouTube sendiri dalam mendapatkan backlink, cobalah keduanya agar hasil yang Anda rasakan jauh lebih maksimal. Keberadaan URL homepage website di kolom deskripsi video dan profil About Me juga menjadi identitas atas entitas Anda dalam dunia YouTube juga. 

Banner SEO x CRO 2

3. Media Sosial

Cara membuat backlink secara gratis yang paling terakhir adalah memanfaatkan media sosial. Poin ini bisa dibilang kembali kepada penjelasan awal yang telah diinformasikan. Anda dapat meletakkan URL homepage website atau link artikel dalam blog pada postingan di media sosial. 

Beberapa media sosial yang memiliki Domain Authority tinggi mencakup LinkedIn, Twitter, Facebook, Pinterest, hingga Instagram. Beberapa media sosial yang disebutkan ini sangat cocok menjadi tempat menarik trafik pengunjung ke dalam website. Jadi, jangan sampai melewatkan peluang untuk membuat backlink secara gratis dan cepat melalui channel media sosial bisnis Anda. 

Itulah 8 jenis backlink serta cara untuk melakukan optimasi yang bisa digunakan untuk memaksimalkan optimasi website kita sehingga bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian pada mesin pencari kita. Tentunya, kedelapan backlink tersebut harus digunakan secara bervariasi sehingga bisa menghasilkan nilai SEO yang maksimal. Apabila ingin website Anda bisa mencapai halaman pertama mesin pencari, Anda bisa menghubungi Toffeedev untuk melayani Anda di Jasa SEO. ToffeeDev adalah Digital Marketing Agency yang telah menangani banyak website dari berbagai sektor industri di Indonesia dan kami juga melayani agar bisnis Anda bisa mengalami peningkatan penjualan.

Images Source: Pixabay

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top