Aplikasi Zoom Meeting
Aplikasi Zoom Meeting Untuk Online Meeting
April 2, 2020
Tips Crawl Budget SEO
Ikuti 5 Tips Untuk Memaksimalkan Crawl Budget SEO Anda
April 2, 2020
Show all

Zoom vs Google Hangouts: Mana yang Terbaik?

Zoom vs Google Hangouts

Zoom vs Google Hangouts

Bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) menjadi aktivitas yang sedang digalakkan pada saat ini karena kondisi yang tidak kondusif. Masalah pandemi Corona atau Covid-19 memaksa banyak perusahaan meminta para karyawannya bekerja di rumah. Untungnya dengan kemajuan teknologi pada saat ini, akhirnya banyak orang yang tetap bisa menjalankan pekerjaan dengan lancar ketika di rumah. Untuk bisa melaksanakan meeting sendiri, sekarang sudah ada beberapa aplikasi yang mempermudahkan online meeting. Dengan kondisi seperti ini, penggunaannya pun semakin naik. Ada dua aplikasi yang akan dibahas di artikel ini yaitu Zoom vs Google Hangouts.

Jika Anda memperhatikan media sosial atau kabar dari rekan kerja, pasti kedua aplikasi di atas selalu menjadi pilihan untuk melaksanakan online meeting. Tidak dapat dipungkiri, di antara semua aplikasi online meeting, Zoom dan Google Hangouts menjadi yang paling banyak digunakan karena menyimpan berbagai macam kelebihan.

Apa saja kelebihan dari masing-masing aplikas? Mana yang terbaik untuk saat ini? Demi bisa mendapatkan jawabannya, inilah Zoom vs Google Hangouts.

Zoom

Mari membahas Zoom untuk yang pertama. Sebagai aplikasi online meeting, bisa dibilang popularitas Zoom kian hari semakin tinggi dengan kondisi ini. Apalagi dengan banyaknya fitur yang tersedia di dalam Zoom, akhirnya lebih banyak orang yang memilih aplikasi ini. Apa saja fitur dari Zoom?

Pertama, Zoom bisa melakukan video call dengan peserta hingga 100 orang dalam satu panggilan. Selain itu, ada fitur lainnya yang sangat bermanfaat dalam pekerjaan, seperti membagikan layar Anda (screen sharing), membagi dokumen via Dropbox, Box, dan Google Drive, serta fitur untuk mengundang menggunakan e-mail ataupun nomor telepon. Memang untuk penggunaan secara gratis hanya maksimal 40 menit saja, tetapi habis itu tinggal membuat room yang baru lalu sudah bisa kembali melanjutkan aktivitas meeting.

Baca Juga: Aplikasi Zoom Meeting Untuk Online Meeting

Untuk bisa menggunakan Zoom, Anda hanya perlu mengunduh software di laptop/PC atau aplikasi di smartphone secara gratis. Anda juga bisa menggunakan secara gratis juga dari awal tanpa perlu membayar sepeserpun.

Google Hangouts

Selanjutnya giliran Google Hangouts atau biasa disebut juga dengan nama lain Google Meet. Berbeda dengan Zoom, maksimal orang yang melakukan online meeting bisa menembus angka maksimal 250 orang. Selain itu, integrasi dengan berbagai produk Google lainnya, seperti membagikan dokumen lewat Google Drive, fitur text-to-speech yang mampu memunculkan caption, serta penjadwalan meeting  via Google Calendar juga bisa dipakai dengan Google Meet.

Fitur screen sharing juga tetap ada di Google Meet. Jadi ketika Anda ingin menunjukkan beberapa dokumen secara langsung kepada orang lain, mereka juga bisa membaca dengan jelas melalui fitur ini. Google Meet sudah tersedia di PC/laptop dan smartphone berbasis Android serta iOS.

Mana yang Terbaik?

Pertanyaan ini sering muncul pada beberapa waktu terakhir karena semakin banyak orang yang menggunakan aplikasi online meeting. Untuk saat ini, memang lebih banyak yang mengandalkan Zoom dibandingkan Google Hangouts. Alasan utamanya adalah dari segi penampilan dan performa lebih baik di atas Google Hangouts. Namun itu bukan berarti Google Hangouts menjadi jelek. Untuk Anda sendiri, sebaiknya mulailah mencoba kedua aplikasi di atas secara langsung agar bisa tahu mana yang terbaik.

Itulah barisan aplikasi untuk online meeting di rumah yang bisa Anda gunakan. ToffeeDev juga sadar bahwa sekarang saatnya menggunakan layanan aplikasi ini untuk online meeting dengan klien, termasuk Anda. Pada saat WFH seperti ini, Anda tetap bisa berkonsultasi dengan kami melalui aplikasi di atas.

 

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *