Kesalahan Keyword Research
13 Kesalahan Keyword Research SEO yang Harus Dihindari
Januari 30, 2020
Youtube SEO tags
YouTube SEO: Memanfaatkan YouTube Tags 
Januari 30, 2020
Show all

Sudahkah Anda Mengenal Lead Form Extension dari Google?

Lead Form Extension

Lead Form Extension

Mobile ataupun tablet sangat identik dengan layar touchscreen yang kecil, attention dari customer yang singkat, sulit untuk dinavigasi, dan terkadang koneksi yang lebih lambat.

Seluruh hal ini akan memberikan Anda sebuah kebenaran yang tidak bisa dihindari yaitu, conversion rate di mobile lebih rendah dibandingkan desktop.

Anda dapat meningkatkan conversion rate di mobile dengan berbagai macam cara, namun tetap saja melakukan sesuatu di mobile site akan cukup sulit, terlebih lagi ketika kita mengisi sebuah form.

Google sudah memberikan berbagai macam solusi yang dapat membantu conversion rate Anda tanpa harus mengunjungi mobile site, seperti call extension, call-only ads, message extension, bahkan membeli langsung di halaman hasil pencarian.

Kini Google memberikan sebuah solusi baru yang semakin memudahkan para mobile user melakukan konversi serta meninggalkan informasi mereka tanpa harus masuk ke halaman situs mobile, dengan nama Lead form ad extensions. 

Apa itu Google Lead Form Extensions?

Google Lead Form Extension ini akan muncul di bawah dari search ad Anda pada mobile ataupun tablet yang akan memudahkan user dalam memberikan informasi kontak melalui iklan di SERP.

Ekstensi ini menggantikan kebutuhan tiap user untuk mengunjungi website bila ingin melakukan sebuah tindakan konversi. Cukup dengan login ke akun Google, mereka dapat mengisi form yang sebelumnya sudah berisi informasi dan dapat melakukan konversi dengan satu kali klik.

Ekstensi ini akan membuat iklan Anda di mobile semakin mudah terlihat karena iklan Anda akan terlihat berbeda dengan ukuran yang lebih besar, menarik perhatian orang-orang sekaligus memudahkan mereka. Namun ekstensi ini kemungkinan akan muncul bila iklan Anda berada di posisi atas.

Bagaimana Membuat Google Lead Form Extensions?

Untuk membuat lead form extensions, yang pertama dilakukan adalah masuk ke search campaign di dalam Google Ads. Setelah itu masuk ke tab “Ads and extension” lalu klik tab extension. Pastikan akun Anda mempunyai akses beta untuk ekstensi ini. Lalu tanda “+” biru akan menampilkan menu tambahan, di dalamnya akan ada form “Lead form extension”. Setelah itu Anda dapat mendesain bagaimana ekstensi Anda muncul.

Call to action:  Anda bisa memilih salah satu dari 8 CTA dibawah ini

  • Get quote
  • Apply now
  • Sign up
  • Contact us
  • Subscribe
  • Download
  • Book now
  • Get offer

Extension form: terdiri dari 30 karakter yang akan muncul di bawah CTA. yang akan memberikan informasi lebih lengkap mengenai CTA Anda.

Selanjutnya buatlah Lead form, dimana para pengguna akan mengisi data informasi mereka. Business name dimana nama bisnis Anda muncul dan Headline terdiri dari 30 karakter sedangkan deskripsi memiliki 200 karakter. Tambahkan privac plicy dari perusahaan Anda.

Terakhir buatlah submission message untuk menginfokan bahwa para pengguna telah selesai mengisi informasi sekaligus memberikan pesan “terima kasih”. Terdiri dari 2 komponen, deskripsi berjumlah 200 karakter dan Call to action yang optional.

Lalu Anda akan diberikan opsi untuk mendownload hasil dari lead form extension Anda. Yang pertama Anda bisa mendownload dengan bentuk CSV. Anda harus mendownload lead ini, karena Google hanya menyimpan nya selama 30 hari. Yang kedua Anda bisa mengintegrasikan webhook. Setelah mengintegrasikan webhook dengan lead form extension maka Anda dapat mengirim test data.

BACA JUGA: Seluk Beluk dan Cara Penggunaan Google Page Speed

Kekurangan dari Lead Form Extension

Selain memberikan keuntungan, lead form extension juga memiliki beberapa limitasi, seperti:

  1. Lead form extension hanya muncul di search campaign
  2. Ekstensi hanya muncul di mobile dan tablet
  3. Anda tidak dapat membuat lead form extension selain untuk kampanye level
  4. Beberapa industri yang sensitif seperti healthcare tidak dapat mengumpulkan data pribadi
  5. Setiap data yang anda dapatkan haruslah memenuhi privacy policy dari bisnis Anda, Google data collection policies, dan peraturan legal area lokal para pengguna Anda 

Manfaatkan Lead form extension untuk konversi mobile Anda

Lead form extension ini akan menawarkan sebuah solusi yang baru untuk para pengiklan mengkonversi setiap pengguna di mobile. Pastikan Anda memanfaatkan ekstensi ini untuk mempermudah bisnis Anda.

Silahkan bagikan pendapat Anda mengenai update ini di kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini. 

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *