Cara Menambah Followers TikTok
Cara Menambah Followers TikTok Anda Dengan Gampang
Februari 20, 2020
Cara Menambah View YouTube
Pahami Cara Menambah View YouTube Berikut Ini
Februari 20, 2020
Show all

Digital Marketing: Pengertian & Perannya Untuk Bisnis Anda

Pengertian Digital Marketing

Pengertian Digital Marketing

Di tahun 2020 akan sedikit aneh jika Anda sebagai pemilik bisnis belum mengenal yang namanya digital marketing. Karena salah satu kunci untuk menaklukan market adalah dengan mengetahui pengertian digital marketing ini. 

Apa itu Digital Marketing

Kita bisa mendefinisikan pengertian digital marketing sebagai semua hal yang dilakukan dalam proses pemasaran menggunakan perangkat elektronik/internet, dengan berbagai macam taktik marketing serta media digital. Dimana Anda akan dapat berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu mereka di dunia online.

Anda bisa menggunakan berbagai macam platform mulai dari website, blog, media sosial, dan lain-lain. Ada berbagai macam taktik yang bisa dilakukan untuk dapat menarik perhatian konsumen Anda.

Taktik Digital Marketing

Untuk bisa mempraktekkan digital marketing dengan baik, ada beberapa taktik yan bisa Anda manfaatkan, seperti:

  1. Search Engine Optimization (SEO)

Untuk taktik ini akan dilakukan proses pengoptimalan website Anda untuk bisa mendapatkan ranking yang lebih tinggi pada halaman hasil pencarian. Yang dapat menghasilkan peningkatan jumlah traffic organik atau tidak berbayar.

  1. Content Marketing

Dalam content marketing, Anda akan membuat media promosi dalam bentuk konten. Bisa berupa artikel, infografis, video, ataupun podcast. Dengan beberapa tujuan untuk menghasilkan brand awareness, peningkatan traffic, menambah prospek dan pelanggan.

Baca Juga: Menuju SEOCON 2020: Melihat SEO dan Digital Marketing Lebih Dalam

  1. Social Media Marketing

Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan brand awareness, serta menambah traffic. Gunakan media sosial untuk mempublikasikan konten-konten Anda yang dapat dikonsumsi dengan cepat di media sosial.

  1. 4. Pay per Click (PPC) / Ads

Dalam taktik ini, Anda dapat mengarahkan traffic menuju website Anda dengan membayar setiap klik. PPC yang sering digunakan adalah Google AdWords dan Facebook Ads. Keduanya dapat memberikan Anda spot khusus di mana Anda dapat mengiklankan bisnis Anda.

  1. Email Marketing

Ada beberapa perusahaan yang aktif menggunakan email sebagai jalan untuk bisa berkomunikasi dengan konsumen mereka. Email juga dapat digunakan sebagai saran untuk memasarkan bisnis Anda.

Anda dapat menggunakan taktik di atas untuk memulai kegiatan digital marketing Anda.

Apakah Semua Bisnis Cocok dengan Digital Marketing

Digital marketing dapat digunakan untuk bisnis apa pun, di berbagai industri. Entah itu bisnis B2B ataupun B2C.

Untuk B2B, Anda dapat memfokuskan digital marketing Anda untuk mengumpulkan data konsumen (lead generation), sekaligus membangun traffic agar mempermudah proses pencarian lead Anda.

Dalam B2C, akan lebih baik jika Anda membangun customer journey yang lebih baik, sehingga Anda dapat menurunkan prioritas dalam mencari lead. Akan lebih baik jika Anda mencari traffic melalui media sosial.

Anda dapat melihat hasil yang akurat sesuai dengan waktu Anda memasukan data. Sehingga Anda dapat melihat data real time yang akan sangat membantu bisnis Anda. Dengan digital marketing, Anda juga bisa mengukur ROI (Return on Investment) dari segala aspek upaya marketing Anda. 

Luasnya jangkauan geografis yang bisa di cover juga jadi salah satu keunggulan dari digital marketing. Anda dapat menyebarkan konten/brand produk Anda ke seluruh dunia dengan mudah.

Digital marketing adalah cara terbaik untuk bisa bersaing di era digital ini. Anda dapat mempelajari digital marketing dan menerapkannya secara pribadi, ataupun menggunakan jasa para ahli. Agensi yang bisa menangani kebutuhan digital marketing Anda saat ini juga banyak.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda tentang pengertian digital marketing? Silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *