Pentingnya Heading Tag Dalam SEO
Pentingnya Heading Tag untuk Keberhasilan SEO Anda
April 9, 2020
Plugin SEO WordPress Terbaik
Rekomendasi Plugin SEO WordPress Terbaik
April 13, 2020
Show all

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Interview

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Interview

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Interview

Pada saat ini, mencari pekerjaan bisa disebut susah dan mudah. Mengapa susah? Dari segi persaingan sudah pasti banyak dan harus menguasai beberapa keahlian agar bisa menjadi satu paket individu yang tepat. Dari sisi kemudahannya, Anda sudah tidak perlu lagi mencari iklan lowongan pekerjaan di koran atau media cetak lainnya. Semua lowongan pekerjaan sudah berpindah ke internet dalam bentuk website. Anda tinggal memasukkannya CV lewat sana dan menunggu panggilan. Namun ketika sudah mendapatkan panggilan untuk melakukan wawancara atau interview, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat interview.

Interview dengan perusahaan yang ingin mempekerjakan Anda pasti harus dipersiapkan sebaik mungkin. Jika Anda melakukan kesalahan sedikit saja, maka Anda bisa mendapatkan kegagalan sekaligus penyesalan. Maka dari itu, inilah lima hal yang harus diperhatikan saat interview.

Pengetahuan tentang jabatan yang dilamar

Hal pertama yang harus diperhatikan saat interview adalah pengetahuan tentang jabatan yang Anda lamar. Ketika Anda memasukkan lamaran, maka Anda sudah tahu apa jabatan yang ingin didapatkan di sana. Sayangnya, banyak orang yang tidak memperhatikan deskripsi pekerjaan yang dilakukan. Alhasil, ketika ditanya oleh pihak perusahaan dalam proses interview, ujung-ujungnya malah bingung untuk menjawab. Bagi pihak perusahaan, tentu saja itu adalah hal negatif yang fatal dan bisa membuat Anda tidak diterima di sana.

Mengerti tentang perusahaan tersebut

Perusahaan yang Anda lamar pastinya memiliki sejarah atau jenis bisnis tertentu. Anda sebaiknya mempelajari sejarah dari perusahaan tersebut. Ketahui produk yang mereka jual, begitu juga dengan hal-hal lainnya. Ketika Anda bisa menjelaskan dengan baik mengenai perusahaan itu di depan mereka, maka Anda lebih terlihat meyakinkan.

Siapkan pakaian terbaik

Anda memang harus menyiapkan pakaian terbaik untuk menjalani proses interview. Gunakan kemeja, celana hitam, dan kalau perlu sepatu pantofel agar terlihat lebih meyakinkan. Namun jikapun Anda tidak punya pakaian seperti, tetap harus tetap rapi. Jangan sampai pihak perusahaan merasa ilfeel dengan penampilan Anda.

Jangan sampai telat

Tipikal orang Indonesia itu adalah datang telat ketika sedang ada janji. Namun dalam urusan inteview, jangan sampai Anda telat. Jika Anda telat, maka pihak perusahaan bisa menganggap Anda tidak disiplin. Datanglah 15 menit sebelum jam yang tertera di jadwal agar Anda juga bisa bersiap-siap, khususnya dalam urusan mental, dalam menghadapi interview yang nantinya dilakukan.

Berikan jawaban yang pasti

Banyak pencari kerja yang tidak mampu memberikan jawaban yang pasti untuk setiap pertanyaan yang dilontarkan. Pasti di sini memiliki arti terlihat meyakinkan dalam menjawab. Tentu saja itu adalah hal yang harus dimiliki dalam diri Anda. Maka dari itu, sejak awal Anda sudah harus tahu deskripsi pekerjaan dan bisnis dari perusahaan tersebut. Anda harus tampil meyakinkan dari luar dan dalam. Dengan begitu, setidaknya Anda sudah mampu tampil baik di depan pihak perusahaan dan punya potensi lebih besar untuk bergabung di sana.

Baca Juga: Rekomendasi Cara Mempertahankan Bisnis Online

Itulah lima hal yang harus diperhatikan saat interview. Anda sekarang sudah mengerti dan siap jika nantinya harus datang untuk interview di suatu perusahaan. Jangan sampai melupakan lima hal di atas agar Anda bisa segera mendapatkan pekerjaan. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk memberikan komentar serta share artikel ini agar lebih banyak tahu tentang cara mempersiapkan diri sebelum melakukan interview.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *