Bagaimana Membawa Leads Yang Berasal Dari Social Media
Februari 19, 2016
Kenapa Inbound Marketing Cocok Untuk Bisnis Anda
Februari 23, 2016
Show all

CONFIRMED : Google Ads Sudah Tak Lagi Muncul Di Sebelah Kanan Mesin Pencari

Google secara fundamental telah mengubah cara beriklannya, yakni menghapus Google Ads di bagian sisi sebelah kanan hasil pencarian desktop – dan hanya meletakkan Ads pada bagian bawah atau atas halaman mesin pencari saja. Tentu hal ini merupakan sebuah keputusan yang tidak mudah, terlebih lagi hal seperti ini pernah dilakukan beberapa tahun sebelumnya. Sejak tahun 2010, tim Google telah melakukan serangkai tes guna menerapkan metode Ads ini kembali.

Di saat yang bersamaan, seperti yang dilansir dari Search Engine Land, Google mengatakan mungkin akan menampilkan iklan tambahan – empat, bukan tiga – diatas hasil pencarian atau biasa disebut “highly commercial queries”. Salah seorang spoke person Google mengatakan bahwa perubahan kini bergulir ke semua pencarian dalam semua bahasa di seluruh dunia. Iklan tidak akan muncul di sisi kanan hasil pencarian desktop, dengan dua pengecualian:

  • Kotak Product Listing Ad (PLA), yang menunjukkan di atas atau di sebelah kanan hasil pencarian,
  • Ads di Knowledge Panel

Iklan tambahan keempat yang dimaksud akan ditampilkan diatas hasil pencarian dan hanya akan menampilkan  permintaan yang sangat komersial, seperti yang Google sampaikan pada pernyataan resminya:

“We’ve been testing this layout for a long time, so some people might see it on a very small number of commercial queries. We’ll continue to make tweaks, but this is designed for highly commercial queries where the layout is able to provide more relevant results for people searching and better performance for advertisers”

dapat diartikan

“Kami telah melakukan tes pada layout ini untuk waktu yang lama, sehingga sebagian orang mungkin melihatnya pada commercial queries yang kecil. Kami akan terus membuat tweak, tapi ini didesign untuk permintaan komersil yang sangat tinggi dimana layout tersebut mampu untuk memberikan hasil yang relevan bagi orang-orang yang mencari dan kinerja yang lebih baik untuk pengiklan”.

Google mengklaim hal ini dilakukan semata-mata hanya untuk membuat tampilan di desktop dan mobile menjadi kurang lebih sama – dalam hal tampilan. Hal ini juga dilakukan guna meningkatkan CPC yang bervariasi dari kampanye Google Ads yang telah disempurnakan, serta agar pencarian kata kunci menjadi lebih akurat.

p.s. : highly commercial queries berarti pencarian yang sangat komersil saja yang akan ditampilkan pada iklan tambahan oleh Google, misalnya : “Hotel di New York City”, “Asuransi Mobil”, dan lain sebagainya.

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

1 Comment

  1. keren google….membrikan suatu keputusan yang bagus agar memberikan hasil yang relevan dan lebih baik bagi pengiklan dan konsumen tntunya….

    terima kasih atas infonya…terus UPDATE YA>>..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *