Search Engine Marketing Adalah Strategi Bisnis
Search Engine Marketing: Pengertian & Fungsi Untuk Bisnis
Maret 4, 2020
Apa itu Keyword Stuffing
Keyword Stuffing Bukanlah Hal Yang Baik Untuk SEO Anda
Maret 4, 2020
Show all

Manfaatkan Landing Page Untuk Website Bisnis Anda

Apa Itu Landing Page

Apa Itu Landing Page

Ada salah satu strategi marketing yang sangat cocok untuk iklan Anda, yaitu landing page. Dengan strategi ini Anda dapat meningkatkan efektifitas dari iklan Anda. Saatnya bagi Anda untuk menggunakan strategi ini. Tapi, apakah Anda sudah tahu apa itu landing page dan fungsi nya untuk bisnis Anda?

Apa Itu Landing Page?

Landing page merupakan halaman yang digunakan di dalam website, di desain dengan khusus untuk keperluan tertentu. Halaman ini akan ditampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil pencarian, entah itu dari paid ads ataupun bukan paid ads.

Landing page adalah halaman yang sebenarnya terpisah dari sebuah website. Hal ini ditunjukkan agar para pengunjung tidak terdistraksi dengan link-link lainnya.

Namun Anda tidak bisa menyamakan hal ini dengan Homepage. Landing page dan Homepage adalah dua hal yang sangat berbeda. Yang paling jelas adalah pada tujuan dari keduanya.

Landing Page memiliki satu tujuan, karena hanya memiliki satu tujuan maka hanya akan ada 1 link atau button yang akan di klik oleh pengunjung. Sedangkan Homepage memiliki banyak fungsi, sehingga akan ada banyak link dan button yang terdapat di halaman Homepage.

Button dan link yang sedikit akan bisa meningkatkan konversi, karena gangguan yang ada lebih sedikit. Oleh karena itu Landing page sangat cocok dipasangkan dengan paid ads.

Jenis Landing page

Jika kita melihat dari sisi tujuan, maka akan ada dua jenis Landing page yang bisa dibedakan:

  1. Click Through

Click Through memiliki tujuan untuk mencoba menarik perhatian dari pengunjung untuk mengklik halaman lain. Sangat sering digunakan dalam bisnis e-Commerce. Anda bisa memberikan informasi produk ataupun segala macam penawaran untuk memancing konsumen. Ciri-ciri dari jenis ini adalah dengan adanya satu button yang memiliki CTA yang berbunyi “Beli sekarang”, “ Add to Cart”, dan lain-lain. Yang bisa membawa mereka ke halaman lain dimana akan dilakukan sebuah konversi.

  1. Lead Generation

Perbedaan dari jenis ini adalah user dapat melakukan konversi di halaman ini tanpa perlu berpindah ke halaman lainnya hanya dengan sekali klik. Fungsi utama dari jenis landing page ini adalah untuk mengumpulkan lead secara langsung. Yang akan bisa dipakai untuk mendapatkan konsumen potensial di kemudian hari.

Walaupun hanya ada dua jenis, tapi Anda bisa menggunakan landing page untuk berbagai macam kebutuhan, seperti:

  1. Landing Page Untuk PPC Campaign

Anda pasti sudah bisa menebak bahwa landing page ini akan berguna untuk iklan, dan didesain semenarik mungkin untuk menarik perhatian pengunjung. Seperti iklan, pada dasarnya landing page ini harus bisa menarik minat dari pengunjung website untuk membeli produk yang sudah ditawarkan.

  1. Landing Page Untuk Mendapatkan Email

Fungsi utama dari landing page ini adalah untuk mendapatkan dan mengumpulkan alamat email para pengunjung. Hal ini adalah bagian yang penting dari proses internet marketing.

Baca Juga: 5 Fokus Area Untuk Tingkatkan Search Network Campaign

Dari alamat email yang dikumpulkan, Anda dapat mengirim penawaran dari produk atau jasa, langsung menuju email pengunjung. Ini adalah salah satu cara yang efektif dibandingkan dengan beriklan dalam Facebook atau Google.

  1. Landing Page Untuk Presell

Dalam jenis yang satu Anda dapat meletakan informasi mengenai suatu produk sebelum penjualan dilakukan. Ini bisa meningkatkan minat dari para pembeli untuk membeli produk Anda, karena mereka sudah melihat berbagai informasi mengenai produk yang akan datang.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Muhamad Habiburachman
Muhamad Habiburachman
Interest New Things About Social Media and SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *