Cara Kerja Google AdSense 1
Mengetahui Cara Kerja Google AdSense
Februari 24, 2020
Ubersuggest adalah pencari keyword gratis
Ubersuggest, Tool Pencari Keyword Gratis dan Berguna
Februari 25, 2020
Show all

Kebaikan dan Keburukan Sosial Media yang Wajib Diketahui

kebaikan dan keburukan sosial media

kebaikan dan keburukan sosial media

Semakin banyaknya orang yang tahu tentang teknologi, khususnya internet, membuat semakin luas pengetahuan serta informasi yang bisa diterima. Apalagi di era sosial media seperti sekarang ini. Dimulai dari maraknya penggunaan Facebook, Twitter, hingga Instagram, dari usia muda maupun tua, semuanya tidak mau ketinggalan tentang berita terbaru. Namun di dalam perjalannya, sosial media tidak hanya digunakan untuk bersosialisasi saja. Tidak dapat dipungkiri, kebaikan dan keburukan sosial media semakin nampak di tengah-tengah masyarakat.

Walaupun banyak orang yang menggunakan sosial media untuk bersosialisasi dan berbuat hal-hal baik, namun pada kenyataaanya, ada juga yang membawa hal negatif di dalamnya. Selalu ada dua sisi di dalam setiap hal, termasuk sosial media. Apa saja sisi kebaikan dan keburukan media sosial yang ada saat ini? Berikut ulasannya.

Kebaikan Media Sosial

Media sosial memang membawa banyak sekali kebaikan yang bisa dirasakan oleh setiap orang, termasuk Anda sendiri. Media sosial bisa membuat Anda mengenal banyak orang baru, memperluas networking, mendapatkan informasi yang dibutuhkan, mendapatkan update berita terbaru, hingga hal-hal lainnya.

Bahkan saat ini semakin marak bisnis online yang semuanya juga terbantu oleh keberadaan media sosial, khususnya Instagram. Lahan bisnis baru terbuka, peluang bisnis yang awalnya nampak tidak mungkin ada, bisa diciptakan di media sosial.

Kebaikan media sosial juga membuat banyak orang yang bisa bertemu dengan kawan-kawan lama, menjalin silaturahmi, dan mencari kerja. Ya, bagi para anak muda saat ini, mencari pekerjaan lewat media sosial juga bisa dilakukan. Banyak perusahaan juga yang memaksimalkan media sosial untuk hal ini.

Namun satu hal yang paling penting di dalam adanya media sosial adalah membuat Anda bisa mendapatkan hiburan. Kalau dulu semua orang harus mencari website atau melakukan aktivitas di luar untuk mencari hiburan, sekarang hal itu bisa didapatkan di media sosial.

Keburukan Media Sosial

Pada akhirnya, tetap saja ada keburukan media sosial yang akhirnya terekspos setelah sekian lama. Apa saja itu? Bisa dimulai dari cyber bullying, lalu tersebarnya informasi penting milik individu yang harusnya menjadi rahasia, hingga bisa menciptakan satu kehebohan sendiri ketika ada berita negatif dari seseorang di dalam media sosial. Ujung-ujungnya dari seluruh keburkan media sosial itu, banyak orang yang akhirnya menjadi depresi hingga berakhir dengan bunuh diri.

Baca Juga: Ini Dampak yang Diberikan Media Sosial Terhadap SEO Anda

Khusus untuk cyber bullying, bisa dibilang menjadi satu momok tersendiri untuk keburukan media sosial. Orang-orang banyak yang semakin mudah untuk mencaci orang yang tidak dikenal, memberikan komentar yang tidak pantas, serta tidak memiliki rasa empati karena hanya ingin menumpahkan kekesalannya saja. Banyak juga yang akhirnya menjadikan media sosial sebagai tempat untuk melampiaskan rasa kesalnya di kehidupan nyata. Sayangnya output yang diberikan adalah hal negatif dan itulah yang seharusnya bisa dihindari oleh semua orang. Namun pada akhirnya, banyak orang yang selalu memunculkan atau menimbulkan hal-hal negatif di media sosial. Salah satu alasan utama mereka kebanyakan adalah cari perhatian. Sayangnya itu adalah cara yang salah dan seharusnya dihindari mulai detik ini.

Itulah penjelasan tentang kebaikan dan keburukan media sosial yang patut Anda ketahui. Jangan sampai salah dalam menggunakan media sosial karena internet seharusnya membawa hal positif ke dalam kehidupan masyarakat, bukan hal negatif. Jangan lupa untuk memberikan komentar dan share artikel ini. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *