10 Kebohongan dari Link Building yang Harus Anda Abaikan
Oktober 17, 2019
Mulai Kampanye SEO Anda dengan Langkah-Langkah Berikut Ini
Oktober 24, 2019
Show all

Kenali Cloud dan CDN Hosting, dan Mana Yang Cocok Untuk Kebutuhan Anda

Cloud icon with communication devices around it, isolated on white background

Cepat. Adalah sebuah kata yang diinginkan oleh setiap pengguna ketika mengakses sebuah website. Tentu saja anda sebagai pemilik website juga menginginkan hal yang sama. Kecepatan dan konektivitas adalah hal yang akan mempengaruhi efisiensi website anda. Dan memilih Jasa Hosting yang tepat akan membuat anda berhasil atau gagal.

Hal yang bisa membuat sebuah website berjalan dengan lancar dan efisien, adalah platform hosting yang baik. Website yang efisien dan lancar dapat mempengaruhi kredibilitas website anda secara drastis.

Belakangan ini, “Cloud” menjadi sesuatu yang sering dibicarakan ketika kita berbicara tentang hosting yang akan memberikan anda efisiensi. Apa itu cloud hosting? Dan bagaimana hal ini mempengaruhi bisnis anda?

Cloud Hosting selalu berhubungan dengan meningkatkan efisiensi melalui resource yang di share bersama, yang gampang untuk diakses dan membutuhkan budget IT yang lebih rendah.

Hal lainnya yang biasa dibicarakan adalah CDN Hosting. CDN atau Content Delivery Network bekerja dengan model yang mengirimkan konten (skrip, gambar, tulisan, dan objek yang dapat didownload lainnya) kepada pengguna akhir melalui data center yang tersebar di internet.

Kedua hal diatas memiliki fungsi yang sama , namun mana yang lebih baik?

Cloud vs CDN Hosting

Untuk memahami dan mengetahui mana yang lebih baik , dibutuhkan analisa lebih lanjut mengenai keduanya.

1.Latency

Waktu yang dibutuhkan untuk memuat sebuah halaman website adalah faktor yang penting. Kepuasan konsumen benar-benar bergantung terhadap hal ini. Mulai dari pengguna membuka sebuah situs, hingga sebuah website selesai memuat seluruh isinya.

CDN Hosting dikenal dapat mengatasi masalah ini.

Cloud Hosting adalah sebuah solusi hosting terbaru, yang dapat memenuhi kebutuhan hosting sebuah organisasi. Data center yang diposisikan dengan tepat dapat mengatasi masalah latency. 

 

2. Performa

Cloud dan CDN hosting dapat meminimalisir loophole seperti latency dan unavailability yang pada akhirnya akan meningkatkan performa website.

Level dari performa dan cakupan pengembangan adalah yang membedakan antara keduanya:

CDN hosting memberikan konten statis ke seluruh internet, dan kebanyakan digunakan sebagai tempat penyimpanan. CDN Hosting menyimpan kopian konten dari server original  dan mengirimkan kembali sesuai dengan request dari pengguna. 

Oleh karena itu kinerja yang nyata datang dari server mereka, CDN hanya men transmit kembali konten statis yang mereka simpan.

Cloud Hosting bukan hanya sekedar mengirim konten, melainkan sebuah platform dengan resource yang beragam yang dapat di share sesuai dengan permintaan pengguna. Anda dapat meng-hosting infrastruktur anda, aplikasi, dan mengembangkan platform melalui berbagai cloud model seperti Iaas,PaaS, SaaS.

 

3. Cost

Servis CDN hosting akan menawarkan anda antara Servis Core hosting, atau sebagai bagian dari hosting plan. Beberapa penyedia juga memberikan CDN hosting servis. Ketika berbicara tentang biaya, CDN lebih murah dibandingkan dengan Cloud.

Namun, yang membuat Cloud hosting lebih ekonomis adalah model pembayaran mereka, dimana anda hanya membayar sesuai dengan servis yang anda gunakan. Sehingga anda tidak harus mengeluarkan biaya yang besar di awal.

 

4. Reliability

Reliability adalah ketika server anda available, scalable, dan menawarkan uptime yang maksimal, dan hosting platform yang dapat diandalkan. Jika membahas reliability, Cloud Hosting berada satu tingkat diatas CDN hosting.

Performa dari CDN Hosting bergantung dari server original, yang akan dikirimkan ke pengguna sesuai permintaan. Jadi CDN hanya akan mengirimkan konten statis, sehingga segala sesuatu yang berhubungan dengan performa dipengaruhi oleh server original.

Sedangkan Cloud Hosting memiliki user experience dan statistik yang bisa diandalkan. Dikarenakan jika terjadi kegagalan terhadap salah satu node, maka node yang lain akan mengambil alih dengan cepat.

 

Jadi Mana yang Harus Anda Pilih?

CDN muncul dikarenakan adanya keinginan untuk mengurangi website loading time atau biasa dikenal dengan sebutan latency. Cara kerjanya adalah dengan mengirimkan konten ke pengguna sesuai dengan proximity antara user dan CDN. 

Cloud juga memiliki fungsi untuk penyimpanan data dengan fungsi yang tidak terbatas dan dengan platform yang lebih besar dengan servis yang bermacam-macam.

Namun pada akhirnya, semua tergantung terhadap pilihan anda. Jika anda seorang online content distributor atau memiliki kebutuhan khusus, servis CDN akan lebih cocok untuk anda

Untuk performa dan efisiensi secara keseluruhan, cloud platform memiliki keunggulan dalam hal ini.

Bagaimana pendapat anda? Mana yang lebih anda pilih? Silahkan bagikan pendapat anda di kolom komentar.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *