Cara Mengurangi Bounce Rate Website
Cara Mengurangi Bounce Rate Website Anda
Mei 6, 2020
Apa itu cPanel Website
Apa itu cPanel Website? Mengapa Harus Digunakan?
Mei 6, 2020
Show all

Barisan Fungsi cPanel Dalam Penggunaan Website

Fungsi cPanel Dalam Penggunaan Website

Fungsi cPanel Dalam Penggunaan Website

Memiliki website sendiri menjadi kewajiban pada hari untuk perusahaan atau bisnis. Ketika berbicara mengenai memiliki website, maka sudah bisa dipastikan Anda memerlukan pihak lain dalam membangun website tersebut, kecuali Anda memang memiliki dasar pengetahuan di bidang tersebut.  Saat website yang Anda miliki sudah jadi, tentunya Anda perlu melakukan maintenance atau pengecekan sendiri tanpa perlu bantuan pihak lain. Mungkin Anda akan berpikir kalau itu adalah suatu pekerjaan yang sulit, karena berhubungan dengan coding dan sebagainya. Padahal tidak sama sekali. Apalagi dengan bantuan cPanel. Sebagai sebuah alat atau software, banyak fungsi cPanel dalam penggunaan website.

cPanel merupakan satu program yang bisa membantu Anda dalam mengurus website seorang diri. Merupakan kependekan dari Control Panel, cPanel bisa mengontrol hampir semua bagian di dalam website. Bahkan urusan domain hingga hosting pun bisa dilakukannya. Apalagi tampilan dashboard yang mudah dimengerti membuat cPanel memiliki keunggulan tersendiri. Selain itu, ada pula beberapa kegunaan dari cPanel yang perlu Anda ketahui agar nantinya Anda bisa mengurus website yang dimiliki dengan lebih mudah. Apa saja fungsi cPanel yang bisa Anda rasakan? Berikut penjelasan lengkapnya.

Fungsi dari cPanel

  • Mengontrol domain

Kegunaan pertama dari cPanel adalah mengontrol domain milik Anda sendiri. Pada dasarnya, domain adalah alamat url dari website Anda, dan itu adalah faktor yang sangat penting dalam website.

Dengan cPanel, maka Anda bisa menambahkan beberapa domain tambahan. Bahkan bisa melihat statistik dari pengunjung website Anda sendiri. Informasi yang lengkap dan mudah untuk dimengerti membuat kegunaan mengontrol domain dari cPanel sangat berguna.

  • Mengelola file

Selain mengontrol domain, cPanel juga bisa digunakan untuk mengelola beragam jenis file yang ada di dalam website Anda. Di bagian kolom FILES, Anda bisa memilih menu File Manager yang menjadi tempat semua data dari website seperti cache hingga Images. Kalau Anda takut ada masalah yang melanda pada masa mendatang dan bisa membahayakan data yang ada, maka Anda bisa melakukan backup dengan Acronis Backup

  • Mengelola email

Biasanya di dalam pengelolaan website, Anda pastinya ingin mendapatkan email pihak lain sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan calon konsumen potensial dari bisnis Anda. Adanya fitur respon email otomatis bernama Autoresponder di kolom EMAIL pastinya berguna sekali. Ada pula fitur SpamExperts yang bisa membuang email yang membawa virus hingga malware ke dalam inbox Anda.

  • Mengontrol keamanan

Faktor keamanan menjadi faktor yang penting untuk diperhatikan karena pastinya Anda tidak ingin mendapatkan serangan virus hingga pencurian data. Di bagian kolom SECURITY, Anda bisa menemukan fitur bernama Imunify360 yang berguna untuk mengecek virus apa saja yang bisa mengganggu kinerja website. Selain itu jangan pernah lupa untuk membuat sertifikat SSL.

Masih ada fungsi cPanel dalam penggunaan website yang lainnya seperti mengelola software, preferensi dan juga database. Bagi yang ingin mengelola website sendiri dengan lebih mudah, maka cPanel adalah pilihan yang paling tepat untuk digunakan. Selain itu, Anda bisa belajar mengelola website secara otodidak juga sehingga skill Anda di bidang lain bisa bertambah.

Baca Juga: Apa itu cPanel Website? Mengapa Harus Digunakan?

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *