Organic Traffic Adalah
Apa itu Organic Traffic & Kenapa Website Membutuhkannya?
Maret 2, 2020
Cara Menggunakan Pinterest untuk Meningkatkan Trafik Blog
Cara Menggunakan Pinterest untuk Meningkatkan Trafik Blog
Maret 2, 2020
Show all

Digital Nomad Adalah Profesi yang Tak Terikat Ruang Kerja

Digital Nomad adalah profesi yang lahir di zaman modern

Digital Nomad adalah profesi yang lahir di zaman modern

Anda pasti sudah sudah tidak asing dengan yang namanya freelancer, namun saat ini ada lagi yang namanya Digital Nomad, siapa mereka? Digital Nomad adalah istilah bagi orang-orang yang ingin fokus bekerja secara lepas, tanpa terikat oleh ruang kerja maupun waktu dan sepenuhnya memanfaatkan teknologi dalam pekerjaannya, sebagai sarana komunikasi dan cara untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Mereka dapat bekerja dengan bebas dimana saja, kapan saja. Tanpa ada aturan yang mengikat mereka. Dari segi istilah memang hampir mirip dengan freelancer. Namun, freelancer masih tergolong umum dan luas. Sedangkan Digital Nomad  berfokus pada pemanfaatan teknologi. Jadi bisa dikatakan Digital Nomad adalah bagian dari pekerjaan Freelance. Dan mereka akan memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat mereka.

Selain freelancer, Digital Nomad juga bisa berasal dari kalangan penulis, fulltime blogger, web programmer, designer, admin media sosial, entrepreneur, Youtuber, dan lain-lain.

Plus dan Minus dari Digital Nomad

Saat ini Anda pasti dapat menemukan Digital Nomad dimana saja. Terutama kota-kota besar. Digital Nomad sebagai pekerjaan tentu memiliki plus dan minusnya tersendiri. Beberapa diantaranya adalah

Plus:

Tidak terikat oleh waktu. Baik jam kerja maupun hari kerja. Seorang Digital Nomad bisa bekerja pada saat liburan, dan tentu saja bisa liburan kapan saja ketika orang lain sedang bekerja.

Penghasilan yang tidak terbatas. Tidak ada batasan maksimal dari penghasilan yang didapatkan tiap bulannya.

Memiliki kebebasan dalam hal apapun. Ada beberapa hal yang bisa bebas Anda lakukan sebagai seorang Digital Nomad, mulai dari bebas bekerja kapan dan dimana saja, bebas untuk bersosialisasi, bebas untuk bertemu keluarga kapan saja, dan lainnya.

Tidak harus ke kantor tiap hari. Walaupun ada yang punya kantor pribadi, tetapi mereka bisa bekerja di mana saja, termasuk di rumah.

Memiliki koneksi yang luas. Walaupun banyak yang bekerja secara mandiri (independen), tetapi Digital Nomad bisa memiliki koneksi dari berbagai daerah bahkan dari negara lain. Hal ini menjadi salah satu keuntungan dari menggunakan internet sebagai media komunikasi.

Baca Juga: Apa Tugas dan Fungsi Seorang Content Writer?

Minus:

Tidak terikat oleh waktu akan menjadi sebuah kelebihan dan juga kekurangan. Apalagi jika Anda tidak dapat mengatur waktu dengan bak.

Penghasilan yang tidak tetap. Seorang pegawai bisa mendapatkan penghasilan tetap tiap bulannya, namun Digital Nomad tidak. Namun bukan berarti penghasilan Digital Nomad sedikit. 

Jaringan internet juga bisa menjadi kekurangan yang fatal. Salah satu media yang digunakan oleh Digital Nomad adalah internet. Tanpa adanya internet mereka tidak bisa bekerja. Dan kendala jaringan internet, khususnya di Indonesia ini masih cukup tinggi. Tidak semua daerah memiliki jaringan internet yang bagus.

Pandangan negatif dari masyarakat. Bagi mayoritas masyarakat, sekarang ini masih banyak yang belum bisa menerima profesi Digital Nomad. Menimbulkan pandangan negatif dari masyarakat. Namun hal ini bukanlah hal yang begitu penting. Masyarakat hanya perlu beradaptasi mengenai hal ini.

Kesimpulan

Kelebihan dari teknologi yang dimanfaatkan dengan baik, tentu akan semakin memudahkan hal-hal dalam kehidupan Anda.Salah satunya adalah muncul nya istilah DIgital Nomad ini, sebuah pekerjaan yang tidak lagi terikat dengan kantor dan waktu pekerjaan, dan memanfaatkan internet sebagai media komunikasi. Dan juga sebuah cara untuk menyelesaikan pekerjaan.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *