5 Tren Konten Terbaik Untuk 2020
5 Tren Konten Terbaik Untuk 2020
Januari 9, 2020
strategi content marketing 2020
Kenali Trend Strategi Content Marketing di 2020!
Januari 20, 2020
Show all

Inilah yang Harus Anda Ketahui Mengenai HTTP dan HTTPS Untuk SEO

Sebagai seorang pemilik website, cyber attack adalah hal yang benar-benar ingin Anda hindari. Hal tersebut akan membuat website anda mengalami penurunan ranking, sekaligus membuat data customer anda terancam untuk dicuri dan disalahgunakan.

Hal ini bisa Anda hindari dengan mempelajari perbedaan dari HTTP dan HTTPS, tipe sertifikasi website yang akan mempengaruhi bagaimana sebuah website mengoleksi, menyimpan, dan menggunakan data pengunjung.

Yang tentu saja akan mempengaruhi bagaimana ranking Anda di Google.

HTTP vs HTTPS : Pahami Hal yang Mendasar

Entah sebagai pengguna atau pun pemilik website, jika Anda berada di dunia maya, tentu keamanan adalah hal yang penting. Untuk mendapatkan keamanan tersebut, biasanya pihak ketiga yang terpercaya dan enkripsi yang baik akan dibutuhkan.

Untuk memahami mengapa Google menggemari element website ini dan mengapa Anda harus melakukan hal yang sama, akan sangat penting untuk mempelajari perbedaan dari keduanya.

 

HTTP : HyperText Transfer Protocol

HyperText transfer protocol (HTTP) adalah sebuah sitem yang akan mentransmit dan menerima informasi di internet. HTTP berfokus pada aspek bagaimana sebuah informasi disampaikan kepada user, namun opsi ini tidak memperhatikan bagaimana data tersebut berpindah dari poin A ke poin B.

HTTP adalah “stateless”, yang artinya HTTP tidak akan mengingat web session sebelumnya. Dengan begitu data yang dikirimkan akan berkurang dan meningkatkan kecepatan dari sebuah website.

Ketika mengakses halaman HTML, maka HTTP akan menjadi pilihan yang tepat. Terlebih lagi jika Anda memiliki website yang tidak menyimpan data rahasia seperti informasi kartu kredit atau semacamnya, maka HTTP bisa Anda gunakan.

 

HTTPS: Secure HyperText Transfer Protocol

HTTPS atau “secure HTTP” bekerja layaknya HTTP, namun yang membedakannya adalah bagaimana data tersebut dikirimkan. HTTPS menambahkan sebuah lapisan keamanan, Transport layer security (TLS) protocol. Yang akan menghalangi third party untuk mengambil data yang melewati website yang secure.

Ini akan memberikan sebuah perlindungan ekstra untuk website, karena data yang diberikan kepada website sudah di enkripsi sehingga tidak ada yang dapat mencuri ataupun menghack data yang privat. Dan data tersebut juga tidak akan korup dan tidak dapat diganti.

Website HTTPS biasanya ditandai dengan sebuah gembok hijau sebelum nama domain Anda. Untuk membuat website menjalankan HTTPS, maka Anda akan butuh sertifikat Security Socket Layer (SSL) untuk mentransfer data secara aman, 

HTTP dan HTTPS tidak peduli bagaimana sebuah data sampai pada tujuannya, sedangkan SSL tidak peduli bentuk dari data tersebut. Sehingga HTTPS menjadi pilihan yang tepat karena menggabungkan keduanya. Peduli bagaimana bentuk data tersebut dan memberikan lapisan pengamanan ketika memindahkan data.

 

HTTPS dan Google

Google menyukai situs yang terpercaya dan aman. Dengan berpindah dari HTTP ke HTTPS maka akan ada lonjakan dari rangking Anda. HTTPS memang bukan satu-satunya hal yang akan mempengaruhi ranking Anda.  Ada faktor lain seperti on-page SEO, konten, dan lain-lain. Namun ada juga beberpa keuntungan lainnya yang dihadirkan oleh HTTPS, seperti:

 

  1. User Experience yang Lebih Baik

Situs HTTPS akan memberikan para pengguna rasa nyaman dalam menggunakan website Anda. Berkualitas tinggi, terpercaya, dan dapat diandalkan adalah kriteria dari Google untuk mendapatkan ranking yang tinggi.

Website yang tidak menggunakan HTTPS akan sangat jauh dari kriteria tersebut. Bahkan dalam update Chrome (browser buatan Google) terbaru, setiap kali Anda mengunjungi website tanpa sertifikat HTTPS, Chrome akan melabeli nya sebagai website yang “Not Secure”.

Peringatan ini akan membuat pengunjung akan waspada. Hal ini tidak akan memberikan user experience yang baik.

  1. Meningkatkan Dwell Time

Salah satu faktor lainnya yang penting untuk SEO adalah Dwell time, atau waktu yang dihabiskan oleh pengunjung di dalam website Anda. Sama halnya dengan user experience, bila Anda mendapatkan pesan mengenai situs yang tidak aman, tent Anda tidak akan berpikir dua kali untuk tetap menggunakan website tersebut. 

Mereka akan dengan cepat meninggalkan website Anda, Google akan menganggap ini sebagai sinyal bahwa website Anda adalah website dengan kualitas yang rendah dan akan mempengaruhi ranking dari website.

  1. Situs HTTPS Akan Loading Lebih Cepat

Situs yang cepat akan memberikan pengunjung sebuah kenyamanan, mereka tidak akan ingin menunggu website dengan loading time yang lambat. Dan website dengan HTTP memiliki loading time yang lebih lambat dari HTTPS sebesar 824%.

  1. HTTPS Akan Memberikan SEO Reporting yang Lebih Baik

Situs HTTPS akan memberikan anda informasi referral yang akan menunjukan secara lebih jelas dari mana saja pengunjung web Anda datang. Dibandingkan dengan HTTP yang hanya menunjukan traffic dari “direct” source saja, padahal kenyataannya mereka bisa saja datang dari sosial media Anda.

Dengan reporting yang jelas, tentu Anda dapat melihat dari sumber mana yang mendatangkan traffic lebih banyak, sehingga Anda dapa membuat strategi yang akan mengkapitalisasi keunggulan tersebut. Dengan begitu Anda dapat menaiki ranking dengan strategi yang tepat sasaran.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda mengenai topik ini? Silahkan bagikan pada kolom komentar dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *