Optimasi Konten Mobile
Tips Marketing: Optimasi Konten Mobile Anda
Januari 28, 2020
Kesalahan Keyword Research
13 Kesalahan Keyword Research SEO yang Harus Dihindari
Januari 30, 2020
Show all

Gunakan Google UTM untuk Analisis Trafik Anda

Google UTM

Google UTM

Sebagai pemilik bisnis online, salah satu tool yang harus Anda gunakan adalah sosial media, yang biasanya digunakan untuk melakukan promosi ataupun sebagai medium untuk berkomunikasi. Untuk mendapatkan data mengenai kinerja dari sosial media Anda, tracking harus dilakukan.

Google sendiri memiliki sebuah online tool yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan tracking untuk sosial media Anda. Urchin Tracking Module atau UTM dapat melacak parameter postingan sosial media melalui jumlah link yang di share, traffic page post, hingga ads. 

Google UTM dapat memberikan kinerja yang efisien dan efektif dalam mengukur kinerja aset digital Anda. terutama untuk mengetahui popularitas brand, engagement, hingga keberhasilan campaign sosial media Anda.

Google UTM Sangat Cocok Untuk Pemula

Google UTM biasa didefinisikan secara sederhana sebagai sebuah tools yang mampu memisahkan sumber trafik satu dengan lainnya. Di Dalam bisnis online, membagikan konten melalui sosial media adalah hal yang lumrah. Sehingga untuk mengetahui dari mana saja trafik yang Anda dapatkan datang akan memakan waktu, oleh karena itu Google UTM sangat cocok untuk digunakan oleh pemula.

Informasi mengenai demografi pengunjung, kesukaan mereka, dan info lainnya bisa Anda dapatkan melalui UTM dengan link khusus yang mengarahkan pengunjung menuju landing page yang sama, sekalipun diakses dari lokasi yang berbeda.

Cara Penggunaan Google UTM

Setelah mengenal apa itu Google UTM, selanjutnya yang harus diketahui adalah bagaimana menggunakannya. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan:

1. Membuat link dengan parameter UTM

Langkah pertama adalah dengan membuat link khusus dengan parameter UTM. Untuk membuat link ini Anda bisa masuk ke Google URL Builder. Gunakan tool ini untuk menambahkan semacam tanda pengenal yang akan memudahkan Anda untuk melacak campaign sosial media yang dilakukan melalui Google Analytics.

2. Tambahkan URL dari postingan yang dibagikan

Bila Anda sudah selesai membuat parameter UTM, yang selanjutnya dilakukan adalah menambahkan URL dari konten yang akan dibagikan. Sesuaikan URL dengan platform sosial media yang akan digunakan, masukan di kolom campaign source box

Tentu saja, setiap postingan harus memiliki URL yang unik agar dapat dikenali dengan mudah, sehingga proses identifikasi dan analisis mengenai trafik setiap link akan berjalan lebih efektif dan efisien.

BACA JUGA: Ingin Mulai Bisnis? Gunakan 10 Marketing Tools Ini

3. Akses data di Google Analytics

Google akan membutuhkan waktu selama beberapa hari untuk dapat mengumpulkan data secara optimal, biasanya 3-5 hari setelah link UTM dibuat. Anda dapat menganalisis trafik melalui menu Acquisition > Campaigns > All Campaigns. Pada menu inilah semua link UTM yang sudah dibuat untuk ads ditampilkan. Lakukan tracking secara berkala untuk mengetahui postingan mana yang memiliki kinerja paling baik.

4. Combine dengan Google Goals

Dengan memiliki basis online, Google UTM akan memudahkan Anda untuk mencapai target audience yang sesuai. Gabungkan dengan Google Goals, sehingga pelacakan sumber trafik untuk semua konten Anda berjalan lebih cepat dan tepat. Keuntungan lainnya adalah Anda bisa menentukan funnels yang bisa memberikan anda pemasukan dari setiap subscriber baru dari seluruh sumber trafik.

Beragam Parameter UTM yang Wajib Diketahui

Google UTM memiliki beragam parameter yang digunakan untuk melacak trafik dari postingan Anda, seperti UTM_Medium, UTM_Source, UTM_Content, UtM_Campaign.

UTM_Medium

Parameter ini mengukur medium apa yang digunakan oleh pengunjung untuk dapat sampai ke situs Anda. Parameter ini menjangkau pengunjung secara luas, sehingga Anda akan tahu dari mana saja trafik datang seperti dari banner, email, ataupun direct dengan mengetik alamat website di browser.

UTM_Source

Parameter ini akan memberikan informasi mengenai sumber referral link. Contohnya trafik yang datang menggunakan link di email marketing ataupun mesin pencari, Facebook, Instagram, hingga Youtube.

UTM_Content

Dengan parameter ini Anda dapat mengetahui konten mana saja yang bisa mengundang trafik menuju website Anda. Sehingga kedepannya akan lebih mudah untuk membuat konten-konten yang berpotensi untuk mendatangkan trafik.

UTM_Campaign

Untuk dapat beroperasi secara efektivitas dan efisiensi dalam hal pemasaran bisnis Anda secara online, gunakanlah parameter ini. Attribute hyperlink yang benar akan membantu dalam penggunaan UTM_Campaign

Mengapa Analisis Trafik Penting?

Tanpa mengetahui siapa dan bagaimana perilaku audiens Anda, maka berbisnis di dunia online akan terasa sangat berat terlebih lagi persaingan saat ini sudah sangat ketat. Menjaga brand image dengan strategi online marketing pun juga sangat susah dilakukan bila tidak mengetahui dan mengenal siapa saja yang menjadi audiens Anda.

Oleh karena itu tool seperti Google UTM adalah hal yang penting untuk dimanfaatkan. Terlebih lagi dengan analisis trafik Anda dapat menetapkan strategi yang sesuai untuk masing-masing platform media sosial yang digunakan. Sehingga mencari pengguna baru dengan jangkauan pasar yang lebih luas akan lebih mudah untuk dilakukan.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda sudah menggunakan tool ini? Silahkan bagikan pendapat Anda pada kolom komentar dan jangan lupa untuk di share.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *