Mulai Kampanye SEO Anda dengan Langkah-Langkah Berikut Ini
Oktober 24, 2019
6 Hal yang Bisa Meyakinkan Atasan Untuk Mengirim Anda ke SEOCON 2020
November 1, 2019
Show all

Jasa SEO Dengan Ranking yang Terjamin? Apakah Hal itu Benar Adanya?

Jika anda menawarkan jasa yang dijamin tentu hal ini akan meningkatkan kredibilitas dari usaha anda.

Namun dalam dunia SEO kalimat “dijamin”, “terjamin”, dan “jaminan” bukan lah hal yang bagus untuk bisnis anda. Kenapa? Berikut adalah 5 alasan kenapa anda harus menjauh dari segala macam bentuk kalimat “jaminan” di dalam dunia SEO.

1. SEO Memiliki Sejarah yang Buruk Dengan Kalimat “Jaminan”

Kalimat “ Dijamin mendapat Ranking dan traffic” sangat sering digunakan oleh para pelaku SEO-scam mulai dari tahun 1996. Kalimat ini digunakan untuk menipu klien yang tidak terlalu paham dengan SEO.

Banyak sekali yang menjaminkan para klien dengan posisi pertama, namun menggunakan cara yang outdated atau tidak efektif. Banyak perusahaan SEO yang memberikan jaminan ini menggunakan langkah cerdik seperti memilih sejumlah keyword mereka sendiri.

Keyword yang mereka gunakan tidak kompetitif yang akan meningkatkan tingkat keberhasilan mereka. Namun keyword tersebut belum tentu akan memberikan anda trafik.

 

2. Search Engine Melarang Hal Ini dengan Jelas

Ada sebuah kalimat yang sangat mencolok dalam Google’s guidelines tentang search marketing.

“Tidak ada yang dapat menjamin ranking 1 di Google”

Walaupun context dari kalimat di atas bukan berarti bahwa setiap bisnis SEO yang memberikan anda jaminan untuk ranking 1 adalah hal yang harus anda takuti, namun pesan yang disampaikan sangat jelas.

Jika klien anda sempat membaca mengenai hal diatas, tentu akan ada bias mengenai bisnis SEO yang memberikan jaminan tersebut.

 

3. Ranking Bukanlah Hal Yang Stabil

Ranking Google pada dasarnya akan selalu berubah karena beberapa hal. Seperti Algoritma dari Google, update-update yang dilakukan Google, bahkan faktor optimasi keyword dari pesaing anda.

Anda juga harus hati-hati dengan perusahaan yang membangun backlink dari jariang blog mereka. Bisa saja search engine sudah mengecap jaringan blog mereka sebagai spam, maka setiap backlink tersebut akan menjadi malapetaka untuk website anda.

Akibat dari tidak stabilnya ranking ini, banyak perusahaan yang paham mengenai SEO akan menghindari jaminan seperti ini.

4. Ranking Adalah Alat Ukur yang Buruk Untuk Performa Secara Keseluruhan

Jangan samakan antara ranking dengan trafik. Kampanye SEO yang baik akan selalu mengukur keberhasilan mereka dari trafik search engine. Ranking biasanya bukanlah tujuan akhir dari kampanye SEO anda (terkecuali untuk kampanye manajemen reputasi)

Dan jika anda sebagai penyedia jasa SEO mendapat kan klien yang menginginkan ranking yang tinggi dengan alasan untuk memuaskan keinginan mereka saja, berarti klien tersebut bukan lah klien yang baik untuk anda.

Trafik harus selalu menjadi alat ukur anda, trafik yang bertambah berarti SEO anda berhasil. Namun bukan berarti ranking adalah hal yang harus anda abaikan. Ranking akan tetap membantu website anda mendapat trafik.

 

5. Menjamin Sesuatu yang Tidak Bisa Anda Kendalikan Adalah Hal yang Tidak Etis

Apa yang seharusnya dijamin oleh sebuah perusahaan SEO adalah servis dan advice yang terbaik untuk membantu website anda. SEO tidak dapat mengontrol hasil pencarian sama halnya seperti perusahaan minuman mengontrol rasa dari minuman mereka.

Apa saja yang terjadi di SEO,seluruhnya dipengaruhi oleh search engine. Seperti yang dijelaskan pada poin ke 3, search engine dapat memberikan update yang merubah algoritma mereka, dan mempengaruhi bagaimana performa dari website anda.

Sehingga jika anda memberikan jaminan atas sesuatu yang tidak bisa anda kontrol, adalah sebuah hal yang kurang etis. Jaminan adalah sebuah janji atau kontrak yang akan memberikan asumsi dari sebuah kepastian. Bila anda memberikan janji diluar dari sesuatu yang tidak bisa anda kendalikan, maka anda berada pada posisi sebagai bisnis yang keetisannya diragukan.

 

Bagaimana menurut anda, apakah sebuah bisnis SEO harus menggunakan kalimat “dijamin”? Berikan opini anda pada kolom komentar.

 

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *