Search Engine
Bing SEO vs Google SEO: Apa Perbedaannya?
Januari 20, 2020
ON PAGE SEO
PENGERTIAN SEO ON PAGE, TEKNIK PENTING KONTEN!
Januari 21, 2020
Show all

CARA MEMAKSIMALKAN FACEBOOK UNTUK BISNIS

Facebook Untuk Bisnis

Facebook Untuk Bisnis

 Demam media sosial di tengah masyarakat seakan tidak pernah berhenti. Dari media sosial yang sudah berusia belasan tahun hingga yang baru muncul, semuanya diminati, khususnya oleh masyarakat Indonesia. Dimulai dari Facebook, Instagram, Twitter, hingga TikTok, semuanya ada di dalam smartphone hampir seluruh pecinta media sosial. Hebatnya lagi, media sosial tidak hanya digunakan untuk mencari informasi atau mencari hiburan saja. Melihat potensi yang besar dari para penggunanya sendiri, pihak developer masing-masing media sosial mulai membuka peluang bisnis. Ya, sekarang di masing-masing media sosial sudah ada fitur bisnis dengan kelebihan yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Facebook untuk bisnis.

Facebook untuk bisnis adalah fitur dari Facebook yang berguna untuk para pebisnis yang ingin mempromosikan, menawarkan, dan menjual produk mereka lewat media sosial ciptaan Mark Zuckerberg ini. Ditambah lagi, di wilayah Indonesia sendiri, pengguna Facebook masih tetap yang terbanyak jika dibandingkan dengan pengguna Twitter ataupun Instagram.

Rasanya sayang jika Anda ingin mempromosikan bisnis di Facebook tapi tidak memaksimalkannya lewat Facebook untuk bisnis. Di bawah ini ada beberapa cara memaksimalkan Facebook untuk bisnis yang bisa Anda aplikasikan sekarang. Apa saja cara-caranya? Berikut penjelasannya.

Baca Juga : 5 CARA OPTIMASI INSTAGRAM, NO. 5 PALING PENTING!

Optimalkan Fanpage

Cara memaksimalkan Facebook untuk bisnis yang pertama adalah menggunakan fanpage dengan baik. Dalam mempromosikan dan menjual produk lewat Facebook, sebaiknya Anda jangan menggunakan profil pribadi. Buatlah =fanpage agar terlihat lebih profesional. Kemudian dari sana, Anda bisa lebih mudah untuk menjual produk karena bagi pengguna Facebook lain yang melihatnya, bisnis dengan fanpage sendiri di Facebook akan terlihat lebih meyakinkan.

Gunakan Iklan

Setelah memiliki fanpage sendiri, sekarang saatnya memasang iklan. Facebook sendiri menyediakan fitur ads yang berguna untuk mempromosikan bisnis melalui iklan di dalam Facebook. Dengan memasang iklan di Facebook, maka brand awareness dan local awareness. Apalagi di dalam fitur terbaruk Facebook ads, Anda sudah bisa menargetkan demografi yang sesuai dengan bisnis Anda sehingga bisa lebih optimal lagi. Memang untuk memasang iklan di Facebook harus mengeluarkan biaya, tapi efeknya pun juga dijamin besar.

Siapkan media foto dan video yang berkualitas

Dalam memperlihatkan bisnis Anda sebagai bisnis yang profesional, jangan lupa untuk menyiapkan media berbentuk foto dan video yang berkualitas. Siapkan foto terbaik dari masing-masing produk yang dijual. Jika memang ada niat untuk membuat video sebagai media promosi, Anda juga bisa memasang di Facebook fanpage. Jangan lupa untuk menambahkan deskripsi yang baik dari masing-masing video dan foto yang singkat tapi jelas agar terlihat lebih baik.

Cek statistik Fanpage

Jika sudah menjalankan akun fanpage bisnis Anda selama beberapa lama, cobalah untuk melihat stastitik dari fanpage. Statistik yang ditampilkan terhitung real time. Di sana, Anda bisa melihat bagaimana analisis aktivitas yang sudah dilakukan setelah mengunggah foto, postingan, video. Lalu juga bisa melihat berapa banyak pengunjung fanpage, kinerja iklan yang telah dipasang, dan yang lainnya. Statistik demografi, dimulai dari jenis kelamin, usia, lokasi, hingga latar belakang pendidikan bisa dilihat di sini. Dari hasil statistik yang ada, Anda bisa memasang strategi bisnis lainnya untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari Facebook untuk bisnis ini.

Itulah beberapa cara memaksimalkan Facebook untuk bisnis yang patut Anda lakukan. Hingga detik ini, cara-cara di atas masih tetap relevan dan bisa Anda lakukan saat ini juga. Semoga informasi optimasi Facebook untuk bisnis ini berguna untuk Anda.

Rinaldo Linville
Rinaldo Linville
An Optimizer who also deeply passionate in music. Oh, I also likes coffee!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *