Uji Kecepatan Internet
Mau Uji Kecepatan Internet Milik Anda? Gunakan 4 Website Ini
Januari 23, 2020
Google Penalty
Apa Itu Google Penalty dan Kenapa Harus Menghindarinya?
Januari 24, 2020
Show all

Kesalahan Pemula Dalam Menggunakan WordPress

Kesalahan Menggunakan Wordpress

Kesalahan Menggunakan Wordpress

Sebagai sebuah Content Management System (CMS), WordPres sangat bagus digunakan oleh para pemula. User tidak perlu menuliskan code, SEO friendly, dan mudah untuk di-manage. Namun masih banyak saja yang membuat kesalahan dalam menggunakan WordPress. 

Sebenarnya kesalahan ini juga sering dilakukan oleh orang-orang yang sudah sering bekerja dengan WordPress. Di bawah ini adalah beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh pemula.

Tidak mengganti Permalink Anda dengan Benar

Akan lebih baik jika Anda memikirkan mengenai permalink Anda sebelum menggunakan WordPress. Permalink dimaksudkan untuk permanen. Yang artinya Anda tidak perlu lagi merubahnya.

Jika Anda benar-benar menginginkan untuk mengganti permalink Anda, maka URL dari postingan Anda akan berubah. Tentu saja search engine tidak akan menemukan postingan Anda, karena yang mereka index adalah permalink yang lama.

Ada banyak opsi yang bisa Anda pilih untuk membuat permalink, yang paling mudah hanya dengan /%postname%/ maka Anda sudah membuat permalink yang SEO-friendly.

Lupa Untuk Update

WordPress, seluruh plugin-nya, dan tema-temanya akan cukup sulit untuk dilacak dan mengetahui apakah hal tersebut sudah di-update.

Namun menjaga hal-hal tersebut tetap up-to-date adalah salah satu tugas penting Anda sebagai pemilik situs. Update biasanya akan memberikan fitur yang baru, sekaligus memperbaiki bug dan isu keamanan.

Terlalu Banyak Plugin

Dengan jumlah dan opsi yang berlimpah, Anda tentu tergoda untuk menggunakan bermacam-macam plugin yang ada. Tentu ada hal yang harus Anda pertimbangkan.

Seperti update yang harus selalu Anda lakukan. Plugin yang terlalu banyak dengan fungsi yang bermacam-macam akan memperlambat situs Anda. Sebenarnya satu plugin saja dapat menghancurkan situs Anda. Jadi plugin dengan jumlah yang banyak bukan lah hal yang Anda inginkan.

BACA JUGA: 6 Tips untuk Meningkatkan Peluang SEO WordPress Anda

Tidak Membuat Child Theme Ketika Membuat Perubahan

Ketika Anda install WordPress untuk website Anda pertama kalinya, Anda akan mendapatkan tema default, dan mungkin tema ini tidak cocok dengan selera Anda. Lalu pada akhirnya Anda menemukan tema yang tepat dan menggunakannya.

Setelah beberapa saat, Anda merasa ada sesuatu yang harus diganti, untuk membuat perubahan itu pastikan Anda sudah membuat yang namanya child theme. Lalu membuat setiap perubahan disana.

Hal ini akan memastikan bahwa ketika tema awal Anda mendapatkan upgrade, semua modifikasi yang Anda lakukan tidak hilang.

Menghapus Konten Dengan Cara yang Salah

Anda mungkin menginginkan untuk menghapus sebuah konten, entah karena konten tersebut sudah tidak berguna lagi atau ada alasan lain untuk menghapus konten tersebut.

Namun karena search engine sudah meng-index situs Anda, menghapus konten Anda akan menghasilkan 404 pages: page not found yang terkenal. Anda bisa melakukan redirect atau menghapus konten secara keseluruhan dan memasang HTTP header ‘410 content deleted’ sehingga search engine mengerti bahwa Anda sudah benar-benar menghapus URL tersebut dengan sengaja. Dan mereka akan menghapus URL tersebut dari index..

 Tidak Menghapus Konten Default

Ketika Anda pertama kali menginstal WordPress, akan ada halaman sampel yang dibuatkan oleh WordPress. Pastikan Anda menghapus halaman ini.

Hindari Kesalahan-kesalahan Ini

Setelah Anda mengetahui kesalahan-kesalahan menggunakan WordPress di atas, pastikan Anda menghindarinya. Agar website Anda terlihat bagus dan meyakinkan bagi para user Anda.

Bila Anda merasa ada yang kurang silahkan bagikan pada kolom komentar dan jangan lupa untuk di-share.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *