URL itu Apa
URL itu Apa? Mengapa Penting Dalam Internet?
Maret 6, 2020
White Hat Hacker
White Hat Hacker, Hacker Yang Akan Menguntungkan Anda
Maret 6, 2020
Show all

Ketahui Efek Google Webmaster Tools di Website Anda

Google Webmaster Tools adalah inovasi Google

Google Webmaster Tools adalah inovasi Google

Mengelola sebuah website bukanlah hal yang mudah, akan ada banyak hal yang harus Anda perhatikan dan ukur agar website Anda dapat beroperasi dengan baik. Namun Google dapat membantu Anda dengan salah satu tool yang mereka sediakan, yaitu Google webmaster tools atau biasa dikenal juga sebagai Google Search Console.

Namun, apakah Anda sudah mengenal apa itu Google webmaster tools? Bila belum, saatnya Anda mengetahui hal tersebut.

Google Webmaster Tools Adalah

Google webmaster tools adalah sebuah digital tool yang disediakan oleh Google secara cuma-cuma untuk bisa membantu Anda memahami apa saja yang terjadi di website Anda.

Tool dari Google ini mampu mempermudah proses pengelolaan website Anda, berdasarkan data-data yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Anda tidak perlu menebak bagaimana perkembangan dari website Anda dan memutuskan berbagai hal tanpa data yang pasti.

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari menggunakan tool ini.

Manfaat Google Webmaster Tools

Berikut adalah manfaat dari Google webmaster tools:

  1. Dapat mendorong Page Rank Anda

Tool ini dapat membantu Anda untuk menaikan Page Rank.Caranya dengan menyempurnakan HTML Anda, salah satunya dengan cara menghapus berbagai link yang bisa merugikan Anda, semacam broken link. Anda juga dapat menghapus konten yang ganda, sekaligus memperbaiki judul dan heading tag yang sebelumnya tidak Ada.

  1. Memberikan Anda data yang akurat

Salah satu data yang bisa Anda dapatkan adalah data mengenai bagaimana aktivitas dari website Anda, seperti kesalahan server, crawl, URL, lalu jumlah URL yang sudah di indeks Google, URL yang tidak berfungsi dan terkena penalti, jumlah keyword yang digunakan pengunjung dan lain – lain.

  1. Evaluasi kinerja dari website Anda

Selain mendapatkan data – data diatas, Anda juga bisa mengukur bagaimana kinerja dari website Anda. Salah satunya adalah kecepatan dari loading page website Anda, dan membandingkanya dengan website lainnya untuk bisa melihat kinerja sebenarnya dari website Anda. 

  1. Deteksi hal berbahaya di website Anda

Tool ini juga bisa mendeteksi apakah ada malware berbahaya di website Anda. Dan juga memberikan Anda solusi apabila website Anda terkena masalah ini.

Selain mengetahui berbagai manfaat dari Google webmaster tools, Anda juga harus mengetahui berbagai fungsi dari fitur – fitur yang tersedia dalam tool ini

Fungsi Dari Berbagai Fitur dalam Google Webmaster Tools

Saatnya Anda mengetahui berbagai fungsi dari fitur – fitur yang sudah disediakan oleh Google webmaster tools :

Sitemaps

Dalam fitur ini Anda dapat menambahkan sitemap sangat dapat menolong Google webmaster tools untuk melakukan indeks terhadap seluruh page yang ada di website Anda. Tanpa sitemap akan sangat kecil kemungkinan dari website Anda untuk di crawl oleh Google.

Crawler Access

Untuk fitur ini, Anda bisa memberikan akses atau tidak bagi robot crawler Google untuk meng-crawl website Anda. Caranya dengan membuat robots.txt file, yang bisa membatasi crawler untuk tidak mengakses web page yang ingin dibatasi aksesnya. Bila Anda memiliki area yang sangat sensitif di website Anda, dan tidak ingin sampai kebobolan, mungkin ada baiknya jika Anda menggunakan password yang bisa melindungi semua directory yang relevan atau terkait.

Search Analytics

Anda bisa melihat analytics dari pencarian  website Anda, sehingga Anda dapat mengoptimasi berbagai hal yang bisa membantu perkembangan dari website Anda.

Baca Juga: Mengenal Google Tag Manager Dengan Banyak Manfaat

Berikut beberapa fungsi dari fitur yang ada di dalam Google webmaster tools. Bagaimana apakah Anda akan menggunakan tool gratis ini?

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Ryan Adam
Ryan Adam
SEO Specialist di ToffeeDev sejak 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *