Facebook Ads
Facebook Ads: Fitur yang Menguntungkan Pengiklan
Januari 27, 2020
Inilah Ukuran Iklan Instagram Facebook
Inilah Ukuran Iklan Instagram & Facebook Sesuai Format
Januari 27, 2020
Show all

Kenapa Butuh Instagram Ads? Apa Manfaat Untuk Bisnis?

Manfaat Instagram Ads

Manfaat Instagram Ads

Dulu, strategi word of mouth merupakan strategi yang bermanfaat, terlebih lagi untuk bisnis-bisnis lokal. Kemudian zaman pun bergeser, membuat TV dan radio sebagai platform iklan yang efektif pada kalanya. Namun, dengan hadirnya internet, terjadilah perubahan yang cukup besar dalam dunia marketing.

Internet memudahkan orang-orang untuk berkomunikasi satu sama lain, terutama dengan hadirnya sosial media. Di zaman yang mobile first ini, membuat penggunaan media sosial sangat penting.

Sosial media yang memiliki fungsi untuk berbagi foto dan video yang gampang dan engaging pasti akan sangat digandrungi oleh orang banyak. Instagram adalah media sosial tersebut. Dengan total pengguna yang mencapai angka 1 miliar pengguna, menjadikan Instagram sebagai aplikasi gratis terbanyak kedua yang diunduh.

Dengan statistik seperti itu, tentu Instagram adalah salah satu channel yang ingin Anda manfaatkan untuk mendapatkan traffic. Perlu Anda ketahui bahwa 200 juta pengguna Instagram mengunjungi profil bisnis, terlebih lagi akun-akun e-commerce.

Instagram adalah sosial media yang kaya akan fitur-fitur yang menarik, membuat penggunanya betah untuk menggunakannya. 28 menit per hari adalah waktu yang biasa dihabiskan orang-orang untuk mengecek Instagram mereka.

Oleh karena itu, tidak menggunakan Instagram sebagai platform untuk iklan Anda adalah langkah yang buruk. Fitur berbagi foto dan video adalah sesuatu yang benar benar harus Anda manfaatkan. Terlebih lagi video dapat meningkatkan conversion rate dari bisnis Anda. Terlebih lagi video adalah konten yang sangat sering untuk di-share, sehingga akan sangat mudah untuk membangun awareness apabila konten Anda menarik.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan manfaat Instagram Ads sebagai sebuah platform iklan:

Beragam Pilihan Format Iklan

Instagram Ads menawarkan berbagai macam pilihan format iklan. Setidaknya ada 3 jenis iklan yang dapat dipilih yakni berupa gambar, video, dan beberapa gambar di dalam satu postingan. Banyaknya pilihan jenis iklan di Instagram ini tentu membuat para pengguna merasa lebih tertarik untuk melakukan action seperti memberikan like, komentar, atau bahkan mengikuti akun Anda. Hal ini pada akhirnya akan memberikan manfaat dan keuntungan untuk pertumbuhan interaksi antara brand atau akun dengan target market yang sudah Anda tentukan.

Engagement yang lebih banyak

Jika Anda memiliki akun Instagram dengan konten yang bagus dan cukup menarik, hal ini dapat meningkatkan engagement antara akun Anda dengan para pelanggan. Tentu saja engagement adalah hal yang Anda butuhkan. Semakin banyak engagement yang dilakukan, maka akan banyak pelanggan yang berpotensi untuk menggunakan atau membeli produk Anda.

Mengarahkan Pengunjung Untuk Mengunjungi Web Anda

Mungkin Anda mendapatkan banyak komentar dan like, namun sangat jarang yang mengunjungi web Anda karena meletakkan link yang tidak dapat diklik di postingan video atau gambar. Dengan adanya Instagram Ads, Anda dapat memasukkan link yang akan mengarahkan para pengguna untuk mengunjungi web Anda secara langsung.

BACA JUGA: Ingin Bisnis Berkembang? SEM Adalah Jawabannya

High conversion rates

Conversion rate yang ditawarkan oleh Instagram cukup menjanjikan, terlebih lagi conversion yang ringan, seperti mendownload sebuah resource atau mendaftar untuk sebuah konten. Apalagi jika Instagram Anda sudah diverifikasi. Maka Anda dapat menikmati berbagai fitur tambahan seperti CTA (call to action) yang berbentuk “slide up” dalam Instagram story Anda.

Langkah-langkahnya bisa Anda ikuti di sini.

Terkoneksi dengan Facebook

Salah satu manfaat yang sangat-sangat berguna, Instagram dan Facebook saling terkoneksi satu sama lain. Akan lebih baik lagi jika Anda mengatur target untuk ads anda menggunakan data Facebook. Seluruh budgeting, scheduling, setup, dan pembuatan iklan bisa dilakukan dari Facebook.

Gunakan keduanya, karena Facebook dan Instagram merupakan dua sosial media teratas dengan bermiliaran pengguna. Dengan membangun basis dari audiens Anda di kedua sosial media tersebut akan memberikan Anda keuntungan yang lebih.

Kesimpulan

Dengan berbagai keuntungan diatas, tentu Instagram adalah salah satu platform yang sangat menguntungkan. Penggunaan smartphone dan perkembangan sosial media menjadi pemicu dari perubahan dalam dunia marketing ini. 

Oleh karena itu manfaatkanlah fitur-fitur yang ada di Instagram untuk meningkatkan penjualan serta awareness dari bisnis Anda.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya setelah melihat manfaat Instagram Ads di atas? Apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda? Silahkan bagikan pendapat Anda pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *