Pelajari Organic Click Through Rate Melalui Analisa Ini
September 26, 2019
Pengertian Redirect 301 dan Plugin Wordpress
Pengertian Redirect 301 dan Rekomendasi Plugin 301 WordPress
Oktober 1, 2019
Show all

Keyword Ranking Based SEO atau Traffic Based SEO, Pilih Mana?

SEO Search Engine Optimization written on dices on blue background

Ranking keyword yang tinggi sehingga anda muncul di halaman awal SERP, atau Ranking yang biasa saja namun memilki traffic yang stabil?

Jika diberikan dua pilihan ini, mana yang akan anda pilih? Mana yang menurut anda bisa menjadi goal dari SEO anda?

Banyak perusahaan atau pebisnis yang selalu mengatakan “Seberapa cepat anda bisa membuat website saya menjadi rangking pertama?”, seakan-akan mereka ter-obsesi dengan keyword ranking.

Ranking bukanlah satu-satunya  yang menandakan kesuksesan dari website anda, namun organic traffic juga factor yang penting. Ranking tinggi yang akan membuat anda unggul dari kompetitor anda adalah bentuk dari short-term SEO yang terlihat bagus secara teori namun tidak praktikal sama sekali.

Disisi yang lain, long-term SEO akan memberikan ROI yang lebih tinggi.

Sumber: lyfemarketing.com

Keywords is Important

SEO keyword adalah keyword yang anda gunakan di dalam konten, yang memungkinkan orang-orang untuk mencari situs anda melalui search engine.

Dengan memahami tentang apa yang akan di cari pengguna, akan memudahkan mereka untuk dapat sampai kesitus anda tanpa harus mampir ke situs-situs yang lain.

Keyword yang tepat dan baik akan didapatkan setelah proses riset yang maksimal. Memaksimalkan penggunaan keyword memiliki potensi untuk mendatangkan traffic, dan menjadi praktik yang baik dari keyword-based SEO .

Dengan keyword yang baik anda juga akan dapat mengungguli pesaing anda secara ranking. Dan kemungkinan juga memiliki potensi untuk dikunjungi orang.

Salah satu praktik yang salah, kebanyakan terjadi ketika anda meminta seorang ahli SEO untuk membuat situs anda muncul di halaman awal SERP, yang mereka berikan adalah sebuah daftar mengenai keyword-keyword yang akan membantu situs anda untuk trending.

Lalu dari sana mereka akan memasukkan keyword tersebut kedalam website anda, atau biasa di sebut  keyword stuffing di berbagai macam tempat. Terkadang membuat konten dan website anda terlihat tidak menarik dan sedikit sulit untuk dibaca. Tentu saja hal ini akan membuat pengunjung merasa tidak nyaman dan memilih untuk meninggalkan website anda.

Lalu ada juga penalti dari keyword stuffing. Kita harus berhati-hati dalam menggunakan keyword yang ada, jangan sampai hal tersebut akan berujung dengan penalti, yang akan merugikan anda.

Oleh karena itu, jenis SEO yang berfokus terhadap keyword ranking bukan lah hal yang sempurna. Keyword memang bagian yang penting dalam SEO anda, namun bukan berarti itu adalah satu-satunya tujuan dari strategi anda.

Traffic is Also Important

Ranking teratas tidak akan ada manfaatnya jika tidak disertai dengan traffic yang baik dan stabil. Terlebih lagi jika anda menginginkan SEO yang long-term yang akan memberikan ROI yang baik untuk anda.

Dan juga akan memiiki presentase conversion rate yang tinggi secara teori.

70% orang lebih merasakan “bonding” setelah mengetahui sebuah perusahaan dari konten, dibanding dari iklan. Engagement juga bisa anda dapatkan dari traffic yang baik dan stabil sehingga terjadi interaksi antara pengguna dengan website anda.

Traffic juga akan membangun brand awareness. Yang artinya semakin dikenal anda, semakin banyak anda dibicarakan, semakin banyak orang yang tahu dengan anda.

Namun bagaimana meraih traffic yang baik?

Selain meningkatkan organic search ranking, meningkatkan organic traffic dengan membuat konten yang baik bisa dilakukan. Konten yang menarik akan meningkatkan dwell time. Terlebih lagi jika anda membahas sesuatu yang sangat dicari oleh orang-orang dan akan menjawab pertanyaan mereka.

Logikanya, dengan semakin suka orang-orang dengan konten yang anda buat, tentu mereka akan kembali lagi untuk melihat konten-konten lainnya.

Konten yang baik juga bisa anda gabungkan dengan technical yang baik dari website anda.

Seperti loading time yang cepat, web architecture yang baik, dan kemudahan dalam menggunakan situs akan menjadi faktor dalam meningkatkan traffic website anda.

Namun, bukan berarti traffic yang baik dan stabil belum tentu memberikan hasil yang anda inginkan, terutama jika tujuan anda adalah terjadinya suatu action seperti pembelian.

Bahkan terkadang website anda akan berada di halaman 2 ataupun 3,4,atau 5 dari SERP, karena website yang lainnya memiliki keyword yang lebih baik dalam menarik perhatian Google.

So which one is better?

Kedua cara diatas memilki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Strategi diatas dapat anda sesuaikan dengan keinginan dan tujuan anda dalam melalukan SEO.

Jika website anda butuh untuk muncul di ranking halaman awal SERP secara terus menerus, tanpa harus memikirkan traffic yang stabil untuk jangka panjang. Maka anda dapat fokus kepada keyword anda.

Namun apabila ROI dalam jangka panjang, serta awareness yang anda butuhkan, maka anda dapat menggunakan traffic-based SEO.

Tentu saja keduanya dapat dilakukan bersamaan, tetapi anda harus membagi resource yang anda miliki, bisa saja hasil yang anda dapatkan tidak maksimal.

Oleh karena itu pastikan tujuan akhir anda, setelah itu silahkan pilih, strategi mana yang anda butuhkan.

Bagaimana menurut anda? Apakah anda pernah menggunakan kedua stategi di atas? Silahkan bagikan di kolom komentar.

 

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *