Memulai Karir di Digital Marketing
Memulai Karir di Digital Marketing
April 9, 2019
Perbedaan SEO dan SEM untuk Pemasaran Digital
April 16, 2019
Show all

Yang Harus Di Perhatikan Saat Membuat Website Online Shop

Hai Guys, kembali lagi bersama saya Nana dalam Sharing Monday bersama Toffeedev di pagi senin ini.

Dan hari ini saya akan membahas tentang simple tricks hal-hal yang wajib diperhatikan saat anda mulai membuat website toko online.

Jadi ini pas banget buat anda yang sedang membuat website e-commerce atau pun online shop anda.

Jadi, apa sih hal-hal yang wajib ada, yang harus diperhatikan?

 

1. Pilih Nama Kategori yang Familiar

Yaitu yang pertama adalah pilih nama untuk kategori. Jadi jangan pilih nama yang out of the box, kadang-kadang orang mau pilih nama yang berbeda karena yang istilah-istilah yang biasa sudah sering dipakai. Tapi justru don’t reveal real, tapi anda harus pakai istilah pakai kategori yang memang biasanya sudah sangat familiar untuk orang terutama mereka saat berbelanja ke toko online.

Untuk referensi anda bisa cek ke website marketplace ataupun website online shop dari brand-brand atau pun dari yang sudah eksis yang orang-orang biasanya sering belanja di situ.

 

2. Hindari Memiliki Sub Kategori yang Terlalu Banyak

Dan yang kedua, berbicara juga tentang kategori, biasanya orang biasanya pemilik online shop mereka sangat menghindari punya sub kategori yang banyak karena alasannya adalah ‘oh, saya gak mau para pengunjung di website mereka harus klik berkali-kali sampai baru akhirnya ketemu produk yang mereka mau.

Tapi anda juga harus pikirkan kalau misalnya anda punya begitu banyak produk di website online shop anda dan misalnya website anda adalah tentang bedding, tenntang seprei, lalu salah satu visitor website anda tahu bahwa anda menjual bedding untuk yang disney series, lalu saat mereka cek ke kategori bedding, gak ada sub kategori apapun.

Terus bayangin kalau anda punya seribu atau at least 500 produk bedding, mereka harus scroll sampai mereka liat ‘ok ada yang disney’ atau bisa juga di tengah jalan mereka udah capek, mereka gak ketemu, mereka pikir ‘ok, mungkin udah gak ada, barangnya udah diskon tinggi.

Dan itu sayang sekali, berarti anda akan kehilangan potensial pengunjung, potensial buyer.

Jadi apa yang bisa dilakukan untuk menjembatani dua-duanya, karena ada orang yang mereka mungkin ingin browsing, ada orang yang mereka udah tahu mereka mau cari apa.

Jadi, di halaman kategori page, anda bisa bagi dua yaitu bisa dibagian atas anda bisa taruh sub kategori, jadi untuk kategori yang lebih spesifik ada kategorinya di bagian atas.

Lalu jangan lupa di bagian setengah halaman ke bawah, pastikan anda juga sudah masukkan list things produk-produknya. Jadi, ini akan menjembatani buat mereka yang ingin langsung spesifik, ingin cari tadi misalkan bedding disney series atau mereka yang ‘ok, saya hanya ingin lihat bedding, saya ingin browse thru the products’, produk-produk yang ada.

Jadi ini saya rasa akan jadi solusi yang sangat baik. Dan kebetulan ini pun saya udah liat di website, udah dilakukan webiste toko online yang cukup ternama, cukup well done di luar negeri. Mereka punya banyak barang tapi mereka bisa jembatani itu juga.

 

3. Taruh Informasi yang Penting di Homapage

Dan yang ketiga yaitu ngomongin tentang homepage. Karena sebenarnya homepage itu adalah page yang agak jarang untuk di kunjungi terutama untuk website online shop atau pun mereka hanya sekedar lewat.

Nah karena itu pastikan di website online shop anda di bagian homepage, anda hanya taruh informasi yang penting dan gak terlalu bertele-tele.

Jadi pastikan informasi itu apa aja yang penting, pastikan anda sampaikan kenapa orang harus beli di website anda, terutama kalau especially kalau anda jual barang-barang yang umum seperti baju, dress, sepatu, make up, atau yang lainnya yang gak spesifik.

Pastikan anda taruh ‘why us’, kenapa harus orang itu harus beli di toko anda dari pada di toko lain.

Terus juga pastikan di homepage, orang langsung bisa gampang untuk mulai belanja, karena itu yang orang mau.

Kalau saat mereka masuk webiste anda, orang mau langsung belanja  bukan orang mau lihat-lihat ‘siapa anda? toko nya dimana?’.

Dan pastikan di homepage juga ada informasi yang penting. Jadi seperti diskon atau sale kalo memang hal itu anda rasa cukup menarik untuk para target audience anda, calon pembeli.

Dan juga saya lihat di beberapa online shop, mereka karena memang dibutuhkan mereka biasanya di halaman products page, di halaman kategori produk, itu setiap produk mereka sudah bisa langsung swipe ke tampilan lainnya.

Nah itu saya lihat juga cukup bagus, tapi yang itu anda perlu cek apakah customer anda perlu lihat sampai sedetail itu sebelum mereka masuk ke products page. Atau cukup di single products page, yang itu anda yang harus decide karena itu sekali lagi mungkin akan makan size websitenya dan juga ngaruh ke log websitenya.

Tapi kalau itu dirasa perlu, mungkin kita bisa akalin dari size pagenya. Karena paling penting adalah saat orang masuk ke toko online anda, mereka bisa belanja dengan nyaman. Itu adalah hal yang paling penting.

Kalau mereka kehilangan itu udah pasti mereka gak akan balik lagi atau ya mereka gak akan jadi beli, dan itu sayang banget.

Dan juga ada fitur search. Pastikan ada fitur search di website online shop anda. Karena ada orang-orang yang mereka udah tau, mungkin mereka udah pernah lihat produknya secara spesifik, tapi mereka waktu itu belum jadi beli dan pada saat mereka balik lagi mereka udah mau langsung masuk ke page itu.

Dan biasanya mungkin kalau halnya sangat spesifik, mereka akan bisa langsung ketik untuk search.

Dan pastikan kadang search di website online shop itu sifatnya search untuk semua. Nah, anda harus lihat lagi apakah hal itu perlu atau nggak. Karena kadang-kadang search untuk semua berarti saat orang ketik frasa tertentu misalnya tadi balik lagi tentang bedding, misalnya bedding disney series, mungkin yang keluar bukan cuma produk.

Kalau search for all berarti nanti hasil perncarian yang keluar adalah bisa jadi produk, bisa jadi artikel, bisa jadi page yang ada kata-kata itu, kata-kata bedding disney series.

Kalau misalnya anda rasa kayaknya visitor saya gak perlu dan mereka rata-rata untuk search mereka akan melakukan search produk.

Kalau begitu anda bisa bilang ke website developer anda untuk batasi apakah possible untuk fitur search ini khusus search untuk produk saja, artikel gak usah.

Itu juga mungkin akan bisa membantu, jadi customer anda bisa lebih cepat dapat barang yang mereka mau, mereka bisa beli lebih cepat, kenapa gak?

 

4. Promosikan Website Anda

Lalu ini yang terakhir, dan ini mungkin yang anda juga biasanya agak miss yaitu setelah punya website online shop, next stepnya adalah gimana caranya datangin visitor ke webiste online shop anda.

Biasanya, saya juga sudah bertemu banyak orang dan mereka udah aware, ‘oke nih saya harus promo, saya harus pasang ads, promosi di sini dan di situ’.

Tapi pastikan, kadang-kadang banyak persepsi yang salah yaitu mereka promote, mereka spent money. Mindset mereka adalah ‘oke saya mau spent money, langsung orang beli’. Of course, semua orang yang punya bisnis mereka juga mau begitu, mereka spent money tujuan dari promosinya itu adalah untuk langsung ke transaksi.

Tapi ingat lagi, kadang-kadang untuk barang dan produk tertentu orang gak langsung masuk, langsung beli, based on emotional.

Terkadang mereka perlu lihat-lihat dulu, perlu mungkin browse-browse thru, terutama kalau misalkan memang harganya premium.

Nah dengan begitu, anda akan short of burning money. Kalau anda dan anda kelihatannya melakukan promosi, promosinya gak works, karena berapa yang anda spent dibanding transaksi yang anda dapat, marjin yang anda dapat kayaknya gak sesuai.

Tapi anda bisa pecah untuk promosi itu bisa di targetin ke target-target yang lebih kecil.

Maksudnya apa? Anda punya misalnya download coupon, subscribe newsletter, hal itu tetap bisa anda dapatin sesuatu yaitu database.

Database which is sangat penting untuk webiste online shop karena sebagai website online shop anda mungkin punya promo yang setiap bulan, berkala.

Jadi untuk itu anda bisa blush informasi tersebut ke database-database anda. Dan kalau mereka udah jadi database, mereka selamanya akan bisa dapat informasi itu dari anda.

Dan itu berarti mereka bisa repeat order, dan that means anda berpikir jauh ke depan, bukan hanya untuk satu kali transaksi tapi anda berpikir ‘oke database ini adalah aset’. Anda bisa gunakan aset ini untuk anda investasi untuk promosi ke depan.

Jadi anda udah punya audiences saat anda lakukan promosi tertentu, blush cuopon tertentu, orang-orang ini mungkin dari seratus orang yang anda punya, dari seribu orang database anda, masa gak ada yang beli. Dari seribu orang masa satu gak beli?.

Itu adalah tips-tips dari saya. Jadi saat apalagi anda yang sedang mengembangkan untuk webiste online shop anda bisa perhatikan hal-hal tadi dan pastikan website online shop anda mudah untuk saat orang search barang dan mudah saat mereka melakukan pembelian dan gak ribet. Itu yang paling penting dari website online shop.

Sekian dari saya, semoga informasi ini berguna dan have a productive Monday.

Nana Damayanti
Nana Damayanti
Saya adalah Founder dari ToffeeDev Saya menyukai design yang bukan hanya bagus di mata tetapi juga memberikan nilai tambah terhadap penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *