Domain Authority
Domain Authority, Faktor SEO yang Tak Bisa Dilupakan
Februari 21, 2020
Twitter Ads Platform Iklan yang Menjangkau Pengguna Twitter
Twitter Ads, Platform Iklan yang Menjangkau Pengguna Twitter
Februari 24, 2020
Show all

Google Algorithm Update Februari 2020

Google Algorithm Update

Google Algorithm Update

Dalam strategi SEO (Search Engine Optimization), Google menjadi raksasa yang paling besar dibandingkan pesaing lainnya. Ketika berbicara mengenai search engine, maka pesaing Google seperti Bing dan Baidu tidak bisa disamakan dengannya. Begitu juga di dalam SEO search engine Google. Untuk bisa terus melakukan optimasi yang benar, Google tidak hanya membuat regulasi yang bertahan lama atau sama secara terus menerus. Selalu ada Google Algorithm Update yang selalu muncul setiap bulannya. Begitu juga di bulan Februari 2020 ini.

Dalam update algoritma yang dilakukan Google, biasanya ada beberapa update besar, seperti Google Panda, Google Penguin, hingga YMYL yang semakin memperkuat sektor SEO dalam dunia medis di internet. Pada bulan Februari 2020, sempat muncul pertanyaan dari para praktisi SEO. Mengapa Google belum memberikan kabar mengenai update algoritma? Pertanyaan ini banyak muncul di media sosial dan beberapa media dalam bentuk artikel.

Google Menjawab

Untungnya pada pertengahan bulan ini, Google telah memberikan konfirmasi tentang kabar update algoritma. Pernyataan ini dirilis oleh Danny Sullivan melalui akun Twitternya, @dannysullivan. Namun pernyataan yang diberikan Danny cukup mengejutkan dan sebenarnya malah menjawab seluruh pertanyaan yang selama ini beredar.

Menurut Danny, Google tidak pernah berhenti melakukan update algoritma. “We do updates all the time”.  Pernyataan Danny ini sebenarnya sudah pernah diungkapkan pada November 2019 ketika membahas mengenai update juga. Selain itu, Danny juga memberikan jawaban tambahan bahwa sebenarnya selalu ada update setiap waktu dan para pengguna harus sering membaca ulang general advice. “We do updates all the time. I would suggest rereading our general advice about this:” lalu memberikan satu tweet dari akun Google SearchLiaison @searchliaison.

Ada Perubahan Dalam Performa

Melihat pernyataan tersebut, banyak praktisi SEO yang mulai memberikan penilaiannya. Ternyata memang ada sedikit perubahan yang terasa di dalam performa website mereka dan mempengaruhi ranking di mesin pencari Google. Bahkan hal ini sudah terasa dari awal bulan.

Melihat hal ini, maka para praktisi SEO sebaiknya mulai mencari bagaimana performa dari website yang diurus. Apalagi dengan tidak adanya informasi yang jauh lebih lengkap, khususnya di aspek mana  update tersebut berubah, maka sebaiknya cari tahu lebih lanjut. Praktisi SEO bisa mencari juga berbagai macam informasi dari sesama praktisi yang biasanya bisa ditemukan di media sosial seperti Twitter serta Facebook dan berbagai forum SEO jadi bisa tahu apa saja penurunan yang terjadi serta kira-kira update seperti apa yang ada.

Selain itu, praktisi SEO harus kembali melakukan optimasi di website, khususnya pada bagian konten. Turunnya peringat di ranking Google search engine pastinya sangat mengganggu. Itulah mengapa diperlukan pengetahuan lebih dalam tentang SEO.

Baca Juga: Google BERT: Algoritma Google Untuk Memahami Bahasa

Google Algorith Update pada Februari 2020 ini memang tidak memiliki kejelasan secara gamblang hingga detik ini, namun Anda jangan sampai lupa untuk terus mengecek update yang diberikan oleh Google dan orang-orang yang bekerja di dalamnya. Dengan begitu, Anda bisa tahu update apa saja yang ada. Apalagi Google memang terus bekerja untuk menciptakan ekosistem yang sehat serta persaingan yang tidak tergantung oleh beberapa praktik SEO yang kotor.

Semoga informasi tentang Google Algorithm Update di atas bisa bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa berikan komentar dan share artikel ini agar lebih banyak yang tahu.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *