SEO Backlink
Backlink Dalam SEO, Apakah Mempengaruhi Ranking Anda?
Februari 19, 2020
Sitemap XML
Cara Membuat Sitemap XML di WordPress
Februari 19, 2020
Show all

Kriteria Mendapatkan Backlink yang Berkualitas

mendapatkan backlink

mendapatkan backlink

Search Engine Optimization (SEO) memiliki berbagai macam aspek yang harus diperhatikan sekaligus menjadi bagian penting yang tidak bisa dilupakan. Dimulai dari keyword hingga backlink. Khusus untuk backlink, sebenarnya ini merupakan salah satu bagian SEO yang termasuk krusial, namun sulit didapatkan. Mengapa bisa begitu? Karena kriteria mendapatkan backlink yang berkualitas tidak bisa dimiliki secara cepat. Perlu waktu yang cukup lama sekaligus pelan-pelan membangun website yang baik serta terpercaya agar bisa mendapatkan backlick yang berkualitas.

Selain itu, Anda juga tidak boleh gegabah dalam mendapatkan backlink. Kalau Anda berpikir yang penting hanya mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya alias melihat dari segi kuantitas saja, maka Anda salah besar. Satu nilai paling penting adalah lebih baik mendapatkan backlink berkualitas daripada mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya. Sebenarnya ada beberapa kriteria mendapatkan backlink yang berkualitas. Jika memang Anda ingin memaksimalkan kinerja backlink, inilah enam kriteria yang wajib Anda ketahui.

Trafik yang Banyak

Kriteria pertama yang harus dilihat dalam mendapatkan backlink adalah trafik. Website yang ingin dijadikan backlink harus memiliki trafik yang tinggi. Jika trafiknya kurang besar atau malah di bawah dari website Anda, sebaiknya hindari saja. Untuk bisa melihat trafik per bulan dari website, Anda bisa menggunakan Ahrefs. Jangan sampai melupakan hal ini karena dalam SEO, trafik adalah salah satu poin yang harus dipenuhi.

Memiliki Pengaruh (Authority)

Selain memiliki trafik yang banyak, tentu perlu memiliki pengaruh atau authority. Pengaruh yang dimaksud di sini adalah kredibilitas dari informasi yang ada di dalam website tersebut. Bagaimana caranya melihat kredibilitas dari satu website? Anda bisa menggunakan Ahrefs. Software ini memberikan skala 1 hingga 100 yang mereka sebut sebagai Domain Rating (DR). Semakin tinggi nilai DR tersebut, maka semakin baik juga pengaruh dan kredibilitas website tersebut.

Baca Juga: Backlink Dalam SEO, Apakah Mempengaruhi Ranking Anda?

Relevansi

Setiap jenis bisnis pasti memiliki satu topik yang bisa dibahas. Mau topik yang sudah fokus ataupun dalam skala yang besar. Dari sana, maka bisa ditarik relevansi dari website apa backlink yang paling cocok untuk didapatkan. Itulah mengapa perlu relevansi yang tepat harus ada di dalam daftar kriteria ini. Contohnya jika Anda memiliki website yang membahas teknologi, maka carilah backlink dari website yang membahas teknologi yang paling sesuai dengan Anda. Kemudian jangan lupa dapatkan backlink dari website yang memiliki trafik sangat tinggi namun tidak fokus membahas teknologi, contohnya portal berita. Dari sana, maka Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari segi trafik tersebut. Ingat, semakin relevan, maka semakin baik.

Memiliki Editorial yang Baik

Editorial yang dimaksud di sini adalah cara penulisan yang baik, runut, dan enak untuk dibaca. Itulah mengapa Anda harus mencari website dengan kriteria yang satu ini. Tidak dapat dipungkiri bahwa di luar sana banyak sekali website yang tersedia, tapi tidak semuanya memiliki editorial yang baik. Contoh website dengan editorial yang baik adalah portal berita dan blogger profesional sekaligus kredibel.

Perhatikan Outbond Link

Website yang ingin Anda jadikan sumber backlink pastinya juga memasang link dari website lainnya, atau disebut juga outbond link. Dari outbond link yang mereka gunakan, Anda jangan lupa untuk mengeceknya. Jangan sampai mereka malah memasang link dari website yang tidak jelas dan tidak bisa dipercaya. Kalau memang tidak jelas, sebaiknya jauhi saja website tersebut.

Sudah Terindeks Google

Google selalu berusaha mengumpulkan seluruh halaman dari sebuah website untuk diindeks oleh mereka. Anda perlu melihat apakah website tersebut sudah terindeks oleh Google atau belum. Caranya bagaimana? Anda tinggal ketika “site:namawebsite.com” di Google. Jika muncul halaman dari website tersebut, itu berarti sudah terindeks. Namun jika tidak ada, segera lupakan saja website itu karena usaha Anda dalam mendapatkan backlink dari sana sudah pasti sia-sia.

Itulah kriteria mendapatkan backlink yang berkualitas. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk memberikan komentar sekaligus share artikel ini.

Ryan Adam
Ryan Adam
SEO Specialist di ToffeeDev sejak 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *