Pengertian Pagination
Pengertian Pagination yang Sebenarnya Sering Digunakan
Februari 21, 2020
Domain Authority
Domain Authority, Faktor SEO yang Tak Bisa Dilupakan
Februari 21, 2020
Show all

Google Search Console, Pahami dan Ketahui Manfaatnya

Apa itu Google Seach Console

Apa itu Google Seach Console

Google banyak sekali memberikan tool gratis yang bisa Anda manfaatkan. Salah satunya adalah Google search console, yang lebih dulu dikenal dengan nama Google webmaster tools. Merupakan sebuah platform gratis bagi para pemilik website. Tool ini bisa digunakan untuk memonitor bagaimana kinerja website pada ranah organik. Apa itu Google Search Console? Google Search Console memungkinkan Anda untuk mengetahui domain yang memberikan link ke website Anda (referring domain), kinerja website di perangkat mobile, hingga analisis halaman website dengan traffic tertinggi.

Manfaat dari Google Search Console

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Google Search Console. Ada banyak perbaikan-perbaikan di website Anda berdasarkan analisis dari Google Search Console. 

Berikut beberapa manfaat-manfaat yang Anda peroleh dari Google Search Console:

  1. Menemukan Keyword Populer Bagi Bisnis Anda

Google Search Console bisa membantu Anda untuk menemukan keyword yang banyak dan sering digunakan orang untuk menemukan website Anda.

Informasi mengenai total impression serta click through rate juga bisa Anda dapatkan sehingga Anda bisa mengetahui keyword yang efektif dan kurang efektif bagi website Anda.

  1. Mengetahui Halaman Paling Populer

Google search console akan membantu Anda dalam mengidentifikasi halaman mana dari website Anda yang bisa mendatangkan pengunjung paling banyak. Anda bisa mengurutkan halaman website berdasarkan impression atau click through rate (CTR).

  1. Mengetahui Sumber Traffic

Anda dapat mengetahui dari mana sumber traffic. Sehingga Anda bisa memahami demografi prospek pelanggan Anda, dan menjangkau audiens yang tepat.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Google Search Console

  1. Ketahui Perangkat Apa yang Digunakan Audiens Anda

Anda juga bisa memperoleh data mengenai perangkat apa yang digunakan pengunjung website Anda. Google Search Console akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana pengunjung berinteraksi dengan website Anda, apakah menggunakan perangkat desktop atau perangkat mobile.

Pembahasan Lebih Lanjut

  1. Cari Tahu Backlink ke Website Anda

Google search console juga memberikan Anda informasi mengenai backlink menuju website Anda. Google Search Console juga menyediakan informasi halaman mana yang paling banyak mendapatkan backlink, dan juga anchor text apa yang paling sering digunakan.

  1. Broken Link

Selain backlink, Anda juga bisa mengidentifikasi broken link dalam website Anda. Hal ini penting, karena Anda bisa memperbaiki kualitas dari UX website Anda. Sehingga Anda bisa memperbaiki halaman hingga tautan yang bisa mengganggu para user.

  1. Memeriksa Masalah Keamanan Website

Masalah keamanan tentu menjadi perhatian penting, semua orang ingin websitenya aman dari serangan. Mulai dari hack, pencurian data, atau masalah keamanan lainnya. Google search console dapat membantu mendeteksi masalah keamanan yang terjadi di website Anda lalu memberi peringatan. Dengan begitu Anda bisa memperbaiki masalah lebih cepat sebelum terjadi hal-hal yang membahayakan website Anda.

  1. Submit Sitemap

Anda juga bisa menambahkan sitemap melalui Google search console. Sitemap berfungsi untuk membantu Google melakukan crawl pada website Anda sehingga Google dapat mengidentifikasi website Anda lebih cepat.

Kesimpulan

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Google search console, dengan begitu Anda dapat mengembangkan website Anda ke level selanjutnya. Anda bisa mendapatkan data akurat mengenai keyword, keamanan, hingga kinerja website. Jadi pastikan bahwa website Anda terdaftar di Google search console.

Apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda mengenai topik apa itu Google Search Console ini? Silahkan bagikan pada kolom komentar dibawah, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini.

Rinaldo Linville
Rinaldo Linville
An Optimizer who also deeply passionate in music. Oh, I also likes coffee!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *