Apa itu FAQ Bagaimana Anda Memanfaatkannya
Apa itu FAQ & Bagaimana Anda Memanfaatkannya?
Februari 12, 2020
Cara Memasang Google Analytic Di Blog
Cara Memasang Google Analytic Di Blog Anda
Februari 12, 2020
Show all

Google Index & Mengapa Website Anda Harus Muncul di Sana

Apa itu Google Index

Apa itu Google Index

Sebagai pemilik website, tentu yang diinginkan adalah ranking yang tinggi. Namun setelah melakukan berbagai macam usaha ranking dari website Anda tidak berubah sama sekali, apa masalahnya?

Salah satu kemungkinannya adalah website Anda tidak dapat ditemukan oleh Google, sehingga mereka tidak dapat menentukan rankin untuk website Anda. Untuk mendapatkan ranking Anda harus memastikan bahwa website Anda sudah di index oleh Google dan masuk ke Google Index.

Tapi, apa itu Google Index?

Google Index

Google Index atau indexing adalah proses dimana mesin pencari menyimpan data-data dari website, sehingga setiap kali ada yang melakukan pencarian, lalu halaman di website Anda relevan dengan query atau keyword relevan, maka mesin pencari akan memunculkan situs Anda dalam SERP.

Namun indexing adalah proses kedua dari framework kerja mesin pencarian. Sebelum indexing ada proses crawling, dimana robot dari Google yaitu Google Spider mencari konten-konten baru yang ada di internet. Mulai dari halaman website, gambar, video, file, dan masih banyak lagi. Asalkan konten tersebut memiliki link, maka Google Spider dapat menemukan konten tersebut.

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk dapat memastikan website Anda di crawl oleh Google. Beberapa hal yang bisa membantu Anda adalah:

1. Robots.txt

File ini biasanya ada di root directory sebuah website. Yang berfungsi untuk memberi tahu bagian mana dari website Anda yang penting atau tidak penting untuk di crawl oleh Google Spider. Jika file ini tidak ditemukan oleh Google Spider, maka mereka akan meng-crawl seluruh isi website Anda.

2. Meta robots tag atau x-robots-tag

Hal ini adalah yang akan memberikan izin bagi Google Spiders untuk mengindex sebuah website atau tidak mengindexnya.

Baca Juga: Sudahkah Anda Mengenal Lead Form Extension dari Google?

3. Sitemaps

Sitemap merupakan sebuah daftar URL di website Anda yang bisa digunakan oleh crawler untuk menemukan dan mengindeks konten Anda. Dengan sitemap ini Anda bisa menentukan halaman prioritas yang harus di index oleh Google Spider.

4. Google Search Console

Anda dapat memberikan file sitemap Anda kepada Google Search Console, sehingga Google akan tahu url mana yang Anda prioritaskan untuk di index.

Seperti yang sudah dijelaskan, proses yang harus dilalui pertama kali bagi sebuah website agar dapat muncul dan mendapat ranking di SERP adalah crawling, kemudian indexing.

Namun tidak semua website akan di index oleh Google.

Google biasanya akan memilih konten-konten baru yang lebih orisinil, karena Google percaya konen seperti ini akan memberikan user experience yang lebih baik dibanding konten-konten lama.

Pastikan website Anda diisi oleh konten-konten yang fresh, orisinil, serta relevan untuk memastikan website Anda di index oleh Google. 

Hindari terutama konten duplikat, karena hal ini akan membingungkan Google dalam memilih konten mana yang harus di index dan mendapat rangking yang lebih baik.

Dengan memahami proses dari Google Indexing, Anda dapat membuat konten yang berkualitas bagi website Anda, dan paham bahwa untuk mendapatkan ranking yang baik dan tinggi di SERP kedua proses ini dibutuhkan, dan akan lebih baik lagi jika Anda dapat memperlancar jalanya proses ini dengan memastikan file robots.txt dan sitemap yang sudah Anda miliki.

Proses ini akan berjalan lebih lancar dan cepat jika  Anda mensubmit file tersebut ke Google Search Console. Jangan lupa untuk memberikan izin bagi Google Spider untuk meng-crawl website Anda.

Bagaimana pendapat Anda mengenai ? Apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda? Silahkan bagikan pada kolom komentar dan jangan lupa untuk di-share ya

Ryan Adam
Ryan Adam
SEO Specialist di ToffeeDev sejak 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *